Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Belajar Mengenal bagian-bagian LCD TV

 LCD/LED TV merupakan produk yang banyak beredar di pasaran saat ini dibanding dengan TV crt.  Bahkan beberapa merek ternama sudah tidak memproduksi TV crt lagi.  Oleh sebab itulah kita sebagai teknisi harus mempersiapakan segalanya untuk masa yang akan datangl karena kemungkinana besar tv lcd akan menjadi tv masa depan.

Berikut ini saya akan shere beberapa istilah kimponen yang ada dalam lcd TV sehingga anda yang baru ingin belajar TV lcd dapat mengetahui apa saja yang terdapapt dalam lcd TV.

1. Power suplay
Seperti perangkat elektronik lainya lcd TV memiliki blog power suplay dengan siistim switching mode power supply /SMPS. Sisitim kerjanya seperti TV crt namun dengan daya yang lebih kecil.  Terutama bagi TV lcd yang menggunakan teknologi led sebagai backlight.

2. Layar LCD
LCD merupakan kepanjangan dari liquid crystal display. Dari singkatanya pun sudah kita ketahui bahwa lcd terbuat dari molekul yang disuplay..

3. Papan Inverter
Papan inverter berfungsi sebagai penyuplay tegangan penerangan latar / back light.
Lampu yang digunakan sebagai penerang latar adalah ccfl. Namun ini sangat berbeda dengan teknologi saat ini yang digunakan sebagai back light adalah jenis LED tidak menggunakan lampu ccfl lagi.  Karena koefisien penggunaan dari pada menggunakan lampu jenis ccfl.  Oleh sebab ktu teknologi yang digunakan juga berbeda. Dan ini akan lebih mudah daripada memikirkan teknologi lama yang masih menggunakan sistim inverter dengan tegangan tinggi.

4. T-con.
Tcon dikenal sebagai ic panel karena kerjanya sangat lekat dengan panel lcd.  Jika masalah terjadi pada tcon maka akan terjadi cacat. Tampilan. Seperti gambar dobel, bergaris, dqn bahkan menyebabkqn pqnel mati.

6. Backlight
Pada dasarnya panel tv lcd tidak memancarkan cahaya. Karena chaya yang dihasilkan melalui tv lcd berasal daru lampu latar belakang yang menyinari panel. Sehingga menghasilkan gambar dan kontras yang jelas.

7. Mainboard
Seperti halnya sebuah komputer. Lcd tv juga memiliki mobo yang berfungsi sebagai pengatur seluruh kerja dari blog yang lainya disini akan terjadi sistem kerja merubah sinyal analog menjadi sinyal digital antara audio dan video.

Di dalam main board terdapat beberapa ic terpenting diantaranya ic vpu, ic eperom, ic mcu. Disini akan terjadi proses kerja pada sistim pengaturan terutama pada ic prosesor, ic memori ,. Sehingga jika terjadi kerusakan pada mb ini akan sangat fatal akibatnya.

Itulah beberapa blog bagian lcd tv yang perlu diketahui. Agar paham bagian yang bermasalah. Sehingga ketika seaching di google dapat memahami istilah yang akan di search. Untuk kerusakanya sendiri kebanyakan sudah ada tutorialnya. Yang saya tahu blog yang membahas lcd tv paling sering post pada blog marsonotv.blogspot.com. disana kita bisa mengetahui bagaimana memperbaiki berbagai macam jenis tv yang telah di dokumentasikan oleh admin. Saya sendiripun serinng merujuk kesana apabila ada kerusakan tv. Namun sebenarnya sekarang telah banyak blog yang membahas semua itu. Sehingga kita tinggal seach internet  apa yang menjadi kerusakan tv .
Dengan begitu pekerjaan akan menjadi lebih mudah.
Semoga bermanfaat ..