Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab dan Cara Memperbaiki TV Mati Total pada TV Tabung

Faktor penyebab tv mati total adalah kerusakan power suplai atau kita sering menyebutnya bagian Regulator atau disebut SMPS. Jika ditilik lebih dalam lagi ternyata tidak hanya pada bagian primer power suplai, namun bisa juga disebabkan oleh bagian sekunder power suplai. Oleh karena itu anda perlu lebih lanjut mempelajari tentang kerusakan pada tv terutama permasalahan tv mati total dengan berbgai merek seperti polytron, wcom, lg, sharp, samsung dll. 

Setiap merek tv memiliki jenis kerja yang berbeda terutama pada bagian power suplai. Jika anda memilki masalah tv mati total dengan merek spesifik, maka dalam pencarian harus disebutkan merek. Misalnya polytron mati total, samsung mati total, dan lain sebagianya. Hal ini akan memudahkan anda dalam mencari jalur utama penyebab tv mati. Apabila anda sedang belajar maka anda bisa lanjut dengan artikel yang akan saya tulis di bawah ini. 

Cara Memperbaiki TV Mati Total pada TV tabung

Kerusakan TV mati total dapat dikatakan lebih mudah diperbaiki daripada permasalahan tv yang lainnya. Dalam prateknya, memperbaiki tv mati total lebih jelas di area mana yang harus dicek dan ditelusuri komponen yang mati. Jika blog power suplai tidak dapat diperbaiki, maka jalan akhirnya adalah menggunakan modul power suplay atau sering disebut gatcun.

Berikut ini saya akan shere cara servis tv mati total lampu tidak menyala yang sering saya praktekan.

Pertama ketika memperbaiki tv yang meski dilakukan adalah membersihkan mesin tv dari kotoran debu yang menempel pada mesin tv. Kemudian melakukan pengamatan pada area solderan kaki komponen dan Body komponen secara kasap mata.

Kedua, perhatikan gejala dari reaksi ketika dinyalakan. Jika reaksinya ketika tv dinyalakan mcb PLN langsung anjlok, berarti ada komponen yang short/ hubung singkat. Namun Jika tidak ada reaksi apapun saat tv dihidupkan bisa jadi terjadi putus pada fuse. Maka cek fuse/sekring.

Untuk lebih lanjut mengenai dua jenis gejala tv mati total d atas saya akan membagi ke dalam dua buah topik yaitu :

1. TV Dinyalakan MCB langsung anjlok

Penanganan pertama adalah mencopot pada ic atau fet pada regulator power suplay. Kemudian coba hidupkan. Jika tidak anjlok, berarti masalah terjadi pada ic str atu fet regulator.

Memperbaiki TV mati total pada TV tabung dengan gejala seperti ini anda harus berhati-hati, karena ketika ic/fet dicopot mengakibatkan elco besar 400volt masih menyimpan tegangan. Maka harus dibuang dulu muatanya.

 Karena ic atau fetnya yang short jangan langsung main ganti dengan yang baru, cek dulu komponen pendukung lainya terutama transistor driver fet.

Cek semua pastikan dalam keadaan baik sebelum memasang ic atau fet dengan yang baru. Agar terhindar dari kerusakan pada fet yang akan sebagai ganti. Jika anda belum tahu ic atau fet bisa dilihat pada gambar di bawah ini. contoh IC STR pada tv SHARP picocolo slim:

cara servis tv mati

Kebanyakan keruskan tv mati disebabkan oleh bagian ic tersebut. Namun terkdang juga tidak selalu menjadi penyebab karena tv mati total di sebabkan oleh bebrabagai macam keruskan.

pada jenis keruskan mcb ngtrip atau njeglek saat dinyalakan bisa di sebabkan pada output power suplay atau pada bagian sekunder regulator ada blog bagian televisi menglami short mengakibatkan terjadinya hanbatan pada str untuk tidak bisa menstartkan bagian primer regulator power suplay.

contoh yang sering saya temui adalah shornya pada bagian transistor horizontal. berikut contoh transitor horizontal pada tv yang sering short mengakibatkan tv matot.

dalam artikel cara memperbaiki tv mati total onsolder.com

Letak transistor horizontal biasanya dekat dengan flyback tv atau dengan memiliki ciri ciri menempel di pendingin alumunium dan utamanya berkaki tiga. untuk mengukur transistor horizontal anda bisa melihat di artikel yang berjudul: Cara Cek transistor horizontal rusak menggunakan multitester

2. Tv mati total Tidak ada reaksi apapun ketika tv dinyalakan

Ini mengindikasikan bahwa ada kerusakan dari berbagai macamkomponen dalam regulator power suplay tv. Pertama masalah fuse putus. Kedua masalah kabel input AC putus. Ketiga saklar mati. Itu adalah komponen yang bermasalah.

Pertama perlu mengecek tegangan apakah tegangan dari jala jala listrik pln sudah masuk atau belum menuju power suplay.

Baca juga: teknik dasar pengukuran tegangan tv crt

Jika tidak ada reaksi apapun ketika tv dihidupkan, tapi ada bunyi ngik, ketika pertama kali dinyalakan, ini tanda bahwa arus sudah masuk kedalam power suplay.

Apabila arus sudah masuk ke power suplay, anda harus hehati-hati karena biasanya elko Besar 450 volt di dalam blok regulator, masih menyimpan tegangan.

Oleh karena itu, setelah tv dinyalakan lebih baik dicek menggunakan dc meter pada bagian elko 450 volt tersebut. agar tidak membahayakan anda saat mencopot komponen.

Cek seluruh transistor pendukung ic fet yang ada di seluruh blok regulator power suplay. Hal ini bertujuan untuk menghindari kematian fet atau ic baru. Berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami bahwa kematian pada fet akan berdampak pada komponen aktif di sekitarnya. Jika pengecekan tidak dilakukan maka akan sangat berbahaya. Bahkan transistor kadang ketika dicek menggunakan multi tester tidak menunjukan kerusakan pada komponen. Daripada khawatir mengorbankan transistor maupubn Ic str , saya sering mengganti meskipun dites tidak Nampak kerusakan.

Elco besar yang masih menyimpan menandakan bahwa semua komponen aktif belum bekerja pada bagian blog power supIai, sehingga Perlu pengecekan pada resistor pada jalur plus, biasanya molor atau putus.

Mungkin memperbaiki tv mati total tanpa adanya ilmu dasar elektronika akan kesulitan jika permasalahan sudah mencapai pada komponen. 

Baca juga: Panduan dasar cara memperbaiki tv bagi pemula

Teknik pengukuran dan Pengetahuan mengenai arus volt dalam menggunakan multitester. Jika ingin menggali lebih dalam servis tv mati total hendaknya mempelajari ilmu dasar dalam pengukuran. Karena anda membaca Panjang lebar di artikel ini tidak akan berhasil tanpa adanya ilmu dasar pengukuran dan dasar elektronika.

baca juga: Cara analisa memperbaiki tv china mati total

Semoga bermanfaat! www.onsolder.com