Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara memperbaiki Kulkas ngeblok es pada Kipas

Kali ini saya akan bercerita mengenai kenekatan saya dalam mempelajari sesuatu, yaitu langsung praktek meski minim teori. Sisanya saya serahkan kepada tutorial yang ada di internet. Alhasil saya memporleh ilmu dari kenekatan bermodalkan ilmu dasar servis elektronik dan teori yang ada di google. Jika anda memiliki dasar teori elektronika saya yakin jika masalahnya hanya di lingkup kelistrikan bermodalkan teori yang ada di internet saya yakin bahwa anda juga dapat memperbiki masalah ini. saya besicnya lebih ke elektro bukan ahli pendingin  ini terbilang nekat terjun langsung memperbaiki kulkas milik tetangga saya yang kebetulan sedang rusak. Namun ternyata dunia pendingin lebih mudah dipahami daripada servis elektro lain. namun jika permasalahanya diluar kelistrikan saya belum berani mempratekan misalnya masalah terjadi pada system kompresor dan krabatnya.

Nah kali ini saya akan bercerita mengenai apa yang saya lakukan pada permasalahan kulkas dua pintu terjadi bloking es yang ternyata disebabkan ada permasalahan menyangkut kelistrikan kulkas.

Menurut teori dan fakta yang ada di nternet , bahwa Bloking es terjadi oleh kerusakan yang disebabkan tidak lancarnya proses pencairan bunga es atau sering disebut dengan proses deforst. Dan ternyata selain terjadi permasalahan padakelistrikanya, hal paling sepele terdapat masalah disebabkan oleh tersumbatnya pipa pembuangan hasil pencairan bunga es sehingga terjadi penumpukan air padabelakang evaporator. Kemudian setelah proses pendinginan terjadi akan menyebabkan penumpukan bunga es yang akan menghambat putaran kipas. Sehingga akibat dari bloking es pada bagian belakang mengakibatkan kulkas tidak dingin sampai ke bagian depan dan bawah karena kipas tidak dapat berputar dengan lancer.

Oleh sebab itu, perlu kita pahami apa saja yang menyebabkan tidak terjadinya poses pencairan bunga es. Yang pasti, tidak terjadinya pencairan bunga es disebabkan oleh heater [pemanas] tidak bekerja sehingga sebelum memfonis heater rusak sebaiknya harus dipahami dulu apa saja komponen pendukung kerja heater. Berikut merupakan beberpa pendukung kerja heater.

1.       Timer
2.       Thermostate
3.       Bimetal defors
4.       Elemen heater 7

Timer

Sebagaimana Namanya yaitu timer, berfungsi sebagai pengatur waktu. Pengatur waktu disini yaitu sebagai pengatur waktu devorst dan pembekuan. Perlu anda pahami bahwa kulkas dua pintu memiliki system kerja dengan otomatis. Ketika di dalam kulkas sudah penuh dengan bunga es ,dan timer sudah tiba waktu defort yaitu 7-8 jam bunga es akan dicairkan oleh pemanas /heater. Jika timer tidak dapat berpindah ke waktu deforst akan menyebabkan penumpukan bunga es secara berlebihan di bagian belakang evaporator. Sehingga timer perlu dicek apakah dapat berpindah secara otomatis atau tidak. Dengan cara mengeceknya menggunakan muti tester. Jika tidak punya multi tester anda dapat menggunakan insting dengan melihat apakah timer menyala atau tidak dengan cara merasakan getaran dan melihat putaran timer.

Thermostate

Thermostate berfungsi sebagai pembatas, fuse, atau sebagai pendukung kerja heater/pemanas. Ketika terjadi kerusakan pada thermofuse, akan menyebabkan heater tidak akan bekerja. Tanda kerusakan pada thermofuse yaitu ketika di tes menggunakan ohm meter jikamasih menyambung thermos normak namunketika tidak tehubung sama sekali thermos dipastikan rusak.

Bimetal deforst

Bimetal defors merupakan sensor suhu yang terjadi pada evaporator. Atau lebih jelasnya bimetal deforst berfungsi sebagai saklar otomatis untuk menghadel kerja pada heater. Ketika suhu didalam evaporator di bawah 5 drajat celcius maka bimetal devorst dalam keadaan menyambung. Begitu sebaliknya,jika suhu didalam evaporator sudah encapai suhu diatas 5 drajat , bimetal devorts akan memutus arus menuju heater. Jadi untuk mengecek bimetal deforstharus menggunakan multitester dengan posisi ohm meter. Jika bimetal normal ketika suhu dingin bimetal dalam keadaan menyambung namun jika suhu sudah setara dengan ruangan bimetal akan tidak tersambung. Jadi untuk memastikan ini perlu percobaan dua tahab suhu.

Elemen/ hater

Terakhir adalah heater. Kenapa saya taruh heater di bawah, yakk arena di sini heater merupakan komponen terkhir yang dicek setelah pendukung kerjanya telah dicek secara benar.  Jika sudah dipastikan dengan pasti bahwa komponen pendukung normal semua, berarti permasalahan terjadi pada heater. Untuk memastikan kerusakan heater bisa dilakukan tanpa multitester. Yaitu dengan cara menghubungkan secara langsung pada saklar /bimetal deforst. Hubungkan antar kaki /antar kabel yang menghubungkan bimetal deforts. Itu artinya bahwa bimetal sedang dalam keadaan menyembung namun ini dilakukan tanpa bimtal deforst. kemudian atur timer ke waktu deforst. Jika heater langsung panas seketika berati heaterdalam keadaan normal. Namun jika sebaliknya bisa jadi heater rusak . namun sebelum memastikan dengan pasti anda telah melakukan pengecekan komponen dengan teliti.

Nah dari memahami fungsi dari masing masing komponen mudah-mudahan anda dapat memperbaiki dari mana penyebab kulkas dua pintu terjadi bloknng es. Namun hal masalah kelistrikan jika tidak meiliki pengalaman mengenai kelistrikan maka ini sangat berbahaya .untuk itu saya tidak menyarankan bagi anda untuk melakukan jika anda belum benar paham. Lebih baik jika memanggil ahli servis kulkas agar lebih aman.

Terimakasih semoga bermanfaat bagi semua dari ilmu modal nekat saya heheheee