Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Dasar Cara Memperbaiki SMPS Mati Rusak




cara Memperbaiki smps
RANGKAIAN SMPS LCD TV

SMPS (Switch Mode Power Supply) adalah singkatan yang benar. Terdapat beberapa sebutan untuk jenis SMPS, seperti power supply, regulator, dan AC-matic. Jika Anda mencari cara memperbaiki kerusakan SMPS pada suatu perangkat, Anda dapat menggunakan kata-kata tersebut saat melakukan pencarian di Google. Namun, pastikan untuk menyertakan kata "SMPS," karena jika tidak disebutkan, mungkin akan muncul jenis power supply konvensional yang masih menggunakan trafo step-down.

Memperbaiki sirkuit SMPS merupakan tantangan menarik karena setiap teknisi memiliki cara dan rahasia tersendiri dalam memperbaiki rangkaian power supply jenis SMPS. Tidak semua teknisi memiliki kemampuan ini karena terkadang suku cadang pengganti tidak tersedia di pasaran. Oleh karena itu, mereka memilih jalur cepat dengan membeli modul satu blok atau menggunakan teknik khusus untuk mengatasi masalah SMPS jika suku cadang yang dibutuhkan tidak tersedia, seperti sistem jumper pada sistem sejenis.

Mempelajari SMPS adalah dasar yang paling penting dalam memperbaiki perangkat elektronik. Saat ini, hampir setiap perangkat elektronik menggunakan sistem SMPS pada catu dayanya. Oleh karena itu, penting bagi pemula untuk mempelajari lebih lanjut. Dapat dipastikan bahwa jika seseorang menguasai cara memperbaiki SMPS, mereka juga dapat memperbaiki blok yang lain. Prinsip dasarnya adalah tentang pengukuran tegangan dan hal lainnya. Dengan mempelajari SMPS, seseorang dapat menguasai blok lainnya karena sudah memiliki dasar dalam bidang elektronika.

Teknik sederhana untuk memperbaiki power supply yang mati hadir sebagai langkah awal bagi pemula dalam memperbaiki power supply yang bermasalah dengan tegangan rendah atau bahkan tanpa keluaran daya sama sekali.

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya, semua fungsi catu daya hampir sama, yaitu menghasilkan tegangan keluaran untuk berbagai rangkaian sekunder. Setelah Anda memahami cara kerja catu daya, Anda akan mengetahui lebih banyak hal.

Masalah pada SMPS dapat terjadi pada bagian primer atau sekunder. Bahkan jika ada masalah pada bagian lain di luar SMPS, misalnya short pada IC prosesor, catu daya mungkin tidak berfungsi atau hanya berkedip akibat short IC tersebut. Terdapat banyak metode pemecahan masalah pada catu daya; Saya akan menjelaskan salah satu teknik dasar cara saya dalam memperbaiki kerusakan SMPS. Sebelum memulai perbaikan pada catu daya, apakah itu catu daya switching untuk TV atau catu daya ATX komputer, kita perlu mengenali jenis kerusakan pada catu daya terlebih dahulu sebelum membuka casingnya. Masalah catu daya dapat dikategorikan sebagai daya mati, daya output rendah, catu daya mati kadang hidup, catu daya berkedip, dan tegangan keluaran yang tidak normal. Hal ini penting untuk mengenali gejala dari blok yang bermasalah.

Teknik dasar dalam memperbaiki SMPS yang mati total adalah sebagai berikut:

1. Periksa sakelar on/off, sekering, dan lepaskan kapasitor filter besar. Jika sekering terbakar dan berwarna gelap, ini menandakan adanya short berat pada bagian catu daya. Hal ini bisa disebabkan oleh dioda bridge yang short, transistor daya yang short, atau bahkan IC daya yang mengalami korsleting. Terkadang, short pada gulungan primer pada transformator daya mode sakelar juga dapat terjadi. Jika sekering hanya putus biasa [tidak terbakar], mungkin sekering tersebut rusak karena sudah tua atau sudah tidak berfungsi. Sebagian besar waktu, mengganti sekering akan memperbaiki masalah ketiadaan tegangan pada power supply.

2. Ukur dioda sekunder satu per satu untuk memastikan tidak ada dioda yang short. Hal ini penting dilakukan agar tidak terlewat saat proses servis.

3. Jika Anda memperbaiki perangkat TV dan catu daya tidak memberikan daya, biasanya ditandai dengan sekering yang putus parah. Hal ini bisa disebabkan oleh B+ dan transistor horizontal output. Kemungkinan masalah lainnya adalah over tegangan B+, transistor horizontal yang short, atau masalah pada flyback.

4. Periksa semua kapasitor elektrolitik dengan menggunakan teser ESR pada bagian primer dan sekunder. Jika terdapat perubahan nilai kapasitor elektrolitik di bagian catu daya (baik di bagian primer maupun sekunder), catu daya akan berkedip, menghasilkan daya output rendah, atau bahkan tidak memberikan daya sama sekali.

5. Periksa gulungan utama pada transformator daya mode sakelar dengan menggunakan teser flyback. Periksa juga gulungan primer flyback, gulungan B+, dan gulungan yoke horizontal jika Anda memperbaiki TV CRT. Short pada salah satu komponen tersebut dapat menyebabkan catu daya mati, berkedip, atau bahkan tidak memberikan tegangan sama sekali.

Setelah Anda mengkonfirmasi bahwa tidak ada komponen yang short pada sisi sekunder, langkah selanjutnya adalah menguji dan mengganti semua komponen di bagian primer. Di sinilah keterampilan pemecahan masalah Anda benar-benar diperlukan. Memahami dan mengetahui cara menguji komponen elektronik dasar sangat penting; jika tidak, Anda akan menghadapi kesulitan dalam menemukan kerusakan. Jika Anda masih baru dalam bidang perbaikan elektronik ini, saya sangat menyarankan Anda untuk memeriksa setiap komponen satu per satu dalam rangkaian catu daya. Setelah Anda menguasainya, Anda dapat menemukan kesalahan melalui pengujian tegangan atau bahkan mengidentifikasi kesalahan pada blok bagian lainnya.

Sangat penting untuk tidak melupakan hal ini!

Setelah Anda menyelesaikan semua pengujian komponen dan mengganti komponen yang diperlukan, Anda harus menghidupkan catu daya dengan menggunakan lampu pijar 100 watt yang terhubung dengan sekering. Putuskan koneksi penting pada sisi sekunder, terutama pada beban dengan voltase tinggi.

Jika lampu pijar sangat terang dan tidak padam bahkan setelah beberapa menit, masih ada masalah pada catu daya. Jika lampu pijar menjadi redup atau mati, berarti korsleting telah diatasi, dan Anda sekarang dapat menghidupkan catu daya dengan yakin tanpa takut mati lagi.

Jika Anda ingin menjadi ahli dalam perbaikan power supply, Anda harus berlatih, membaca, dan memahami sepenuhnya tentang komponen elektronik dasar serta cara kerja catu daya. Tanamkan pengetahuan tentang SMPS dalam pikiran dan keterampilan Anda. Saya yakin bahwa tidak akan ada masalah catu daya yang terlalu sulit bagi Anda untuk diperbaiki.

Semoga bermanfaat!