Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV CRT Satu Garis Horizontal

Cara Memperbaiki TV  CRT Satu Garis Horizontal

Gejala kerusakan yaitu layar hanya terlihat gelap garis vertikal di tengah layar bercahaya terang. Terkadang jika screen kurang, flyback bekerja namun layar tetap gelap. Untuk itu perlu menaikan tegangan screen pada flyback untuk melihat apakah gejala bergaris horizontal. Jika tidak maka kerusakan disebabkan oleh keruskan yang lain.

Kerusakan dengan gejala satu garis horisontal sering terjadi pada beberpa jenis tv crt. Bisa dibilang kerusakan ini paling sering terjadi, diantara kerusakan yang lain. Hal ini disebabkan oleh sistem kerja yang berhubungan dengan panas. Yaitu pada bagian ic vertikal. yang mana pada IC vertikal bekerja membuka arah vertikal keatas dan ke bawah sebagai komponen pendukungnya berupa lilitan defleksi yoke. Sehingga kerja pada ic vertikal panas.

Berikut saya memiliki catatan pengalaman dalam hal menangani masalah tv satu garis horizontal yang akan saya tuliskan untuk rekan sekalian. Saya akan menuliskan penyebabnya beserta komponen yang rusak.
Baca juga:cara memperbaiki tv layarnya gelap

1.    Defleksi yoke

Komponen ini sangat penting karena berfungsi sebagai pembelokan cahaya yang dipancarkan dari katode, sehingga yang awalnya hanya berupa satu titik saja bisa disebarkan ke seluruh layar. Ada dua fungsional pada defleksi yoke ini, yaitu menyebarkan kearah vertikal dan arah horizontal. Kali ini kerusakan satu garis horizontal berarti kerusakan disebabkan oleh lilitan vertikal Karena tidak dapat menyebarkan cahaya arah keatas dan ke bawah. Lilitan pada vertikal adalah pada bagian lilitan luar yang terlihat sedangkan yang horizontal terdapat pada lilitan dalam. Ketika menemui kerusakan tidak dapat membuka kearah atas dan bawah cek apakah lilitan putus atau cek impedance sesuai dengan hambatan standar dari masing masing televisi.

2.    Elco

Pada beberapa merek televisi jika gejalanya layar satu garis horizontal sering Nampak pada bagian blog ic vertikal ada elco yang mengembung. Elco ini biasanya berfungsi sebagai elco pump-up. Selain mengembung biasanya Nampak dari segi fisik masih bagus namun ternyata setelah diukur menggunakan esr meter, nilai kapasitas sudah berkurang. Sehingga jika tidak memiliki esr meter mengganti elko baru sangat dianjurkan pada bagian blog ic vrtikal. Ada beberapa ukuran elko yang biasanya dipakai untuk vertikal yaitu, 100 uf 50v, 470 uf 50v, 1000 uf 35 volt/tv china. Elko tersebut umum sekali digunakan dengan merek yang berbeda, sehingga kita wajib memiliki stok elko tersebut.  Kerusakan elko juga ditandai dengan gejala layar hanya separuh layar saja. Dan juga ditandai dengan layar tidak penuh bagian atas dan bawah.

3.    Dioda

Dioda berukuran 1A yang sering bermasalah terletak di dekat ic vertikal, dioda ini ketika diukur menunjukan hal yang normal. Namun ketika bekerja dengan tegangan dioda ini sudah bocor. Dioda bermasalah sering ditandai dengan gejala ketika awal tv dinyalakan tv normal, namun setelah beberapa saat tv mengalami kerusakan layar gelap terlihat satu garis horizontal.

4.    Tegangan ic vertikal

Tegangan pada ic vertikal rata-rata menggunakan tegangan kisaran 24- 27 volt. Sehingga jika kurang dari itu biasanya akan mengalami masalah layar satu garis horizontal. Pada tv polytron slim tegangan biasanya berasal dari flyback yaitu + 12volt. dan -12 volt. Sehingga berbeda dengan tegangan yang berasal dari regulator psu. Pastikan bahwa tegangan telah sampai dengan normal tidak terputus di tengah jalan ketika diukur menggunakan mvdc. Tegangan yang kurang dari 24-25volt bisa dicurigai sebagai penyebab keruskan ini. Sehingga perlu dinaikan sebesar 27volt dc. Hl ini biasanya disebabkan karena elko filter dari output regulator atau flyback kering sehingga tegangan drop. Atau bisa jadi resistor pembatas mengalami perubahan nilai.

5.    Resistor pada output ic vertikal

Resistor ini biasanya berhubungan langsung dengan lilitan defleksi yoke. urutkan dari soket defleksi menuju output ic vertikal. Ukur secara teliti karena resistor ini sangat berperan dalam membuka layar.

6.    Input dari ic jungle

Untuk mengecek apakah ic vertikal atau ic junglenya yang rusak bisa denga cara menyentuh pada input ic vertikal yang berasal dari ic jungle. Jika disentuh menggunakan jari atu multitester masih bisa membuka berarti masalah berasal dari area ic utama/jungle. Cek resistor dan elko yang mengarah pada ic jungle menuju ic vertikal. Biasanya terjadi perubahan nilai pada resistor pembatas pada bagian input vertikal. Jika normal cek apakah ic jungle sudah bekerja. Kemungkinan ic jungle mengalami keruskan jika tegangan penyuplay ic jungle normal sebesar 5volt.

7.    Ic vertikal

Ic vertikal adalah langkah terakhir ketika sudah melalui tahap mengganti komponen pendukung dan memeriksa defleksi yoke. Hal ini sangat penting karena mengganti ic vertikal terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama terlebih jika kita tidak memiliki stok ic vertikal. Oleh sebab itu penggantian ic vertikal merupakan tahap terakhir jika tidak ada hasil setelah melalui tahap mengganti komponen pendukung.

Baca juga:Referensi Meperbaiki tv 5 kerusakan pada warna

Catatan beberapa kerusakan

Layar hanya terlihat satu garis horizontal di tengah pada tv china terkadang hanya disebabkan oleh solderan yang retak pada kaki komponen ic vertikal.

Pernah juga hanya disebabkan oleh kabel defleksi yoke putus.

Kedua hal tersebut sepele namun terkadang terlewatkan sehingga membuat kita kebingungan maka jangan melewatkan sesuatu yang sifatnya sepele saat kita memperbaiki perangkat elektronik apapun itu. Hal paling kecil bisa mengakibatkan dampak yang besar. Ketelitian adalah kuncinya.
Demikian Cara memperbaiki tv satu garis vertikal semoga bermanfaat bagi rekan sekalian. Terimakasih!