Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Langkah Memperbaiki TV Polytron Layar hanya nyala separuh layar dari tengah keatas

Langkah Memperbaiki TV Polytron Layar hanya nyala separuh layar dari tengah keatas

Tv polytron slim ketika dihidupkan layar hanya nyala separuh layar dari tengah keatas. Gejala seperti ini biasanya disertai dengan protek. Namun ada juga yang tidak disertai dengan protek. Yang dimaksud protek yaitu Hidup beberapa detik lalu tv mati standby.
Baca juga: langkah cepat memperbaiki tv polytron protek
Kerusakan seperti ini, biasanya terjadi disebabkan oleh bagian blog ic vertikal yang tidak normal. Yaitu;Vcc vertikal pada bagian –12 dan +12 dari output flyback, Tegangan out + vertikal, Ic vertikal dan terkadang pada defleksi yoke vertikal menjadi biangnya.

Langkah menangani kerusakan TV POLYTRON layar hanya nyala separuh layar dari tengah keatas

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah soldering ulang pada semua kaki komponen terutama pada bagian ic vertikal biasanya terjadi keretakan yang disebabkan oleh panasnya ic ketika bekerja.
  2. Lihat seksama semua elco yang ada pada blog vertikal. Biasanya sering mengembung pada elko berukuran 100uf 50v. Meskipun bentuknya masih normal saya sering menemukan elko ini kering. Sehingga harus diganti. Meskipun tidak berubah bentuk sekalipun. Dan ada lagi yaitu elko berukuran 220 uf elko ini sering juga menjadi penyebab layar bermasalah. Salah satunya yaitu layar hanya Nampak separuh kebawah maupun hanya separuh atas.   
  3.  Jika belum tertangani dengan mengganti elko yang saya sebutkan diatas coba cek vcc ic vertikal dari output flyback. Biasanya di pcb kaki flaybac sudah tertulis voltase. Namun jika tidak ada cari dioda yang berasal dari kaki flyback. Ada dua yaitu posisi + dan -.
  4. Perlu anda ketahui bahwa tegangan vertikal polytron u slim biasanya menggunakan tegangan (+12v) (-12v) (Gnd). Sehigga jika diukur dari +dan - akan menghasilkan tegangan antara 24 volt dc sampai dengan 27 volt dc jika kurang atau lebih dari tegangan tersebut akan mengalami masalah. 
  5. Saat pengecekan tegangan urutkan dari dioda sampai menuju kaki ic vertikal sehingga lebih detil. separuh layar dari tengah keatas juga bisa disebabkan oleh kerusakan ic vertikal jika langkah diatas sudah dilakukan belum juga berhasil, periksa IC vertikal masih bekerja normal atau tidak, tegangan vcc dan output ic harus berbanding 1/2 dari VCCnya. misal vcc 24v maka output dari IC senilai 12v. untuk itu perlu sekema kaki ic vertikal untuk lebih jelasnya. 
  6. Perubahan nilai impedansi pada lilitan defleksi yoke juga menjadi salah satu sebab tv bisa cacat vertikal. Untuk itu perlu pengecekan pada bagian ini. periksa nilai ohm lilitan defleksi terutama bagian vertikal (gulungan yang terlihat atau bagian luar).

Dengan langkah diatas biasanya kerusakan tv polytron separuh layar dari tengah keatas dapat teratasi. Jika belum teratasi silahkan tanyakan di kolom komentar yang telah disediakan!
Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

1 komentar untuk "Langkah Memperbaiki TV Polytron Layar hanya nyala separuh layar dari tengah keatas"

  1. Misi gan numpang tanya tv saya layar nya cuma setengah bagian bawah hitam dan bagian atas normal itu kenapa gan,apakah resistor atau dioda nya yg bermasalah...?

    BalasHapus