Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Memperbaiki TV Canghong Transistor Horizontal Jebol Terus

tv canghong transistor horizontal jebol terus – kasus ini merupakan kerugian terbesar yang pernah saya alami dalam menjalankan trial and error. Hasilnya cukup menegangkan. Kenapa cukup menegangkan ? karena ini adalah sebuah experiment yang belum pernah saya lakukan.

Mengatasi transistor horizontal jebol terus akan sangat melelahkan jika tidak ada multi tester esr metr. Karena esr ini sangat penting peranannya dalam mengecek capasitor resonant pada seputaran demper horisontal.

Tantangan kali ini lebih seru dan mendebarkan karena saya sudah menghabiskan 4 buah transistor horisontal. Dan sya harus menyelesaikan kasus ini. Jika tidak maka saya akan mengalami kerugian secara materiil maupun ssecara pengalaman pun saya tidaka akan mendapatkan.

Pada awalnya saya tidak menduga bahwa capasitor resonant tersebut mengalami masalah karena saya mengganti capasitor 12n 1600 v tetap saja transistor tidak tahan lama.

Tegangan pada b+ 115 pun saya anggap normal karena terukur 120 volt masih bisa tertoleransi. Namun ini menjadi janggal di hati saya, akhirnya saya coba turunkn melalui vr b+ adjuster. Saya turunkan menjadi 115 volt. Tetap saja transistor tidak tahan lama.

Solusi terakhir, jika ini gagal kasus ini akan saya tinggalkan.
Mengganti c resonant berukuran 12n dengan 15n.
Dan memparalel transistor horisontal sebanyak dua biji.

Kemudian setelah itu running test. ternyata tv masih normal meski sudah seharian. solusi terakhir manjur juga menaklukan tv cnghong transistor horizontal jebol terus. Hal inilah yang menegangkan. Apakah akan normal selamanya atau hanya bertahan beberap hari saja.

Hasilnya setelah satu minggu, tv masih menyala normal.

update:

Ternyata tv ini mati lagi, sehigga kasus ini belum kelar. Namun nampaknya kasus transistor horisontal jebol terus ini sudah benar-benar tertangani dengan pasti yaitu penyebabnya kerusakan pada transistor ew, teryata tv ini menggunakan sistem ew. Setelah Dicopot transistor ew  transistor horizontal tahan lama. sehingga tv ini bisa bekerja dengan normal meskipun tanpa menggunakan transistor ew.

Demikian kawan shere kali ini. Ini hanya refrensi saja jangan dijadikan patokan. Karena setiap kerusakan sebuah televisi bisa jadi gejala sama belum tentu kerusakan dan solusinya sama pula. Semoga bermanfaat!

Muhlisun TMG
Muhlisun TMG Hobi dengan dunia elektronika. Dan blog ini menjadi catatan pengalaman dalam memperbaiki perangkat elektronik. Soldiradem Blog sebuah situs catatan Pengalaman dan keterampilan yang saya pelajari.

Posting Komentar untuk "Memperbaiki TV Canghong Transistor Horizontal Jebol Terus"