Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Servis TV yang Gambarnya atau Layarnya Gelap

Servis TV yang Gambarnya atau Layarnya Gelap

Servis TV Layarnya Gelap - kerusakan yang sering terjadi pada tv jenis crt adalah kerusakan pada tampilan layar. salah satu dari beberapa kerusakan yang paling sering terjadi pada tampilan layar adalah layar nampak redup.

Ada kemungkinan kerusakan ini disebabkan oleh tabung gambar yang sudah lemah emisinya. kemungkinan tersebut belum tentu benar. Karena reparasi harus melakukan pengecekan terhadap semua komponen kemudian baru memutuskan sebuah kerusakan. maka dari itu, mari kita bahas bagaimana memperbaiki tv layarnya gelap.

Yang perlu kita ketahui bahwa layar di suplay oleh beberapa sumber dari sistem kerja pada sebuah perangkat televisi. Berikut ini merupakan sumber pengaturan antara layar terang dan redup dan kontras:

Flyback

Flyback merupakan komponen paling fital pada perangkat tv crt. Sehingga perlu pemahaman lebih dalam pada bagian komponen flyback. Karena dari komponen inilah beberapa tegangan penting berasal, bahkan permasalahan layar gelap kebanyakan dipicu oleh komponen ini bermasalah. Sistem pada pencahayaan layar crt diantaranya:

a.    Tegangan anoda crt,
b.    Tegangan heater
c.    Tegangan screen
d.    Tegangan focus
e.    Tegangan video 180v DC

Tegangan tersebut berhubungan dengan CRT.  Sehingga jika flyback bermasalah akan terjadi kerusakan.

Ic croma
Ternyata dari beberpa kasus yang pernah terjadi ic croma jarang sekali mengakibatkan layar gelap sehingga ic croma menjadi pertimbangan terakhir setelah pada bagian yang lain tidak ada hasil.
baca juga: cara memperbaiki tv layar hanya satu garis horizontal

Servis TV yang Gambarnya atau Layarnya Gelap

Kerena kita sudah mendapatkan beberapa fakta diatas kita dapat menyimpulkan bahwa untuk memperbaiki tv layar redup kita hanya perlu memeriksa pada sekitaran flyback seperti yang telah saya sebutkan diatas.

Baca juga: cara memperbaiki TVDIGITEC layra gelap suara normal

1. tegangan heater
pada bagian ini yang perlu dilakukan adalah mengecek resistor pembatas yang biasanya berukuran antara 0,5 hm sampai 1 ohm dan berukuran 1 watt, tergantung jenis merek tv. Yang terpenting adalah tegangan yang telah sampai pada heater. Jika kurang dari 3 volt ac maka ini bisa menjadi penyebab crt redup. Jika demikian Silahkan ganti resistor yang berfungsi sebagai pembatas. Atau keruskan tidak keluar tegangan sama sekali dari kaki flybak. Jika terjadi seperti tidak adanya ouput dari kaki flybak untuk heater, bisa jadi flyback rusak. Namun jika tegangan lain normal, daripada mengganti flybak biasanya dilakukan membuat tegangan dari farrit flyback. Kita bisa memanfaatkan farrit flyback dengan cara melilitkan email tembaga untuk menciptakan tegangan hingga 5 volt ac. Dengan demikian kita tidak perlu repot mengganti flyaback.

2. tegangan video 180V DC
tergangan video berfungsi menguatkan penembak warna merah hijau dan biru. Jika tegangan ini drop bisa mengakibatkan kerusakan diantaranya; layar redup, warna pudar, bahkan layar gelap tidak ada cahaya sama sekali. Hal paling sering dijumpai adalah melemahnya tegangan yang dipicu oleh elco filter 180 volt mengalami kekeringan. Elko ini berukuran antara 22 uf-47 uf 250volt. Jikapun masih bagus secara fisik, lebih baik diganti saja.

3. tegangan b+115 volt
Tegangan ini berfungsi sebagai penyuplay flyback. Jika terjadi drop maka bisa mengakibatkan kerusakan pada tv crt yang sangat dominan. Bahkan bisa mengkaibatakn tv tidak bisa bekerja sama sekali. Salah satu masalah yang timbul adalah yang kita bahas kali ini yaitu laya crt redup. Pernah beberpa kali saya mendapat servisan tv dengan keluhan layar redup dengan hanya mengganti elko filter b+ masalah teratasi. Hanya elko kering bisa mengakibatkan layar redup. Elko b+ berukuran 160v terletak di sekunder atau output regulator.

4. tegangan ABL
ABL berhubungan langsung dengan ic croma. Fungsinya sebagai pengaturan kecerahan melalui control ic croma. Yang sering terjadi adalah molornya resistor yang membatasi antara ic croma dan output abl pada kai flybak. Jika resistor putus atau molor biasanya mengakibatkan terjadinya layar redup. Cek secara pasti karena resistor ini sangat penting jika pengukuran salah atau memahami ukuran salah jika mengganti dengan nilai yag salah pula akan mengakibatkan keruskana pada icroma.

5. soket crt
Jika terjadi kerusakan pada soket crt akan ditandai dengan, ketika dinyalakan layar tv akan Nampak redup namun ketika sudah beberapa saat gambar menjadi terang. Hal ini biasanya jika pada proses pengukuran menghasilkan tegangan semua normal. Misalnya heater, video, abl, b+, normal semua namun layar redup baru ganti soket, atau ganti soket dulu baru yang lainya. Dahulukan berdasarkan gejala yang dialami oleh televisi. Misalnya gambar baru jelas setelah beberpa saat maka saya sarankan untuk mengganti soket crt terlebih dahulu. Begitu pula sebaliknya.
Baca juga:cara memperbaiki kerusakan hilang warna tv CRT
6. crt rusak
Pamungkas pada kerusakan layar redup adalah emisi tabung yang sudah lemah sehingga memicu terjadinya layar redup. Menentukan ini harus melalui tahap-tahap sebelumnya. Jika kurang yakin bisa menjajal dengan tabung yang lain.

Demikian servis tv dengan kerusakan tv layar gelap bisa tertangani dengan mudah karena kepastian komponen mana yang harus diukur baru menentukan apakah tabung atau kerusakan disebabkan oleh komponen pendukungnya. Semoga bermanfaat!!!!