Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Receiver Digital Parabola Lampu Berkedip

Lagi-lagi dapat orderan untuk memperbaiki receiver digital parabola lampu berkedip-kedip. Gejala awalnya receiver menyala dengan lambat. Jika power saklar dimatikan secara total ( bukan standby ) maka receiver akan sulit menyala. Ketika pertama kali dinyalakan receiver berkedip terus sampai beberapa waktu baru menyala. 

Ini merupakan kerusakan receiver paling umum terjadi dan kadang sangat mudah memperbaiki terutama terjadi pada receiver merek matrix.

Berikut ini saya akan share pengalaman dalam memperbaiki receiver digital parabola lampu berkedip-kedip.

Lampu berkedip-kedip pada receiver bisa juga diartikan sebagai tanda ada kerusakan pada komponen parabola. Hal ini telah terbukti bahwa ketika terjadi short pada out receiver lampu indikator akan berkedip cepat dan berbunyi cit-cit. Sebelum memfonis ini juga menjadi pertimbangan dalam menangani recveiver parabola memilki kerusakan lampu berkedip standby. 

Cara Memperbaiki Receiver Digital Parabola Lampu Berkedip
Blok power suplay receiver, primer kiri - sekunder kanan

Berdasarkan pengalaman saya, kerusakan receiver berkedip cepat disebabkan oleh tegangan output power suplai mengalami masalah drop pada bagian 3,3 volt. Sehingga IC tidak dapat start.

Penyebab tegangan tersebut tidak stabil diakibatkan oleh elko pada filter out 3,3volt mengalami kerusakan misalnya kering atau short.

 Jika bukan pada bagian tegangan 3,3V yang bermasalah atau sudah diganti elko namun receiver masih tetap berkedip cepat, kemungkianan bisa disebabkan oleh bagian Primer power suplay ada yang bermasalah. Yang paling sering terjadi adalah terjadinya kerusakan elko pada bagian primer SMPS. Elko yang rawan rusakan adalah elko 47uf 35v dan bisa juga pada elko 10uf 450v.

Dengan mengganti elko 47uf 50v biasanya receiver langsung bisa menyala normal tanpa harus mengganti satu blok power suplay receiver.  

Selain elko ada satu resistor yang putus sehingga mengakibatkan receiver led berkedip. Jika diamati pada gambar diatas anda kan melihat satu resistor di blok primer SMPS. Resistor tersebut bisa saja anda temui di receivver lain yang tidak menggunakan elko 47uf seperti yang saya katakan.

Sebagai media berbagi www.onsolder.com akan terus shering tentang dunia cara memperbaiki dan terus mencatat hal-hal yang perlu untuk dicatat dan kemudian anda akan bisa membukanya setiap saat. Silahkan bagikan jika konten ini sangat bermanfaat. 
.
Demikian semoga bermanfaat .....thanks sudah berkunjung....