Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Transistor BJT dan FET

Perbedaan Transistor BJT dan FET - Transistor adalah komponen penting dalam dunia elektronik modern. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang perbedaan antara transistor BJT dan FET, serta bagaimana keduanya bekerja. 

Perbedaan Transistor BJT dan FET

Transistor BJT (Bipolar Junction Transistor) dan FET (Field Effect Transistor) adalah dua jenis transistor yang paling umum digunakan. BJT adalah jenis transistor bipolar di mana arus melibatkan aliran pembawa mayoritas dan minoritas. Sebaliknya, FET adalah jenis transistor unipolar di mana hanya pembawa mayoritas mengalir . 

Perbedaan yang menonjol antara BJT dan FET adalah BJT adalah jenis transistor bipolar di mana arus melibatkan aliran pembawa mayoritas dan minoritas. Sebaliknya, FET adalah jenis transistor unipolar di mana hanya pembawa mayoritas mengalir . 

Cara Kerja Transistor BJT dan FET

BJT terdiri dari tiga bagian utama: emitter, base, dan collector. Ini adalah tiga lapisan material semikonduktor yang membentuk struktur BJT. Bagian ini bekerja sama untuk mengontrol arus listrik yang mengalir di dalam transistor. Dalam BJT, arus listrik yang masuk dari emitter akan dikelola oleh base, dan kemudian diteruskan ke collector. Jadi, base berfungsi seperti ‘penjaga pintu’ yang mengontrol berapa banyak arus listrik yang bisa lewat. Ini memungkinkan BJT untuk digunakan sebagai penguat atau saklar dalam berbagai jenis perangkat elektronik .

FET, di sisi lain, terdiri dari tiga bagian utama: gate, source, dan drain. FET bekerja dengan cara mengontrol arus listrik yang mengalir melalui saluran semikonduktor antara source dan drain. Gate berfungsi sebagai pengontrol arus listrik yang mengalir melalui saluran .

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas perbedaan antara transistor BJT dan FET, serta bagaimana keduanya bekerja. Kita telah melihat bahwa BJT adalah jenis transistor bipolar di mana arus melibatkan aliran pembawa mayoritas dan minoritas, sedangkan FET adalah jenis transistor unipolar di mana hanya pembawa mayoritas mengalir. Kita juga telah melihat bagaimana BJT dan FET bekerja, dan bagaimana keduanya dapat digunakan dalam berbagai jenis perangkat elektronik.