Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Shering Seputar Usaha Jasa Servis Elektronik



Kali ini saya akan sedikit shering mengenai usaha servis elektronik yang memang bebrapa tahun saya jalani sejak tahun 2014 sampai saat ini. 

Dalam perjalananya tidak semudah apa yang biasanya dikatakan di beberapa artikel mengenai usaha jasa servis elektronik. Penuh dengan halangan dan rintangan. Tetapi Memang kuntunganya menggiurkan. 

Jika anda berminat mengenai usaha jasa servis elektronik, berikut ini saya kan membeberkan beberapa fakta seluk beluk nya usaha. kelemahan maupun kelebihan dari usaha jasa servis elektronik.

A. KELEBIHAN

1. Modal minim bisa jalan

Ini benar adanya, saya dulu ketika pertama kali mengenal usaha servis elektronik, hanya modal keterampilan dan beberapa alat utuk mereparasi barang elektorik. Bahkan hanya bermodalkan 400 ribu untuk membeli peralatan. Alat-alat murah karena saya hanya menjurus pada peralatan rumah tangga misalnya tv, speaker aktif, tidak termasuk hp dan komputer. Sehingga alat yang digunakan bisa dibilang cukup murah dan hemat. Mungkin jika masuk ke reparasi hp akan memakan banyak biayaya untuk membeli tools dan beberapa perangkat perlengkapan untuk memeperbaiki hp. 

2. Bisa dijadikan usaha sampingan

Menjalankan usaha ini tidak serta merta langsung menjadi seorang teknisi ulung, karena pada awal buka jasa ini akan mengalami yang namanya proses belajar dalam berbagai hal. Belum nanti jika kebutuhan untuk rumah belum ada income yang lain. ini akan susah. Oleh sebab itu saya dulu pada awalnya hanya menjadikan usaha ini sebagai sampingan belaka dan sekaligus memang menjadi hobi dengan elektronika. Untuk awal hasilnya belum nampak. Untuk sekarang, ya sudah lumayan karena memang sudah dikenal di beberapa wilayah seputaran tempat tiggal saya. 

3. Peluang masih luas

Usaha jasa servis elektronik tidak serta merta menjamur seperti bengkel sepeda motor sehigga persaingan masih sedikit. Maka peluang untuk membuka usaha ini masih minim persaingan, sehingga kita bisa leluasa membuka usaha ini dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena persaingan masih sedikit. Kemudian saat ini setiap rumah memiliki perangkat elektronik yang berpotensi sukses.

B. Kelemahan

Kelemahan dalam usaha ini ada pula meskipun peluangnya masih terbuka lebar. Berikut ini merupakan kelemahan dan rintangan dalam usaha jasa servis elektronik.

1.  Resiko
Biasanya ketika menjalankan usaha jasa servis elektronik ada resiko kehilangan banyak materi dan waktu yang meski dikorbankan. Sebagai contoh, misalanya kita sudah mengganti sparepart dan sudah mengerjakan dalam waktu yang lama, ternyata perangkat yang kita perbaiki tidak berhasil. Maka kita tidak akan menerima upah dari user karena perangkatnya tidak bisa diperbaiki. Sehingga rugi sparepart dan waktu pengerjaan.

2.  Keterbatasan sparepart
Hal paling lama dalam memperbaiki perangkat elektronik adalah saat mencari sumber kerusakan. Kemudian ketika ketemu komponen yang rusak maka harus diganti. Namun ternyata sparepart tidak ada yang menjual di pasaran. Nah inilah yang menjadi penghalang sekaligus resiko yang harus kita tanggung.

Kelebihan maupun kekurangan pasti akan selalu ada namun seiring berjalanya waktu kita akan menemukan pola cara meraup keuntungan dari usaha jasa servis elektronik ini. Dengan catatan memang harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi.

Pengalaman akan sangat berperan penting atas kemajuan usaha jasa servis. Dengan tingginya jam terbang akan semakin menambah kualitas pelayanan. Karena keterampilan akan semakin bertambah.

Sekian dulu mengenai Shering  saya dalam menjalankan usaha jasa servis elektronik semoga shering kali ini memberikan manfaat untuk anda semuanya yang mungkin butuh refrensi ketika akan terjun ke dunia servis elektronik.