Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Suara Bass Pecah

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Suara Bass Pecah

Apakah anda kecewa terhadap speaker aktif suara bass hilang atau pecah?. Tentu yang "merasa" bukan hanya anda, banyak kok yang mengeluhkan mengenai ini. berikut ini ulasanya:

Saat awal membeli baru mungkin suaranya mantap, namun lambat laun suaranya menurun kualitasnya. Misalnya suara bass pecah, sember, hilang. Tidak seperti dulu suaranya mantap. Kemungkinan terkecil, ini bisa jadi karena anda sudah terbiasa mendengarkan suara speaker tersebut, sehingga telinga sudah kurang puas lagi dengan suara yang dihasilkan. Namun juga bisa disebabkan oleh menurunya beberapa komponen yang dimiliki speaker aktif tersebut.

Keluhan paling sering yang di adukan oleh konsumen speaker aktif adalah menurunnya kualitas suara bass speaker aktif pecah, sember, bahkan serak. Oleh sebab itu berikut ini akan saya tuliskan beberapa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi jika terjadi penurunan kualitas suara pada speaker aktif.

1. Speaker aktif Suara bass pecah, sumber, hilang

Suara bass pecah biasanya terdengar pada nada rendah terpotong potong. Misalnya bass gitar rentang panjang, namun hanya terdengar sekilas saja. Begitu pun saat musik beat, bass akan hilang hanya terdengar sedikit-sedikit. Bass hilang nada midle dan hight menurun. Ini merupakan sebuah kerusakan umum terjadi pada sepaker aktif biasa. biasanya harganya sekitar 500 ribuan. hal ini disebabkan oleh beberapa hal yaitu ; kualitas speaker menurun, daya kurang, kualitas komponen amplifier menurun.

a. Kualitas speaker menurun disebabkan oleh membran speaker kendor, daya magnet dan coil juga menurun. Hal ini dialami oleh speaker kualitas rendah karena sering dipakai speaker aktif untuk menghemat biaya produksi. sehingga ketika speaker digeber setiap hari akibatnya kualitas speaker akan menurun.

b. Daya power suplai kurang, bisa mengakibatkan suara bass cenderung pecah. Ketika speaker aktif distel dalam keadaan full power tegangan akan drop jika daya tidak mumpuni, terutama pada saat nada bass masuk. Untuk mengatasi hal ini yaitu dengan cara menambah daya dari power suply. Misalnya power anda menggunakan trafo 3 ampere dengan suplay 25 volt dc maka bisa ditingkatkan menjadi tegangan 32 volt dengan daya trafo yang lebih besar misalnya 5 ampere. Bisanya pada speaker aktif menggunakan elco sebesar 4700 uf. Bisa ditambah agar tegangan bisa setabil agar saat nada bass tidak drop. Tambah dengan dua elko 4700UF dipasang secara paralel dengan elko bawaan spa atau bisa juga menggantinya dengan elko 10000 uf 50 volt satu pasang.

c. Amplifier paling banyak digunakan pada speaker aktif saat ini adalah ocl150 watt dengan menggunakan transistor final tip 41c, 42c seringkali rusak. Salah satu penyebab bass pecah adalah transistor final yang mulai bocor, sehingga kualitas bassnya berkurang. Jika ingin memulihkan atau menambah kekuatan, bisa menggantinya dengan seri yang lebih tinggi misalnya tip 30055 2955, atau menggunakan thosiba a1947 c5200. Jika menggunakan daya yang lebih besar maka kemungkinan kekuatan akan bertambah, Namun menggunakan transistor final dengan daya lebih tinggi ganti juga transistor driver yang masih menggunakan tipe transistor c945 dan a733. dengan tip 31 32c atau BD139, BD140.

baca juga: cara mengukur transistor tip 41/ 42c serta tanda kerusakanya

2. Speaker aktif suara serak

Speaker aktif Suara serak bukan lagi penurunan kualitas namun sudah merambah kedalam kerusakan yang lebih serius. Namun masih dalam koridor amplifier. Suara serak akan terdengar jelas terutama pada nada tinggi. Speaker aktif rusak dengan gejala seperti ini, ada dua kemungkinan.
Baca juga ; cara mengatasi amplifier socl 504 serak
1.2. Kerusakan pada power amplifier
Kerusakan ini mirip pada bab; bass pecah, transistor final rusak namun tidak hanya terjadi pada nada bassnya saja yang serak namun juga terjadi pada nada mid dan hight/trible. Memang paling banyak dialami oleh speaker aktif menggunakan tranistor final dengan seri 41c 42c. Kerusakan dipicu oleh faktor pengguanaan dan juga faktor umur komponen. Kerusakan pada transistor tip 41c 42c biasanya antara colektor dan emitor mengalami hubung singkat, hal ini mengakibatkan suara speaker aktif serak. untuk mengatasinya bisa mengganti dengan tipe yang sama maupun dengan daya yang lebih besar seperti halnya yang sudah saya jelaskan pada bab bass hilang diatas.

2.2. Sumber input
Ini biasanya dilakukan oleh sebagian orang yang belum mengetahui audio, bahwa input yang masuk pada pre-ampli speaker aktif berlebihan bisa mengakibatkan suara pecah atau serak, terutama jika sumber input berasal dari dvd. Sinyal output audio dvd sangat besar jika tidak dikecilkan. Maka ketika sinyal sampai di preampli speaker aktif, sinyal menjadi over. Akhirnya suara yang dihasilkan tidak jelas dan serak. ini juga berlaku pada topik bass pecah dan suara sember. di sebagian speaker aktif ada yang menggunakan resistor pembatas pada soket input misalnya 2k2,4k7, resistor ini berguna untuk sedikit menghambat input berlebih agar tidak over sampai di preampli tone kontrol.

Sebenarnya speaker aktif sudah dihitung secara matang dari pabriknya. Jika memodifikasi tidak berimbang maka juga akan percuma suara tidak akan berubah malahan cenderung menurun. Misalnya pada saat kita mengganti driver power amplifier dengan daya yang lebih tinggi, namun tidak memperhitungkan daya speaker maka speaker akan kalah. Suara bass akan tetap pecah bahkan speaker bisa jebol. Oleh sebab itu kita hanya perlu menambahkan pilihan. Menambah daya power suply agar tidak drop dan mengganti speaker jika ingin menambah daya.

Mungkin masih banyak lagi yang perlu dibahas, akan saya tulis di lain kesempatan. Demikian semoga bermanfaat!