Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV CRT Gambar blur/tidak fokus

Gejala awal tv mengalami gambar blur adalah saat pertama kali di hidupkan akan butuh beberapa menit layar menampilkan gambar normal. Dengan kata lain, gambar akan terlihat jelas ketika tv sudah panas. Kerusakan ini disebabkan karena sistem fokus pada televisi pada saat dihidupkan tersebut, belum bekerja atau mengalami kerusakan.

Kali ini akan saya shere mengenai kerusakan pada televisi CRT Layar blur sesuai dengan pengalaman yang pernah saya alami.

1. Pada tahap pertama ketika sudah membuka televisi hal yang meski dilakukan langsung menuju ke bagian soket CRT, kemudian bongkar soket CRT dari pin. Ketika sudah terlepas dari crt amati pin dan juga soketnya. Jika ada karat atau sejenis jamur tumbuh pada soket crt maka kemungkinan kerusakan terjadi pada soket dan juga konektor yang bermasalah karena pada dasarnya soket berjamur akan menimbulkan hambatan tegangan sehingga pada fokus tidak maksimal kerjanya.

soket CRT

2. Cek pada bagian kabel fokus. pada beberapa merek televisi mengalami korosi pada bagian kabel fokus. Kabel berkerak dan nampak rapuh sehingga kabel sudah tidak konek lagi. Yang mengherankan pada korosi kabel ini adalah tv tetap bisa fokus pada saat setelah panas. padahal kabel sudah jelas-jelas tidak menyambung.

3. Soket tidak ada masalah, kabel masih dalam keadaan baik namun gambar masih blur juga. cek adjustmen fokus pada flyback. Jika bisa berubah kemungkinan massalah hanya terjadi vr pada adjustmen fokus nilainya berubah. atau bisa jadi sudah tidak berfungsi lagi. jadi, jika rusak pada bagian vr fokus ya terpaksa harus menggqanti flaybacknya. Karena sangat tidak mungkin jika hanya mengganti vr fokus pada flyback.
baca juga: memperbaiki tv gambar gelap
Sebenarnya ada juga kerusakan gejala gambar tidak fokus dikarenakan oleh tabunhg crt yang telah rusak karena dimakan usia sehingga tidak bisa diperbaiki lagi. Tapi ini sangat jarang terjadi. Saya pernah mengalami pada tv polytron model lama mengalami gejala gambar blur ketiga langkah di atas sudah saya tempuh sempat juga mengganti flybacknya juga, namun tidak kunjung teratasi. Akhirnya saya menyimpulkan kerusakan pada tabung crt.

Kerusakan tv gambarnya blur juga disebabkan oleh tegangan video. Namun gejalanya sedikit berbeda, yaitu nampak gambar bercampur tidak ada garis tepi. Saya awalnya juga mengira bahwa ini kerusakan pada bagian fokus namun nyatanya malah tegangan 180v video mengalami drop terjadi kering pada elko pemfilternya ukuran 10 uf 250 v.

Untuk masalah warna silahkan pergi ke artikel :referensi cara memperbaiki 5 kerusakan pada warna

Dan yang terakhir adalah bergesernya cincin konvergen. Cincin ini terletak pada bagian belakang defleksi horizontal. Terbuat dari bahan farrit. Sangat sensitif mudah patah karena sering terkena panas tabung. Sehingga kemungkinan bisa berubah jika dibongkar. Akibatnya gambar menjadi pudar. Gejalanya agak sedikit berbeda. yaitu pada garis tepi gambar ada percampuran warna. Sehingga seperti tidak fokus. Namun ini jarang terjadi jika tidak mengungkit cincin tersebut. Gejalanya tidak begitu blur merata, hanya pada beberapa bagian saja. Misalnya pada bagian pinggir, garis tidak fokus dan bagian yang lain bisa fokus. Ini berbeda dengan gejala kerusakan fokus flyback.

Itulah cara menangani layar blur pada tv crt semoga bermanfaat ya!!!!!