Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV DIGITEC Layar Gelap Suara Normal

suara noramal namun layar gelap

Sebuah catatan kecil mudah-mudahan bermanfaat untuk anda sekalian yang mungkin sedang mencari penyebab kerusakan tv digitec ada suaranya namun gambar tidak ada alias gelap.

Pemilik tv digitec ini mengatakan gejala awalya tv kadang normal kadang tv gelap. Namun bisa bertahan selama beberapa hari setelah mengalami kerusakan ini. 

Terkadang tv bisa menyala jika ditabok. Tapi kali ini tv tidak berkutik, bertahan dengan rusak layar gelap suara normal. 

Awalnya saya mengira kerusakan ini disebabkan oleh bagian soket rgb berkarat atau bisa saja terjadi longgarnya solderan di area soket crt. Namun kenyataanya 

setelah tv dibuka, ternyata solderan masih bagus, soket juga tidak menunjukan adanya lambap dan berkarat tapi masih mengkilat. Lantas apa penyebabnya? 

kemudiam pengukuran saya lakukan kesana kemari namaun tidak menunjukan adanya gejala yang mencurigakan pada tegangan. tapi Saya baru sadar bahwa 

lampu filamen tidak menyala. Ketika dicek tegangan heater tidak ada sama sekali alias 0v..

Owalah ternyata ini penyebab tv ini layarnya gelap.

Heater pada tv digitec ini tidak menggunakan resistor pembatas. Kemungkinaan memang tegangan pada output kaki flyback tidak ada tegangan. Fikirku kali ini 

pasti mengganti flyback. Tv digitec ukuran 21 inc ini menggunakan flyback seri FCM-20B061N. Yang menjadi masalah sekarang adalah karena ini merupakan job panggilan jauh dari toko elektronik. sehingga saya sedikit berputar otak agar tidak mengganti flyback. Dengan mengganti flyback tentu kadang belum pasti berhasil dan biayaya oprasional yang mahal. 

Oleh karena itu saya berfikir untuk membuat tegangan sendiri untuk suplay heater dengan cara melilitkan kabel ke farrit flyback. Bisa menghasilkan 4 volt ac. 

Berikut ini gambar yang sempat saya abadikan cara membuat tegangan heater alternatif daripada mengganti flyback. 


Pada gambar diatas membuat tegangan heater menggunakan kabel yang dililit ke farrit berjumlah dua lilitan searah jarum jam darai ground. menghasilkan tegangan sekitar 4 volt ac.

Memang benar heater bisa menyala normal, namun sayang sekali karena tegangan vertikal juga bermasalah. dengan terpaksa saya harus membeli ke toko elektronik. ternyata seri fcm tidak tersedia di toko elektronik, setok lagi habis katanya.  akhirnya saya mengganti flyback seri  FCM-20B061N dengan seri JF0501-19577. 

Urutan kakinya yaitu
COL-B+GND-200V-NC-H-NC-ABL-(+12V)-(-12V)



TV DIGITEC bisa menyala normal setelah penggantian flyback.

Jika dilihat-lihat tv digitec dan polytron memiliki kesamaan mesin. sehingga masalah ini juga bisa diterapkan pada tv polytron yang belum slim alias masih CRT cembung. 

Cara Memperbaiki TV DIGITEC Layar Gelap Suara Normal Semoga bermanfaat!

Untuk lebih lanjut mengenai cara memperbaiki tv layar gelap bisa dilanjut ke artike;cara servis tv layar gelap