Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV Layar Bergambar Pelangi

Terlihat pada layar tv ada flek berwarna warni seperti warna pelangi. Namun ada juga layar mengalami warna berantakan di dalam area tertentu saja.

Sebenarnya permasalahan ini sangat mudah untuk diperbaiki tapi dengan catatan anda harus mengtehui bagian blog yang bekerja untuk menghandle sistem kerja. Kerusakan ini dipicu oleh fosfor dalam crt mengalami penarikan oleh magnet. Jika tv dalam keadaan normal maka pengaruh magnetisasi tabung akan dicegah oleh kerja blog dgausing.

ptc
letak komponen ptc
Sistem kerja dgausing adalah menetralkan tabung fosfor dari pengaruh magnet dengan cara melindungi saat pertama kali tv dihidupkan. Rangkaian degausing bekerja pada arus ac, sehingga letaknya sering berdekatan dengan input ac 220v. bekerja dengan lilitan dan ptc.

Komponen yang sering rusak pada tv yang mengalami gejala layar pelangi yaitu PTC. PTC ini bekerja untuk menghandle lilitan dgausing saat tv pertama kali dihidupkan. Jika ptc rusak maka sistem dgausing tidak dapat bekerja. Ada dua macam PTC yaitu PTC dengan 2 kaki dan 3 kaki. Tergantung sistem yang digunakan pada rangkaian dgausing masing masing televisi. Namun sebenarnya yang tiga kaki bisa menggunakan sistem kerja 2 kaki saja misalnya pada tv polytron.

Selain disebabkan karena kerusakan pada blog dgausing coil, ada penyebab lain dan gejala yang sedikit berbeda pula yaitu layar gelap layar bergambar pelangi. Ini akan berbeda jenis keruskanya.

Pada beberapa televisi yang sering saya temui dengan kerusakan gejala pelangi disertai layar gelap, ini diakibatkan oleh kerusakan yang terjadi pada blog vertikal yang tidak bekerja. Entah itu keruskan ic vertikal, maupun suplay ic yang bermasalah. Intinya ic vertikal tidak bekerja mengakibatkan gambar gelap pelangi.

Kerusakan ini sering terjadi pada tv merek polytron dan merek lainya terutama pada tv slim. Saya sering menemui kerusakan tegangan simetris dari output flyback -12 dan +12 drop atau tegangan tidak sampai di ic vertikal. Penyebabnya resistor 1 ohm, dioda penyearahnya, dan ic vertikalnya sendiri yang memang ternyata rusak. Pada awalnya memang gejala ini akan disertai protek, namun ada juga yang tidak diawali protek hanya langsung menyela gambar gelap pelangi.
baca juga:cara memperbaiki tv gambarnya gelap
Dan yang terakhir karena defleksi yoke. Pengaruh defleksi yoke terhadap fosfor sangat berkaitan erat. Ketika misalnya mengganti yoke baru belum tentu langsung bisa cocok. Jika tidak cocok akan nampak flek di berbagai titik layar. Hal ini karena posisi belum pas atau memang tidak cocok. Jika dilihat secara seksama dari bawaan tv asli terdapat beberapa kepingan kepingan kecil yang menempel pada defleksi yoke pada tv slim. Kemungkinan kepingan seperti magnet pasif tersebut bisa mengsingkornkan antara defleksi yoke dengan tabung CRT, sehingga tidak terjadi flek pada layar. Posisi defleksi yoke paling berpengaruh sekali pada keruskan layar pelangi. Jika memang pernah mengganti defleksi.

Pada bagian defleksi terdapat komponen magnet statis magnet konvergen jika posisi kurang pas juga dapat menyebabkan layar bewrgambar pelangi. jika komponen ini telah terusik lebih baik dicopot saja jika tidak mempengaruhi tampilan. Karena ada beberapa jenis tabung bila tidak menggunakan cincin magnet konvergen bisa bekerja meskipun garis tepi terdapat warna dobel.
Baca juga: Cara memperbaiki 5 kerusakan warna tv 
Dari beberapa penyebab di atas paling sering terjadi adalah gangguan pada layar pelangi disebabkan karena  pengaruh magnet sekitar tv. Jika demikian mungkin masih bisa diperbaiki dengan cara membuang Menggunakan magnet, dengan cara menarik ulur menggunakan magnet speaker. namun jika ini kembali lagi kemungkinan kerusakan pada sistem dgausaing terutama keruskan pada PTC.

Sudah segini dulu masalah keruskaan layar pelangi mungkin di lain waktu akan saya shere bberapa kerusakan derngan merek tv yang berbeda dengan kerusakan gejala sama. Semoga artikel kali ini bisa menjadi referensi untuk anda semunya!!!

www.onsolder.com