Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV LG slim Transistor Horizontal Jebol Terus

Cara Memperbaiki TV LG slim Transistor Horizontal Jebol Terus

Memperbaiki tv lg dengan keruskaan horizontal jebol terus, banyak resiko yang meski dihadapi. Penuh dengan pengorbanan dan terkadang akan mengalami kerugian. Oleh sebab itu perlu mensiasati pada saat memperbaiki tv dengan gejala tv lg horisotal jebol.

Ketika pertama kali menemui kerusakan tv lg dengan gejala tv mati standby lampu indikato redup. Hal pertama yang meski dicek adalah transistor horizontal. Copot terlebih dahulu kemudian baru mengukur tegangan yang lain terutama tegangan b+.

Tujuan pertama mencopot transistor yaitu, mencegah terjadinya kerusakanyang lebih parah. Misalnya hal paling berbahaya jika tegangan b+ melonjak dan nilai capasitor resonant berubah nilai, jika keduanya terjadi maka kemunkinan kerusakan tv akan semakin parah, bahkan bisa tidak bisa diperbaiki lagi. Misalnya tegangan flyback melonjak, capasitor tresonant berubah nilai maupun tegangna b+ yang naik, tabung bisa pecah. tapi biasanya horizontal jebol paling sering diakibatkan oleh capasitor resontan berubah nilai. Tabung retak jarang sekali terjadi. tapi menjadi salah satu resiko yang harus di waspadai.

Bagi yang belum tau, capasitor resontan pada tv LG slim, ini terletak di kaki colektor transistor horisontal {c6090} dengan ukuran nilai di body capasitor 183j 2kv (18n2kv) .Jika belum benar-benar paham tentang ini jangan sekali kali menggganti nilai capasitor tersebut dengan nilai yang berbeda. Karena dampaknnya akan sangat fatal. Pernah saya alami beberapa tahun yang lalu, menangani tv dengan gejala layar kurang lebar.

Niatnya akan melebarkan layar dengan cara mengganti nilai capasitor. Namun yang saya lakukan adalah mengganti capasitor resonant ini dengan yang lebih kecil. Akibatnya tv langsung mati total. Seharusnya yang diganti ketika melebarkan layar bukan capasitor resonant ini, namun capasItor yang lain.

C6090 inilah yang sering jebol terus jika ada kerusakan pada blog horizontal. Penyebab transistor horizontal pada tv lg jebol terus diantaranya :

Nilai capasitro berubah, tranasistor over heat, tegangan b+naik, dan kerusakan flybback short.
baca juga: cara cek transistor horizontal rusak paling mudah
Cara menangani jika sudah ketahuan kehilangan salah satu transistor horizontal yang menjadi korban, langkah selanjutnya jangan langsung menggati dengan yang baru. Cek beberapa penyebab yang telah saya sebutkan diatas. jika tidak yakin, boleh memasang transistor horizontal namun harus mnggunakan lampu bohlam berukuran 100watt yang di seri pada kaki kolektro transistro horizontal ke pcb, sehingga ketika ada short parah pada blog horizontal lampu akan menyala terang ini menandakan bahwa ada short pada blog tersebut.

Jika lampu menyala terang, kemungkinan short pada capasitor.
Karena harga flyback cenderung lebih mahal untuk memastikan kerusakanya perlu mencoba mengganti capasitor terlebih dahulu. Kemudian coba dinyalakan tv LG tersebut. Jika setelah penggantian capasitor tetap sama bohlam menyala terang bisa jadi kerusakan pada flyback tv.

Ow iya, ternyata defleksi yoke juga mengakibatkan transistro horizontal jebol apabila terjadi short pada lilitannya. sehingga nilai impedansisnya menurun. Maka ketika menemui kerusakan transistor horizontal jebol terus, defleksi yoke jangan sampai terlewatkan. Bahakan pengukuran impedansi, seharusnya dilakukan pertama kali ketika mengetahui transistor sudah mati.

Transistor cepat panas secara tidak wajar, kemungkinan kerusakan terjadi pada suplay driver horizontal. Sinyal arus yang tidak normal ke basis transistor, mengakibatkan over heating. Akhirnya transistor akan cepat jebol meski dengan waktu yang sedikit lama atau baru sebentar langsung mati. saya pernah mengalami hal serupa di tv lg pearl black. Penyebabnya yaitu elko 10uf 100v (c408) pada driver horizontal mengalami perubahan nilai, akibatnya sistem kerja pada driver upnormal, sehingga tr over heat. 

Kalau boleh nyaranin, pada saat memperbaiki kerusakan pada blog horiontal jangan terburu-buru. karena resikonya sangat tinggi dan jangan menghidupkan dan mematikan tv secara terus menerus. Karena resiko jika capasitro resonant short, dalam keadan transistor horizontal bekerja, kemungkinan leher tabung pecah bisa saja terjadi.

Bagian capasitor resonant, dengan nilai 183j 2000 volt, pada tv lg slim sama. misalnya pada tv lg pearl black dan sejeisnya.

baca juga:cara memperbaiki tv changhong transistor horizontal jebol teruss

Demikian semoga bermanfaat!!!!!