Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Langkah Cepat Memperbaiki TV POLYTRON Protek

Langkah Cepat Memperbaiki TV POLYTRON Protek

Gejala kerusakan protek/gagal start, saat tv dihidupkan hanya bisa start sebentar kemudian tv mati standby. Ini kerusakan yang sangat mudah ditebak penyakitnya yaitu terjadi kerusakan pada area vertikal blok. Karena pin protek tv polytron u slim terletak di blok vertikal biasanya melalui elko 1 uf 50 volt, kemudian juga disebebkan karena tegangan vertikal 78141 bermasalah.

Sebagian orang memaknai tv protek dengan gagal start, namun ada juga yang mengartikan gagal start ketika flyback tidak bekerja. Tentu hal tersebut memang dua hal yang berbeda, sehingga ketika anda memahami satu kerusakan meski ditelaah lagi.

Kali ini saya akan shere cara memperbaiki tv polytron slim protek itu artinya bahwa flyback sempat bisa start menyala namun hanya sebentar kemudian mati lagi dan inilah yang disebut protek. Ini berdasar dari saya sendiri mendefinisikan tv protek atau memang sebagian dari mereka ada juga yang mendefinisikan versi yang berbeda tentang tv protek.

Cara cepat memperbaiki tv Polytron u-slim protek

Langkah cepat ini tercipta dari kebiasan memperbaiki tv jenis polytron u-slim dengan kerusakan yang disitu-situ saja. sehingga dapat disimpulkan secara mudah apabila telah memiliki jam terbang tinggi. Berikut langkah cepatnya dengan cara menggunakan insting kebiasaan dan bukan berarti memperbaiki perangkat elektronik terburu buru, karena hasilnya bisa tambah para jika kurang teliti.

Sebelum membuka tv ada baiknya identifikasi agar penanganan lebih cepat. Caranya dengan menandai tampilan tv ketika menyala sebentar. Ada dua jenis tampilan ketika tv dinyalakan yaitu TV menyala layar penuh kemudian mati standby dan tv hanya menyala sebentar menampilakan layar satu garis horizontal. Jika masih sempat melihat tampilan layar berarti ini memudahkan saat mengecekan.

Jika tampilan layar penuh biasanya disebabkan karena elko c 402 1 uf 50v dalam keadaan kering sehingga tv terprotek.

Sedangkan apabila terlihat satu garis horizontal atau layar menyempit, bisa diakibatkan oleh elko pump up 100 uf 35v, atau bisa juga hanya di sebabkan karena solderan kaki ic vertikal dalam keadaan longgar.

Itu adalah permasalahan biasa terjadi dan banyak terjadi di tv polytron. Namun kadang kerusakan tidak hanya pada ranah tersebut, bisa juga disebabkan karena tegangan dan ic vertikal yang mengalami kerusakan. Dengan seringnya melihat kenyataan tersebut ketika kita menjadi tukang servis tv maka harus menyetok elko 1uf50v ,ic vertika 78141, elko 470uf35v,

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai kasus tv polytron protek.

 BACA JUGA: memperbaiki tv polytron layar membuka separuh keatas

Langkah memperbaiki tv polytron protek

1. Bersihkan pcb dari kotoran sambil melihat keadaan sparpart di area vertikal.

2. Lihatlah bagian kaki ic vertikal. Karena pada beberapa kejadian solderan kaki vertikal dalam keadaan retak-retak. Soldering ulang pada kaki ic vertikal karena meskipun tidak terlihat retak bisa jadi timah dalam keadaan mentah sehingga dapat mengakibatkan arus tidak masuk ke ic dengan baik.

3. Ketika sudah melakukan soldering ulang sekarang coba runing test.

3. Jika masih dalam keadaan protek, ganti spartpart elko 1 uf 50v yang ada di area ic vertikal. bisa diganti dengan elko 4,7 uf 50v, 10 uf50v,3,3uf50v. Di skema elco ini ditulis C402 pada board polytron uslim.
Cara memperbaiki tv polytron protek
Cara memperbaiki tv polytron protek

4. Belum baik juga. ukur tegangaqn 12 v dan -12 volt untuk suplay ic vertikal. jika salah satu dalam keadann drop silahkan ganti elko 470uf 35v. kemungkiann dropnya suplay ic vertikal mengakibatkan tv protek. Tegangan 12 v tersebut apabila bermasalah maka biasanya akan mengakibatkan tv polytron memilki gejala kerusakan tv layar gelap nampak pelangi. Ketika menemui kerusakan tv protek tidak ada kedipan layar bisa jadi kerusakan terjadi pada tegangan suplay 12v negatif maupun 12 positif.

5. Jika suplay 12v terukur 0 volt bisa jadi kemungkinan kerusakan pada ic vertikal short/mati. Cara menangani ketika menemui tegangan drop silahkan lepaskan beban tegangan dengan cara memotong jalur yang menuju ic vertikal. kemudian dicek lagi. Maka akan terlihat kerusakan dari mana kerusakanya apakah dari ic yang mati atau tegangaya yang memang drop. Jika dilepas beban tegangan normal maka kemungkinan besar ic vertikal short. Namun yang terjadi masih 0 volt, berarti kerusakan dari supaly flyback. Cek pada dioda dan resistor yang biasanya digunakan.

6. Penyebab protek pada polytron di kaitkan dengan ic vertikal karena sistem ic vertikal di suplay dari flyback, jika ada kerusakan pada bagian tegangan tinggi flyback maka area vertikal menjadi titik protek tv polytron sehingg tidak terjadi kerusakan atau kebakaran pada koponen jika terjadi lonjakan tegangan tinggi.

Itu yang sering saya lakukan. Semoga memberikan refrensi untuk anda, saat memperbaiki tv polytron u slim protek. Kurang lebihnya bisa dipostkan di kolom komentar atau lanjut membaca artikel tentang masalah polytron protek >>>>>>>>>