Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Referensi Memperbaiki 5 Jenis Kerusakan pada Warna TV CRT

Kerusakan warna layar perangkat tv crt, disebabkan karena gangguan tiga warna primer yaitu RGB (merah, hijau dan biru). Biasanya rusak pada salah satu atau ketiganya, sehingga terjadi gangguan warna berantakan bahkan warna hilang. 

Misalnya warna G/hijau hilang, berakibat gambar akan berwarna biru dan merah bercampur menjadi ungu. Jika B/biru hilang, maka warna akan hijau dan merah. Begitu seterusnya. Pengamatan sangat dibutuhkan agar kita dapat mengetahui warna apa yang bermasalah.

Perlu anda ketahui bahwa, ketika warna merah hilang, layar masih bisa memancarkan warna putih, namun jika warna biru yang hilang maka warna putih akan hilang cenderung didominasi oleh warna merah dan ketika warna hijau hilang warna cenderung berwarna biru kegelapan atau ungu. Warna primer red, green, blue, sangat berkaitan erat untuk membentuk sebuah warna yang utuh dari sinyal pancaran sumber sinyal. Jika salah satu warna primer hilang maka warna asli dari sinyal yang dipancarkan oleh pemancar tv akan berubah tampilan ketika di layar crt. 

Oleh karena itu saat setting warna atau memastikan warna yang bermasalah pastikan menggunakan chanel yang mungkin anda kenal. Misalnya berita di tv one pada bagian samping menggunakan logo warna merah atau menggunakan channel yang lain semisal anda hafal dengan warnanya atau menggunakan channel yang sedang kosong seperti ini contohnya:

Jika warna malah dominan salah satu warna saja maka yang meski diperbaiki adalah yang dominan tersebut. karena ada dua macam kerusakan ada warna dominan salah satu dan warna hilang diantara ketiganya. Berikut ini akan saya tuliskan beberapa kerusakan pada warna tv crt. Penyebab dan cara memperbaikinya. 
Baca juga: cara memperbaiki tv yang layarnya gelap
1. Salah satu warna RGB hilang

Kerusakan TV CRT dengan gejala salah satu warna hilang disebabkan oleh salah satu sinyal warna tidak sampai di katoda. Misalnya sebelum sampai ke katoda komponen ada yang hubung singkat atau tegangan drop maka warna akan hilang. Komponen yang paling sering rusak yaitu pada bagian blog RGB letaknya tepat menempel di soket crt. Blog ini mudah rusak karena bekerja sangat panas, Sehingga solderan tidak bagus akan mudah kendor, akibatnyna tv sering mengalami salah satu warna hilang. 

Dalam kehidupan sehari-hari kadang kita sering menemui sebuah tv tabok. jika tidak di tabok/pukul, waran akan hilang, kemudian jika dipukul maka warna baru bisa normal kembali. Kemungkinan penyebabnya adalah terjadi retak pada solderan kaki komponen penguatan warna. Terutama pada area transistor RGB.

Selain dari solderan terkadang tv hilang warna juga bisa disebabka oleh matinya salah satu transistor penguat warna. Hal ini ditentukan ketika telah memastikan solderan dalam keadaan baik. Kemudian baru cek transistor RGB. 

Jika mendapati tabung crt dalam keadaan lembab maka wajib curiga juga pada area soket crt. Biasanya soket crt berjamur atau berkarat ketika berada di lingkungan yang lembap. Sehingga antara soket dan konektor katoda menjadi terhambat, akibatnya tegangan warna tidak sampai di konektor katoda.  


Referensi Memperbaiki  5 Jenis Kerusakan pada Warna TV CRT

2. Salah satu warna dominan 

Pada kerusakan ini, komponen paling sering rusak terdapat pada transistor penguat warna di pcb blog RGB . terutama pada saat transistor short. warna dominan pada salah satu warna juga disebabkan oleh hilangnya salah satu warna, misalnya warna merah hilang maka akan didominasi oleh biru meskipun hijau masih ada namun akan kalah dengan biru. Tapi kembali lagi pada adjustmen yang digunakan. 

3. Warna salah satu dominan disertai garis buku 

Ini terjadi diakibatkan seperti pada topik 2, yaitu shortnya transistor. Namun yang lebih parahnya lagi, pada gejala warna dominan garis buku, itu akibat kerusakan tabung gambar. Misalnya salah satu katoda berhubung singkat dengan katoda screen, sehingga warna akan dominan disertai garis blangking. Kerusakan ini kebanyakan dialami oleh tv yang sudah berumur, sehingga pada katoda tumbuh kerak yang bisa menjadi konduktor ke katoda lainnya. jika diukur menggunakan Ohm meter akan terlihat hambatan antara screen dan katoda yang memiliki kerak tersebut. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan sistem tembak tabung, yaitu menggugurkan kerak yang terhubung dengan sceen dengan cara di tembak menggunakan tegangan tinggi. 

Baca juga : Cara memperbaiki tv polytron layar membuka separuh keatas

4. Warna hilang semua 

Tv dengan gejala warna hilang semua biasanya disebabkan dari sumber sinyal warna diproduksi, yaitu dari ic croma. Saat ini, televisi rata-rata sudah menggunakan satu ic untuk mengolah gambar suara sekaligus warna, sehingga ini akan lebih mudah dan simple. Untuk mengatasi kerusakan tidak ada warna pada televisi, coba cek kaki output  rgb, biasanya memiliki masing masing tegangan tergantung warna apa yang sedang disalurkan ke rangkaian rgb. Jika output pada ic croma tidak ada sama sekali kemungkinan kerusakan terjadi pada ic croma. Sehingga perlu menggantinya. Karena harga ic croma cenderung mahal, sebelum menggantinya lebih baik cek tegangan suplay pada ic croma dan komponen pendukungnya. Terutama mencoba mengganti capasitor cristal yang biasanya terdapat pada rangkaian kaki ic croma. 



5. Warna pecah 

Warna pecah bisa disebabkan oleh tegangan video 180v drop, kabel fokus berjamur, soket crt berkarat. Tegangan 180v DC biasanya dipengaruhi oleh kerusakan pada suplay yang berasal dari flyback yang diakibatkan oleh tegangan suplay input flyback B+115VOLT drop sehingga output 180V juga drop, atau hanya disebabkan elko ukuran 10uf 250 volt pada jalur tegangan 180v nya yang kering. Selain itu terkadang disebabkan karena terjadi hubung singkat pada komponen aktif yaitu transistor penguat rgb, sehingga tegangan benar-benar drop akibatnya warna menjadi pecah meluber kemana-mana atau bercampur. 

Tegangan 180 VDC untuk suplay warna pada masing masing tv biasanya memiliki tegangan normal yang berbeda. Jika saya ukur pada televisi rakitan china tegangan normal tidak sampai 180 v hanya saja tidak kurang dari 140v Jika elko pemfilter 10uf 250v kering maka tegangan hanya akan menunjukan Antara 100v sampai 115 volt. tegangan 180v asli biasanya dimiliki oleh tabung jenis slim bahkan mencapai 200volt. Sedangkan ketika tegangan normal telah melewati resistor pembatas 15KOhm-2Watt biasanya akan terukur antara 115 sampi 130 volt. tegangan ini akan berubah seiring dengan warna apa yang sedang mendominasi layar. Misalnya warna biru sedang mendominasi tampilan, maka tegangan akan lebih rendah daripada penyuplay warna yang sedang netral.  

Kelima masalah diatas merupakan kerusakan umum pada sistem warna tv crt, Kemudian ada salah satu yang paling sepele namun cukup membingungkan disaat mencari penyebab kerusakan pada warna adalah kabel putus pada penghubung pcb RGB dengan main board utama. Maka kabel tersebut perlu dicek terutama jika kabel dalam keadaan digulung dan di ikat. karena sering terkena panas kabel bisa saja rapuh.

Baca juga: Cara memperbaiki tv layar satu garis horizontal

Kerusakan warna paling sering terjadi pada tv china, karena kualitas solderan dan komponen rendah dengan kerja panas makan kemungkinan besar akan mudah berubah seiring digunakan setiap hari. Pada beberapa merek tv ternama lebih sedikit dibandingkan tv china karena sistem kerjanya sedikit lebih dingin terlebih kualitas komponen dan solderan timahnya berkualitas. 

Itu semua hanya referensi saja, karena ini menurut pengalaman pribadi penulis. Jika mungkin ada salah mengenai artikel cara memperbaiki kerusakan warna tv crt silahkan dipostkan di kolom komentar.