Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki tv tidak Menampilkan gambar dan suara

Yang perlu diperhatikan sebelum anda memperbaiki lebih lanjut, sekarang anda lihat mengenai  gejala kerusakan pada tv yang tidak menampilkan gambar dan suara.

Ada banyak faktor dan gejala yang ditimbulkan dan perlu pemahaman agar tidak salah langkah dalam memperbaiki tv hidup tidak ada gambar dan Suara.

Kerusakan ini sering dialami oleh user tv menggunakan sistem input AV atupun HDMI pada tv lcd .
Ada dua jenis kerusakan yang harus dipahami yaitu kerusakan pada mesin dan keruskan pada program instalasi.

Kerusakan mesin biasanya ditandai tv bisa menyala, namun tidak ada OSD/layar warna biru. Sedangkan kesalahan instalasi biasanya menampilkan OSD/tampil warna biru, namun input video tidak dapat masuk. 

Penyebab kerusakan tv tidak Menampilkan gambar dan suara

Cara Memperbaiki tv tidak Menampilkan gambar dan suara

1.  Kesalahan program

Kesalahan program pada televisi bisa mengakibatkan tv tidak ada gambar dan suara. Semisal anda menyetel DVD namun masih belum masuk pada mode Av. Jelas saja tidak ada gambar, karena belum masuk pada mode masukan. Maka lihat lebih teliti lagi, apakah sudah benar pada mode Av.

Benar sudah pada mode Av namun belum juga menampilkan gambar. Nah, berikutnya cek apakah kabel rca sudah benar atau belum. Jangan-jangan anda salah dalam mencolokkan Jack rca. kuning input video, merah dan putih sebagai input audio.  Baca juga: cara memperbaiki tv tidak ada suara

Seharusnya sudah di mode Av in. Jangan sampai salah menghubungkan pada mode Av out Karena bisa merusak perangkat masukan misalnya DVD akan rusak.

Bagi yang menggunakan HDMI,  cek pada program menu input source atau masukan biasanya tersedia mode rca kemudian pilih mode masukan HDMI.

Para pengguna receiver mp4 sebelum menggunakan kabel hdmi lebih baik gunakan rca terlebih dahulu untuk memindahkan output source dari mode rca ke hdmi di receiver. baru setelah di program beralih ke hdmi kemudian di tv pengaturan input source pindah ke hdmi..

2.  Kerusakan pada mesin tv

Pada kerusakan tv tidak ada gambar dan suara ini tentu jika anda bukan ahlinya jangan membuka chasis tv karena sangat berbahaya untuk keselamatan anda.

Memperbaiki tv hidup tapi tidak menampilkan gambar dan suara cara ini hanya pertolongan pertama ketika anda bingung mana yang harus di benahi. Untuk teknis jangan pernah membuka jika belum kenal dengan komponen elektronika. Berbahaya! atau anda ingin belajar tidak ada salahnya untuk mencoba

Artikel terkait: Panduan Dasar memperbaiki tv CRT untuk pemula

Ada banyak kemungkinan kemungkinan kerusakan dengan gejala semacam ini. anda harus mengetahui secara spesifik apakah tv dalam keadaan menyala atau memang mati standby. apabila tv dalam keadaan menyala berarti permasalahan terdapat pada program maupun ic croma.

Ada macam macam gejala tidak ada gambar dan suara.

1. TV menyala tidak ada gambar suara masih ada

Kemungkinan kerusakan pada heater, abl dan scren yang berasal dari flyback. Salah satu contoh ketika menemui tv cina tv dalam keadaan menyala namun gambar tidak ada, ternyata tegangan b+115v pada out sekunder regulator drop sehinga kinerja dari flyback tiak bisa maksimal.

2. TV ada suara hanya menampilkan garis vertikal saja atau horizontal saja

Kerusakan pada bagian blog vertikal dan horizonrtal biasanya akan ditandai dengan ada garis putih di tengah layar secara vertikal dan horizontal untuk lebih lanjut silahkan baca di artikel

3. Mode av tidak ada

Pada tv merek polytron ini sering terjadi yaitu mode av tidak ditemukan meskipun sudah di program menggunakan remot dalam mode sourece. tidak menemukan program av. akibatnya tidak ada gambar  namun terkadang ada suara.

Kerusakan ini di sebabakan oleh ic memori mengalmi korup data sehingga perlu di flass ulang.

4. tv tidak menampilkan gambar kemudian beberapa saat langsung kembali ke mode standby. (Protek)

Apabila tv tidak menampilkan gambar dan suara bisanya akan mengalami protek terutama pada tv tv yang di bekali oleh fitur sistem protek. ada beberapa merek tv crt yang sudah dibekali oelh sistem protek yaitu tv polytron, sharp dan LG.

Kebanyakan kerusakan tidak ada gambar ada suara disebabkan oleh blok horizontal mengalmi masalah sehingga pada sistem kerja flyback tidak dapat menyuplay tabung gambar mulai dari tegnagna video 180v, tengan heater3 v ac, tegangan tinggi 20000kv, tegangan vokus,tegangan kontroler contras. oleh sebab itu di blog ini menjadi penyebab utama ketika menemui tv ada suara namun gambar gelap.

Mengenai hal hal yang perlu diperbaiki anda bisa mencari refrensi seperti apa yang telah dijelaskan diatas di artikel blog ini maupun di pencarian google denegan menggunakan kata kunci yang lebih spesifik, misalnya gambar gelap meskipun screen sudah maksimal, layar gelap hanya ada suara, tegangan  normal namun gambar gelap. dan masih banyak lagi yang pasti anda harus sambil praktek ketika ada pertanyaan tanyakan ke ahli maupun ke google.www.onsolder.com 

Demikian semoga bermanfaat.