Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Tv Rusak Warnanya

Cara memperbaiki tv rusak warnanya - Tv dengan gejala warnanya berubah misalnya dominan hijau, merah atau bisa juga biru , biasanya sering dialami oleh tv CRT dengan berbagai merek. Dan paling sering terjadi pada tv yang sudah usang. Orang awam menganggap permasalahan tv rusak warnanya diakibatkan tabung gambar rusak. Iya memang benar demikian , tapi belum tentu.

Cara Memperbaiki Tv Rusak Warnanya

Ada perbedaan antara rusak tabung dan tidak. Semua harus melalui mekanisme pengukuran tegangan dan komponen.

Dari pengalaman saya sendiri, banyak user sudah putus asa ketika mendapati televisi rusak warnanya. Mereka bilang itu tabung gambar bermasalah. Kemudian setelah saya cek ternyata bukan tabung gambar melainkan komponen lainnya.

Lantas apa sajakah komponen tersebut? Berikut ini merupakan rangkuman hasil kerja memperbaiki tv rusak warnanya.

1.  Soket CRT
Seperti halnya saya pernah menyampaikan dalam artikel lain ini masih sama saja komponen yang bermasalah yaitu soket CRT. Selain menyebabkan gambar menjadi tidak fokus soket CRT dapat mengakibatkan warna rusak. Misalnya warna menjadi dominan salah satu atau hilangnya salah satu warna. Tanda kerusakan di soket CRT dilihat secara fisik akan terlihat jamur yang menempel pada bagian pinggang dan soket berwarna biru maupun hitam karat. Jika menemui ciri ciri tersebut langsung bersihkan masing masing pin. Kemudian soket langsung ganti baru.

2.  Solderan
Pada bagian blok RGB terkontaminasi panas berlebih dari tabung maupun kerja pada arus besar sehingga keretakan solderan sangat rentan retak. Hal ini biasanya terjadi pada mesin tv China maupun tv yang telah usang. Bahkan tv model baru pun bisa mengalami hal ini jika kualitas sodoran terlalu buruk.

3.  Transistor penguat warna
Atau sering disebut transistor RGB. Ada salah satu gejala yang sering masuk kedalam kategori salah paham. Yaitu layar tv dengan tanda warna banking berwarna biru,merah maupun hijau, rusak tabungnya. Namun jangan buru buru memvonis kerusakan pada CRT.  bisa jadi ini hanya masalah transistor RGB tersebut biasanya short pada bagian warna yang dominan tersebut.

4.  Tegangan 180v
Tanda tv rusak warnanya di akibatkan oleh tegangan video 180v adalah warna memudar dan sedikit kontras gelap. Gambar seperti tidak jelas. Ini biasanya disebabkan oleh elko 10 uf 250 volt kering. Selain itu ada lagi yaitu molornya salah satu resistor pembatas tegangan dari 189 volt biasanya berukuran antara 10 Kohm - 15 kilo ohm. Tergantung merek tv.

Elko dengan kondisi masih bagus akan masih menyimpan tegangan tinggi. Oleh sebab itu meskipun tv dalam keadaan mati anda harus mengeceknya apakah masih ada tegangan atau tidak ada anda tidak tersengat arus yang masih tersimpan. Cara menghilangkan tegangan tersebut dengan mengshortkan kutub positif dan negatifnya.

5.  IC jungle rusak
Hal ini jarang terjadi pada merek tv sekarang. Malahan yang sering rusak adalah komponen pendukungnya

Untuk lebih lanjut mengenai cara memperbaiki tv rusak warnanya silahkan pergi ke link berikut :
refrensi memperbaiki tv kerusakan warna.