Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Blok Verikal pada Tv CRT

ONSOLDER.COM - Blog vertikal pada televisi crt berfungsi untuk membuka layar ke atas dan kebawah. Blog vertikal bekerjasama dengan blok vertikal yoke. yaitu menyuplay lilitan yoke bagian vertikal.

Jika anda ingin mengerti letak blok vertikal bisa melacak keberadaan blog vertikal dari kabel yoke bagian vertikal, kemudian diurutkan ke bagian out ic vetikal.

Blok ic vertikal ditandai dengan ic vertikal biasanya menempel di pendingin seperti ic audio. Sehingga jangan sampai salah membedakan, antara ic ampli dan ic vertikal.

Berikut contoh blok vertikal yang ada dalam rangkaian tv polyron.

blog ic vertikal  po;ytron u slim 
Komponen yang digunakan pada blok vertikal yaitu komponen utamanya berupa ic vertikal, paling banyak menggunakan la 78040, 78041, terutama pada mesin tv china  tv polytron dan LG. komponen pendukung IC vertikal berupa dioda, elko dan resistor, semuanya berkaitan, sehingga ketika komponen pendukungnya maupun ic bermasalah, tidak bisa bekerja dengan gejala tv satu garis horizontal.

Supplay pada blok vertikal biasanya sekitar 27 volt berasal dari power suplay maupun dari flyback. Pada tv polytron uslim  menggunakan 12 volt simetris sehingga tegangan yang didapat ketika di ukur dari positif dan negative (bukan ground) akan didapati sekita 24-27 volt. Tergantung kondisi flyback

Nah ini yang perlu anda pahami ketika suatu saat memperbaiki tv, ketika gejala layar satu garis horizontal mendatar, yang bermasalah adalah bagian blok vertikal. bukan blok horizontal yang ditelusuri. Ini sering membuat para pemula bingung mengenai gejala kerusakan yang dipakai istilah yang ada di internet. misalnya pada gejala satu garis horizontal, malah horizontal nya yang dicek. yang benar blog ic vertikal yang pertama dicek.

baca juga:cara memperbaiki tv crt  satu garis horizontal