Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Blok Power Suplay TV CRT

Power suplay dalam tv crt sangat penting dipelajari dalam belajar memperbaiki televisi . Karena kebanyakan kasus, kerusakan tv berasal dari power suplay.

Power suplay di tv crt tidak beda jauh dengan perangkat lainnya yaitu merubah arus bolak balik AC, menjadi arus dua arah DC dan membaginya ke beberapa tegangan untuk menyuplay pada masing masing blok sistem kerja pada tv CRT.

Orang sering menyebut dengan beberapa istilah yang ada DI INTERNNET yaitu , regulator, power suplay ,smps, dan switching. Memang berbeda istilah namun pada dasarnya sama yaitu bagian power suplay tinggal kita memahaminya pada bagian primer maupun sekunder.

Terdapat dua bagian yang meski dipahami dalam memperbaiki tv crt yaitu mengenal bagian power suplay primer dan power supply sekunder. Keduanya berkaitan yaitu primer sebagai tegangan masukan atau meproses. sedangkan sekunder berfungsi sebagai output yang dihasilkan blog primer.

Mengenal power Suplay TV CRT

Sistem kerja pada primer yaitu menyearahkan tegangan ac menjadi dc, kemudian merubahnya lagi menjadi ac yang lebih kecil pada sekunder kemudian disearahkan olah dioda sekunder menjadi arus dc.

Umumnya tegangan yang dihasilkan oleh power suplay tv crt yaitu 14 volt, 27 volt, 115volt, 12 volt, (tegangan tv china) untuk disalurkan ke berbagai arah, yaitu 115 volt ke bagian flyback/horizontal, 27 volt ke ic vertikal, 12 volt ke bagian audio, dan 12 volt lagi ke bagian sistem ic yang kemudian dirubah menjadi 5 volt setelah smap-i di ic jungle.

Tegangan sistem kerja pada tv crt tidak serta merta semua tegangan bersumber dari power suplay ada beberapa tegangan berasal dari output flyback, sebagai contoh, pada tv polytron , yang mana tegangan ic vertikel berasal dari kaki flyback. Kemudian pada tegangan heater juga bersal dari flyback, tegangan video, tegangan scren, tegangan fokus, nah sangat komplejk di flyback ini, mungkin anda lebih memahami lagi dan mendalami pada bagian flyback.

Letak dari power suplay ini bisa di tunjukan pada gambar berikut ini:

Mengenal Power Suplay TV CRT
blok power supply tv LG Pearl Black

Berbicara mengenai kerusakan yang ditimbulkan mungkin anda akan lebih berfikir karena suplay berasal dari power suplay jikalau power suplay tidak bekerja kemungkinan tv akan mati. Tapi yang meski anda berfikir lagi kematian tv tidak serta merta berasal dari power suplay, biasanya bisa berasal dari bagian lainnya. Untuk mengetahui semua itu perlu pengukuran tegangan output, maupun input.

 baca juga: cara memeperbaiki tv mati total

Setelah anda mengenal bagian blognya nanti anda bisa mempelajari bagaimana teknik memperbaikinya. Dengan catatan anda telah mengenal komponen komponen dalam elektronika dasar.  Karena mengenali komponen dan simbol dalam rangkaian anda akan bisa memahami dan mencocokan di sekematik dan rangkaian aslinya. untuk memperbaiki agar lebih bisa memahami mencari sekema terlebih dahulu kemudian menelusuri kerusakan. kecuali anda memang sudah hafal dalam memperbaiki power suplay tertentu. kaena pada masing masing merek tv berbeda.

Saat memperbaiki tv mati total hendaknya berhati hati karena elko 400 volt yang ada di blog power suplay apabila ic ataupun trnasistor utama tidak bekerja biasanya masih menyimpan muatan. oleh sebab itu anda harus mengeceknya telebih dahulu menggunakan mulit tester dc 1000v . Jika masih menyimpan ada harus dibuang terlebih dahulu agar tidak membahayakan anda saat megecek atau pun mencopot komponen.

Sekian dulu di topi k kali ini semoga sedikit menggambarkan dimana letak power suiplay dan bagiamana sistem bekerja. Mungkin  akan kami sambung di lain kesempatan atu di artikel lainya mengeai power suplay. anda bsa melihat lebih jauh mengenai power suplay tv pada memperbaiki tv mati total.

Lanjut ke bagian blok amplifier(audio) pada tv crt beserta ciri-ciri dalam rangkian tv crt