Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Panduan Belajar Memperbaiki TV CRT untuk Pemula

Belajar memperbaiki tv 
Panduan Belajar memperbaiki tv CRT untuk pemula - Salah satu peluang usaha paling jarang dilirik orang adalah dibidang jasa perbaikan tv. Karena pada bidang jasa ini, harus menguasai berbagai pembelajaran teknik elektronik. Sehingga kebanyakan orang jarang meminati karena katanya rumit. Namun sebenarnya sangat mudah asal tau dasarnya!

Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana cara memperbaiki tv crt bagi yang masih pemula atau yang baru ingin belajar cara memperbaiki televisi, sehingga setelah membaca artikel ini anda bisa mendapat gambaran mengenai reparasi televisi yang sebenarnya.

Yang saya tekankan pertama adalah mindset yang meski anda tanamkan saat pertama ingin belajar, jangan mengatakan sulit terlebih dahulu ketika anda sedang memulai untuk mempelajari sesuatu karena apapun bentuknya pasti bisa asalkan mau ada ikhtiar.

Memperbaiki tv tanpa mengetahui dasar dan hanya coba coba itu sangat berbahaya. Karena di dalam sebuah pesawat televisi terdapat kerja tegangan tinggi yang meski di ketahui. Maka dari itu, pentingnya memahami dasar dalam memperbaiki tv sangat dianjurkan sebelum anda benar benar membuka chasis perangkat tv. Keselamatan kerja hal pertama yang meski di Perhatikan.

Berikut ini merupakan beberapa tahapan yang harus anda tempuh dalam belajar memperbaiki tv.
Baca juga: cara mudah cara belajar memperbaiki tv crt

1. Niat

Niat sangat penting dalam belajar memperbaiki televisi. Maksudnya disini adalah tujuan. Ada beberapa orang ingin belajar memperbaiki televisi, hanya ingin tahu saja bagaimana memperbaiki tv. atau tujuanya yaitu memanfaatkan peluang usaha di bidang jasa servis elektronik. Nah dari kedua tujuan tersebut, pasti niatnya untuk usaha pasti mempelajari dengan serius terlebih di bidang servis sekarang ini masing berpeluang besar.

2. Mempelajari teknik dasar elektronik

Tanpa peta, anda akan tersesat dalam melakukan perjalanan. seperti halnya dalam ilmu teknik. Tanpa mengenal dasar dalam elektronik nantinya akan sangat lama dalam memahami berbagai kerusakan dalam televisi.

Misanya saat anda memperbaiki sebuah tv dengan kerusakan mati total. Dari beberapa refrensi anda mendapati sebuah komponen yang rusak namanya elko. Mana elko tersebut? ketika anda blum tahu maka akan percuma meskipun tahu penyebabnya. Terlebih dalam elektronika saat pemasangan salah pun, bisa berakibat fatal.

Oleh sebab itu, wajib hukumnya jika ingin belajar memperbaiki tv yaitu memahami atau belajar elektronika dasar.

Berikut hal yang meski di pahami bagi yang masih pemula:
  1. Mengenal komponen elektronik.
  2. Mempelajari penggunaan alat ukur multitester, capasitor meter, dan alat ukur komponen dan tegangan lainya
  3. Mepelajari teknik soldering dan desoldering
  4. Memahami simbol komponen dalam sekematik
Dengan menguasai hal tersebut, anda telah memiliki bekal untuk memperbaiki televisi.

3. Sekarang kita menginjak ke bagian televisi

Seperti dalam kursus formal, dalam memahami kerusakan televisi anda harus mengenal pada sistem kerja pada tv crt. Selanjutnya mempelajari bagian bagian blog tv. Jika anda mengerti sistem kerjanya bukan hal mustahil ketika menemui keruskan langsung tahu dari mana permasalahanya.

Sebelum anda benar-benar membuka chasis tv ada baiknya perhatikan tegangan tinggi berbahaya pada tv crt agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan

Sebagai contoh:

Kerusakan dengan gejala tv rusak mati total

Sistem kerja dari televisi, semua tegangan berasal dari power suplay smps blog.

Hal paling parah, anda tidak mengetahui sistem tesebut kemungkinan anda akan mengotak atik bagian lainya. Tentu ini hanya akan membuang waktu dan bisa bisa permasalahan malah tambah parah.

Nah pada tahap memahami sytem, kemudian blog bagian televisi. ada beberapa blog diagram pada sistem televisi yang bekerja dengan dengan sistem pada masing masing blog. namun semuanya berkaitan erat untuk mendukung kerja pada mesin televisi.

Berikut ini merupakan blog bagian televisi warna yang umum digunakan tv di jaman sekarang. ini akan sangat berbeda dengan yang diajarkan pada kursus-kursus teknik yang masih menggunakan materi tv hitam ,putih atau jenis tv warna jaman dahulu. Sehingga untuk sekarang sudah tidak worted lagi.

3. Bagian-bagian blog televisi 


baca juga : cara memperbaiki tv crt rusak warnanya
Blog blog tersebut anda harus paham dulu letak dan jenis komponen yang sering digunakan. Dengan mengenal hal tersebut, ketika membuka televisi meskipun berbeda merek pasti anda akan mengenali bagian bagian blog tersebut. tidak bingung lagi dalam memahami blog mana yang harus di oprek.

Disini saya tidak akan mengajarkan lebih jauh lagi mengenai cara memperbaiki televisi. disini saya hanya menggambarkan mindset dasar dalam belajar memperbaiki tv terutama bagi pemula yang ingin mempelajari lebih jauh lagi meperbaiki tv.  Untuk mempelajari lebih lanjut silahkan ikuti onsolder.com karena di saat ada kesempatan dari beberpa admin akan menulis pengalaman pengalaman, memperbaiki perangkat elektronik terutama tv .

lanjut ke : cara mudah belajar memperbaiki tv agar cepat bisa

Untuk lebih detailnya anda bisa menggali lebih jauh di blog ini. atau klik link yang telah saya buat sudah menuju dari masing masing kisi kisi yang harus di pelajarai dalam meperbaiki tv crt.

Demikian selamat semoga anda cepat memahami dan langsung terjun ke ranah usaha di bidang jasa servis tv. semoga bermanfaat ya!!!!!