Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tegangan Tinggi Mesin TV CRT yang Perlu Dipahami Untuk Pemula

Dalam melakukan sebuah pekerjaan pasti ada resiko yang harus dihadapi, oleh sebab itu ada baiknya apabila resiko tersebut kita ketahui kemudian bisa meminimalisir semua kemungkinan yang terjadi dengan cara mengetahui apa yang menjadi sebuah resiko dalam suatu pekerjaan. Terutama yang berhubungan dengan tegangan tinggi yaitu memperbaiki televisi.

Di dalam pesawat televisi terdapat beberapa tegangan tinggi dan ada juga tegangan rendah. titik-titik tegangan tersebut harus diketahui agar tidak salah dalam pengukuran maupun keselamatan para teknisi tv.

Berikut ini merupakan tegangan tegangan yang meski dihindari saat memperbaiki tv atau menjadi pokok warning titik berbahaya.

1. TEGANGAN TINGGI  Flyback 

Ketika membuka chasing televisi anda akan melihat bagian dari tabung crt, Di situ terdapat sebuah cop menempel pada tabung pada bagian atas. Nah itulah tegangan flyback dihasilkan ketikatelevisi dalam keadaan hidup jangan sekali kali menyentuh pada bagian atau area tabung Tersebut. karena meskipun menyentuh bagian cop nya saja sudah nyetrum , dan lebih berbahaya lagi jika cop dalam keadaan bocor. sengatnya sangat mematikan dalam sekjap. Tegangn yang dihasilkan oleh flyback mesin tv warna sekitar lebihdari  20 000 kilo volt.

Tegangan Tinggi Mesin TV CRT yang Perlu Dipahami Untuk Pemula

CRT yang dialiri oleh tegangan flyback tersebut masih menyimpan muatan meskipun dalam keadan mesin mati. oleh sebab itu ketika membuka cop jangan langsung disentuh menggunakan

tangan secara langsung. Lebih baik membuangnya terlebih dahulu dengan cara  menggunakan seutas kabel yang di hubungan dengan ground tabung, ke besi lubang crt/cop flyback. jika

sudah terdengar ledakan maka itu tandanya tegangan telah dibuang kemudian baru dilepas. agar lebih yain sudah hilang gunakan tespen untuk mencongkel kawat cop.
baca juga : cara memperbaiki flyback bocor untuk pemula

2 .ELKO TEGANGAN TINGGI

Ada beberapa titik tegagan tinggi yang dapat menyimpan muatan meskipun mesin dalam keadaan mati. Kemungkinan besar elko tersebut masih menyimpan ada keruskan yang menyertainya sehingga tegangan tidak dapat terbuang karena sistem yang di supLy tegangan tidak bekerja.

Berikut ini merupakan titik elko tegangan tinggi yang ada di dalam tv crt yang hmpir sama pada seluruh jeis tv crt.

a. Elko 10 uf 400v 


Pada tegangan primer regulator power suplay. elko ini terpasang dekat dengan dioda bridge secara lagsung. Elko ini akan menyimpan muatan apabila pada transistor maupun ic str tidak bekerja atau rusak atau ada resistor putus tidak sampai pada ic tregiulator. Sehingga muatan pada elko tiddak habis saat t dimatikan karena tegangan positif tidak terhubung dengan komponen aktif.

b. Tegangan 180 V  bagian video


Tegangan video rata rata berasal dari output flyback. tegangan ini berfungsi untuk menyuplay pada penguatan warna rgb. elko ini akan menyimpan muatan tegangan meskipun mesin dalam keadaan mati. hal ini karena suplay pada 180v ke transistor penguat warna dibatasi resistor 10 kilo ohm kadang lebih tergantung merek tv. sehingga pembuangan muatan pada elko ini sering terlmbat. bisa hilang namun selang beberapa saat seteah tv dimatikan. jika masih sebentar bisanya masih menyimpan dan sering mengagetkan.

c. Elko 160v pada tegangan b+ 115volt 

Jarang terjadi sebenarnya. Elko ini akan masih menyimpan jika beban b+ tidak sampai ke flyback  sehingga tidak ada arus yang mengalir ke beban dengan begitu tegangan muatan elko tidak terbuang. namun jarang terjadi pada jenis tv tertentu yang tidak menggunakan resistor fuse pada output b +nya.

Demikian semoga memberikan sedikit wawasan tentang memperbaiki tv. dengan demikian kita bisa terhindar dari resiko tegangan tinggi pada televisi. jika anda masih awam ada baiknya jangan membuka jika belum benar benar paham apa yang di maksud dalam artikel ini. karena masalah tv tidak sesederhana apa yang kita  duga. dari pada masih ragu lebih baik pelajari lebih dalam mengenai bagian bagian dari sistem kerja pada televisi.www.onsolder.com