Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV SANYO Dynamic Protek IC LA78931

Kesempatan pertama kali memperbaiki tv sanyo protek dengan seri dynamic dengan ukuran 21 inc.

Menurut penuturan yang saya dapatkan dari pemilik tv, ini mengatakan bahwa gejala awal tv ketika di tonton tiba tiba gelap tidak ada gambar namun suara normal.

Berbeda hal ketika TV sampai di bengkel. Gejala awal sudah menjadi gejala baru yaitu tv gagal start. atau terdengar tv nyala sebentar kemudian mati namun tidak memancarkan cahaya dari layar crt. gelap saja.

TV sanyo protek mungkin dari rekan rekan pernah mengalami.

Sejak dulu tv sanyo memang terkenal sudah menggunakan jenis komponen SMD sehingga bagi pemula sangat kesulitan.Atau bahkan tanpa alat bantu kaca pembesar kita tidak akan melihat nilai dari suatu komponen yang dibuat dari jenis smd tersebut.

Melihar komponen SMD  malah akn membuat kit bingung lebih baik mencari refrensi agar pekerjaan lebih cepat terselesaikan.

Berikut ini saya akan sedikit bercerita saat menangani tv sanyo Dynamic series ukuran 21 inc protek. mudah-mudah bisa menadi refrensi bagi rekan sekalian,

TV sanyo ini menggunakan ic jungle LA78931.
Resistor lebih banyak menggunakan SMD.


Muter muter mengcek eluruh tegagan nyatana normal semua
pertama b + 130v
Vertikal 27 volt
heater 4,5 volt
video 180v

Lantas apakah yang menyebabkan tv sanyo ini protek?

Searching dengan menggunakan mbah Google menemukan beberapa refrensi yang menyatakan memutus sensor pada beberapa titik.

Salah satu yang saya curigai yaitu di titik heater, Alasannya tv tidak memancarkan cahaya sedikitpun, sensor pada r 475 sya lepas, namun ternyata tv masih protek.

Referensi lainnya juga masih nihil, misalnya dengan mencari jumper j830 namun tidak ketemu. karena chasis yang digunakan berbeda dengan chasis tv yang saya tangani.

Pada akhirnya saya mengambil refrensi sendiri dengan cara saya mengambil kesimpulan bahwa titik protek dengan menggunakan ic jungle la 78931 berada di kaki 23. lantas saya mengurutkan jalur dari kaki 23 ic jungle. Menemukan sebuahjumper dengan no j 224. mungkin ini yang dimaksud jumper protek karena mengarah ke bebrapa sensor yang adamisanya heater,teg video, dan yang lainya.

Tv menggunakan IC pa 78931

Nah jumper 224 tersebut saya lepas kemudian tv coba dinyalakan dan flyback mau nyembur dan tv bis start.

Tapi tampilan layar masih gelap meski heater menyala, selang bebrapa lama tv menyala, nampak ada cahaya pada layar hanya sempit arah horizontal sekitar 5 cm di tengah layar.

Berarti ini penyebab protek disebabkan karena vertikal troble dan mungkin tegangan heater berkurang atau drop.

langsung saya lakukan penggantian pada area vertikal yaitu pada elko 1000 uf 35 volt/50v. dalam keadaan kering.

Lalu tv bisa menyala dengan normal setelah penggantian elko tersebut.

Coba sekarang memasang jumper 224. Tv langsung normal, meskipun heater upnormal ternyata disebabkan oleh soket crt berkarat.

Demikian cerita  saya kali ini semoga bermanfaat mengnai cara mengatasi protek tv sanyo dynamic series.ic LA78931.