Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal Blok Horizontal pada TV CRT (Tabung)

Blog horizontal utamanya untuk membuka layar ke samping kanan dan ke samping kiri. Kerusakan yang ditimbulkan oleh blog horizontal yaitu satu garis vetikal. Namun untuk blok horizontal ini tidak se-sederhana itu ketika mengalami kerusakan karena berbagai kerusakan lain akan timbul bahkan bisa mengakibatkan tv mati total.

Oleh sebab itu untuk mempelajari pada topik blog horizontal ini ada sedikit bermain logika dan berfikir supaya memahami lebih dalam. Karena blok ini sangat berbahaya bagi mesin tv maupun keselamatan anda dalam memperbaiki televisi.;

Letak dari blog horizontal ditandai dengan adanya transistor horizontal yang menempel pada pendingin dan bersanding dengan flyback. Di situlah blok horizontal bekerja.

Blok horizontal akan selalu bersanding dengan flyback. Karena sistem kerja horiziontal sebenarnya sangat berkaitan dengan flyback. Ketika blog horizontal tidak bekerja maka flyback pun akan mati.

Suplai blok horizontal ini biasanya bersumber dari tegangan 115 volt berasal dari power suplay, namun sebenarnya untuk menyuplai flyback sedangkan blok horizontal sudah termasuk hasil dari keluaran tegangan flyback.

Komponen yang digunakan pada blok horizontal yaitu:
  • Transistor horizontal,
  • Capasitor demper
  • Flyback
  • Resistor
Untuk lebih jelasnya anda bisa melihat sekilas gambar dari mesin tv polytron berikut ini.

mengenal blog horizontal tv
blog horizotal tv Tabung
Saat memperbaiki blok horizontal saya harap anda harus berhati hati karena terdapat tegangan tinggi berbahaya pada keluaran flybak diantaranya 180 volt dan cop flyback.
baca juga: cara cek transistor horizontal rusak paling mudah
Mungkin suatu saat anda akan memahaminya seiring dengan anda menemui berbagai kerusakan pada blog horizontal ini.

Blok horizontal bisa berkaitan dengan ic control. Hubunganya dengan ic control ini biasanya berkaitan dengan mode standby. Apabila dari ic program tidak ada perintah untuk mengirimkan sinyal ke driver transistor horizontal maka tv akan dalam keadaan standby. Hal ini tentu akan menjadi persoalan nantinya setelah anda menemui banyak kasus kerusakan blok horizontal. 

Gambaran tentang blok horizontal mudah di mengerti namun tetap waspada saat menangani bagian blok horizontal pada tv tabung karena bagian ini ada peringatan tegangan tinggi di bagian flyback. 

www.onsolder.com