Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Mengenal IC Jungle Pada TV CRT

Apa itu ic jungle,?
IC jungle sering juga disebut dengan ic croma apabila menggunakan ic program terpisah . Mungkin bisa jadi menjadi ic prosesor jika di perangkat komputer. Untuk sekarang ini rata rata tv menggunakan hanya satu ic utama mungkin untuk ic program maupun ic av sekarang sudah dijadikan satu sehingga penggunaan tempat yang lebih efektif. Namun di bebrapa tv masih menggunakan 2 yaitu ic program dan ic croma.

Fungsi dari ic jungle adalah mempeoses berbagai hal misalnya bekerja merubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Sehingga dapat di salurkan ke blog bagian warna kemudian menjadi gambar tampilan seperti apa yang kita lihat layar.

Supply ic jungle rata-rata menggunakan tegangan 5 volt berasal dari switching transistor. Karena sebenarnya dari output power suplay adalah 12 volt kemudian di proses olah transistor berubah menjadi 5 volt.

ic jungle juga mengntrol seluruh kerja dari televisi misalnya pada blok vertikal dan blok horizontal juga di kontrol dari ic jungle. Karena seringkali pada proses settingan untuk lebar dan yang lain masalah tampilan bisa di setting lewat program atau yang sering  disebut servis mo0de. tentu ini tidak berlaku bagi televisi warna jaman dahulu yang masih menggunanak variable resistor sebagai adjusment tampilan gambar. berbeda dengan saat ini sudah bisa dikontrol melalui program pada tv.

Tanda kerusakan pada ic jungle ditandai dengan gejala tv mati standby tidak bisa start, atau adanya salah satu tampilan bernmasalah misalnya tidak mengeluarkan sinyal output untuk tampilan. kemungkinan jika tidak ada masalah pada blog yang dikontol berartti keruskan pada ic jungle itu sendiri dengan catatan tegangan suplay untuk ic jungle normal 5 volt.