Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Analisa Memperbaiki TV China Mati total

Gejala awal tv mati total. Yang pasti tv dalam keadaan tidak ada lampu indikator yang menyala.

Ada dua macam jenis kerusakan yang meski dipahami.

Pertama gejalanya ketika tv dihidupkan MCB langsung anjlok

Ke dua tv ketika dihidupkan tidak respon, alias tidak ada tanda-tanda tv hidup misalnya suara-suara mesin tv ketika hidup. Atau suara flyback bisa start.

Dari kedua kerusakan tv China mati tersebut sangat mudah untuk ditelusuri penyebabnya. Dengan catatan anda paham mengenai apa itu elektronika dasar, misalnya mengetahui nama dan jenis komponen serta paham sistem kerja pada televisi. bagi yang belum paham bisa melihat halaman bagian bagian blok pada tv crt.

1. MCB rumah langsung anjlok ketika tv dinyalakan

Pada mesin tv China biasanya sistem kerjanya hampir sama Bahkan komponen yang digunakan pun sama. Sehingga permasalahan dengan gejala demikian pada tv China, sangat mudah untuk ditelusuri ketika memiliki pengalaman pada jenis mesin tv China sebelumnya.

Power suply tv China menggunakan jenis AC matic atau smps. Sehingga dengan gejala mati total bisa kita telusuri pada bagian AC matic ini.

Cek pada bagian transistor demper AC matic. Pada beberapa tv China memiliki seri transistor damper sama yaitu d 2498 , atau yang lain. Semua tergantung pada ukuran tv. Misalnya pada untuk tv 21 inc dan 29 inc penggunaan transistor regulator berbeda karena kekuatan yang dibutuhkan untuk menyuply masing masing ukuran tabung berbeda. Pada ukuran untuk tv 14 dan 21 inc biasanya sama, mungkin akan berbeda pada bagian transistor horizontal.

Pertama pastikan transistor ac matic normal. Baru menginjak ke komponen lain, Karena biasanya transistor tersebut mengalami kerusakan.

Untuk pengukuran transistor seperti mengukur transistor final pada amplifier. letak urutan kakinya sama yaitu kaki basis, colektor, emitor.
Baca juga: cara cek transistor horizontal rusak paling mudah
Kerusakan transistor damper bisa diakibatkan oleh capasitor berwarna biru terletak di kolektor transistor d2498 ukuran 681k short atau kering. Tanda kerusakan pada capasitor tersebut biasanya ditandai dengan body capasitor retak atau kadang terlihat gosong. Ada bebrapa jenis capasitor biru yang digunakan terkadang secara versi berbeda ukuran.

Tidak hanya capasitor transistor pendukungnya pun ikut andil penyebab transistor damper rusak. Oleh sebab itu sebelum  mengganti transistor baru, lebih baik cek pada bagian transisor pendukung yaitu .......SC1815, C2383, dan juga pada capasitor biru.

Pada bagian kerusakan regulator terkadang penyebab utama mcb langsung anjlok ketika dihudupkan bisa juga di sebabkan pada bagian output mengalami short parah, sehingga tidak SMPS terbebani, akibatnya mcb mengindikasikan ada arus pendek terjadi. selain mcb anjlok ada juga ditandai dengan putusnya fuse/sekering.

2. Tv China mati total ketika dihidupkan tidak ada reaksi apapun

Harus berhati-hati ketika menemukan gejala seperti ini. Karena berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, bahwa kerusakan tv tidak ada reaksi kebanyakan masih menyimpan muatan listrik pada elko 400 volt bagian regulator.

Oleh sebab itu, perlu waspada saat cek komponen. Lebih baik di short-kan pada bagian elko 450 volt tersebut menggunakan cas atau menggunakan solder untuk membuang muatan mengalir ke rangkaian solder atau cas handphone.

Kerusakan macam ini diakibatkan oleh tidak bekerjanya transistor damper 2SD2498. Jika kerusakan pertama disebabkan oleh short ya transistor damper untuk yang kedua karena tidak bekerjanya transistor damper. Ini bisa disebabkan transistor memang mati atau komponen pendukungnya yang mati terutama pada transistor pendukung.

Apabila tidak ada muatan lebih baik cek pada bagian saklar dan kabel terlebih dahulu sebelum cek kebagian lainya setelah memastikan tidak adanya muatan pada elko 400 volt.

Berikut ini merupakan bagian yang meski harus dicek ketika masih menyimpan muatan sebagai tanda transistor damper regulator tidak bekerja.


Pada gambar di atas terdapat forto original dari bawaan tv wecom, yang ditandai warna terserbut sering rusak terutama pada bagian transistor.

Demikian pengalaman saya dalam memperbaiki tv China mati total. Mudah mudahan bisa dipahami. Penanganan bisa jadi berbeda gejala mungkin bisa sama namun dari beberapa pengalaman memang hal diatas sangat umum terjadi.