Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Kendala dan Resiko Mengganti Mesin TV Dengan Mesin TV Cina

Onsolder.com - Penggantian sebuah mesin tv crt biasanya dilakukan para teknisi ketika mesin asli dari tv yang ditangani mengalami kerusakan yang cukup parah, sehingga harus diganti mesin satu gelundung. Selain itu juga, mesin tv diganti dikarenakan mesin tv aslinya sudah rusak pada jalur pcb karena seringnya diservis keluar masuk bengkel.

Pada saat penggantian mesin tv china terkadang menemui beberapa kendala, tidak langsung jadi, sehingga permasalahan ini sering menjadi sedikit menghambat kemudahan dalam penggantian mesin tv dengan mesin china.

Ada beberapa jenis masalah yang menjadi kendala pada saat mengganti mesin tv china, diantaranya:

1. Gambar terbalik 

Dulu sempat bingung ketika pertama kali mengganti mesin tv china layar menjadi terbalik. Ternyata setelah saya amati dengan seksama, ada kesalahan saat menyambung kabel defleksi yoke bagian vertikal. Sehingga gambar menjadi terbalik. Jadi solusi untuk masalah ini tinggal dibalik kabel bagian vertikal yoke kiri dan kanan.

2. Gambar kurang penuh atas, bawah

Hampir setiap penggantian mesin baru, akan mengalami kendala seperti ini yaitu layar kurang penuh atas dan bawah. Untuk masalah ini sangat mudah untuk ditangani. Ini bukan soal pada komponen namun ini pada program. pada tv china wcom dan sejenisnya memiliki sistem adjustmen pada vertikal size. Bisa disetting melalui menu factory mode pada remot tv. Factory mode pada tv china wcom terletak pada tombol tersembunyi pada remot yaitu harus menggunakan benda kecil untuk memencetnya. kemudian setelah masuk ke factory mode bisa disetting pada vertikal size,hingga layar bisa penuh atas dan bawah.

3. Gambar kurang penuh kiri, kanan. 

 Gambar kurang penuh kiri, kanan terjadi pada saat mengganti mesin tv china khususnya pada ukuran crt 21 inci. Untuk mengatur kelebaran layar samping kiri dan kanan tidak bisa disetting menggunakan menu factory mode. Harus disetting secara manual.

Ada dua cara, yang pertama pernah saya lakukan yaitu dengan cara menambah tegangan b+115 volt dengan memutar trimpot adjustmen b+. Ini sering berhasil apabila kekurangan hanya sedikit saja, Namun ini beresiko mengakibatkan transistor horizontal cepat rusak. lebih baik menggunakan cara yang kedua yaitu;

Dengan mengganti capasitor c441( tergantung chasis) dengan ukuran yang lebih kecil. tapi hati hati jangan sampai salah mengganti capasitor karena di area horizontal terdapat dua jenis dan fungsi yang berbeda apabila sampai salah akibatnya transistor horizontal kan langsung short, bahkan bisa mengakibatkan mesin mati total.

Mengganti capasitor horizontal yang bertugas mengatur kelebaran pada layar tv. Ada beberapa jenis pada mesin tv china yang sudah menggunakan adjustmen berupa variable resistor untuk melebarkan layar secara manual . Namun ada juga yang harus mengganti capasitor dengan ukuran yang lebih kecil secara bertahap yaitu kisaran 350n- 300n- 290n-, 250n-, 200n, /600volt.

4. Gambar terlalu lebar

Solusi Gambar terlalu lebar kebalikanya pada gambar kurang penuh yaitu mengganti capasitor dengan yang lebih besar. yaitu capasitor kisaran diganti secara bertahap dari 400n, 420n,450n, 460n, sampai sesuai dengan kelebaran yang diinginkan.

Pada dasarnya kendala layar kurang penuh, disebabkan tidak cocoknya antara komponen tabung dengan komponen chasis tv china. Oleh sebab itu perlu pembenahan secara manual maupun terprogram.

5. Layar gelap

Terkadang layar sedikit redup juga menjadi kendala saat mengganti mesin tv china, masalahnya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya; screen belum di adjust, tegangan heater kurang, bahkan bisa disebabkan oleh crt yang telah mengalami kerusakan. cobalah atur screen pada vr flyback, apabila tidak ada perubahan cek pada tegangan heater pastikan ada sekitar 5 volt ac tidak boleh kurang dari 4 volt, , dan terakhir adalah kemungkinan tabung rusak.

6. Pin soket tidak cocok dengan pin CRT

Pada masing masing crt memiliki perbedaan jumlah pin. Oleh sebab itu tidak semua mesin tv langsung bisa diterapkan. dan biasanya bawaan dari mesin tv china memiliki 12 pin sehingga akan langsung beruntung bagi yang memiliki 12 pin. lalu bagaimana yang menggunakan 7 pin. solusinya kita mengambil dari soket asli dari tv kemudian pasangkan ke mesin tv yang baru (kecuali soket polytron) . Namun apabila pada lubang pcb tidak ada yang cocok harus membeli soket crt yang sesuai dengan jumlah pin crt. penerapannya sangat mudah sekali karena mesin tv china di desai multi sistem sehingga pada pcb RGB  memiliki beberapa lubang soket yang berbeda posisi dan jumlah lubang. maka carilah yang sesui dengan jumlah kaki yang akan diterapkan dan jangan sampai salah

7. Mesin langsung rusak 

wah inilah resiko yang paling ditakuti, mesin langsung rusak belum sempat menyala. hal ini disebabkan kemungkinan oleh pemasangan yang salah dan kadang memang kualitas chasis memang sudah cacat dari sononya. Tpi besar kemungkinan apabila perakitan yang dilakukan oleh orang awam pasti besar kemungkinan bisa terjadi.

Salah satu contoh yang pernah saya temui adalah kesalahan pada saat menghubungkan rangkaian vertikal yoke dan horizontal yoke terbalik. Akan sangat fatal apabila terbaliknya lilitan yoke vertikal dihubungkan dengan rangkaian horizontal out. biasanya transistor horizontal akan langsung short dan mengakibatkan tv gagal start.

Pernah sekali saya mengalami kegagalan dalam menerapkan mesin tv baru jenis tabung slim. dengan menggunakan mesin khusus slim pula. memang pada awalnya mesin langsung normal dan bisa menyala beberapa saat. namun tiba tiba layar menciut pada bagian kiri kanan. mesin wcom sudah menggunakan ew dan menggunakan vr manual untuk melebarkan layar. awalnya memang pada transistor ew mengalami panas berlebih kemudian mati. dan begitupun setelah diganti dengan yang baru. kemungkinan ini disebabkan oleh rangkaian horizontal tidak cocok degan impedansi pada horizontal yoke. Dan kemungkinan lain karena mesin memang rusak dari pabrik.
baca juga: tips mengganti mesin tv china agar awet
Kesimpulan

Setelah dipikir lagi, mengganti mesin tv dengan mesin tv china harus dipertimbangkan lagi antara resiko kerugian dan apabila mesin masih layak diperbaiki, lebih baik diperbaiki secara lebih teliti lagi, karena pada dasarnya mesin tv multi bisa jadi awet bisa jadi tidak. Dan mesin original dari tv yang akan kita ganti memang sudah diperhitungkan kekuatan antara mesin dan tabung crt, sedangakn mesin tv china bisa jadi tidak kuat untuk menyuplay crt yang akan diganti alias memaksakan kerja. Terlebih kualitas komponen yang digunakan akan berbeda jauh dengan mesin tv original.

Demikian semoga bermanfaat untuk rekan rekan sekalian.
Baca juga:Cara analisakerusakan tv china mati total