Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Menyambung Amplifier Mobil ke listrik Rumah 220 V

"Apakah bisa Audio mobil dipasang di listrik rumah menggunakan 220 V AC?"
Pertanyaan ini sering muncul bagi anda yang memiliki audio mobil bekas kemudian ingin menggunakan amplifier mobil untuk digunakan di dalam ruangan. 

Dalam artikel ini akan memberikan pemahaman bagi anda yang belum benar-benar paham tentang perbedaan sistem audio mobil dan speaker aktif maupun amplifier rumahan.

Sistem power suplai pada audio mobil menggunakan jenis inverter step-up, sedangkan jenis amplifer rumahan menggunakan sistem power suplay step-down.

Step-up artinya menaikkan tegangan. Kita mengenal listrik di dalam mobil rata-rata menggunakan tegangan 12vDC sedangkan amplifier dengan daya tinggi tidak hanya mengguakan 12 volt saja, agar suaranya mantap maka dibutuhkan sebuah inverter step-up agar tegangan bisa menjadi lebih tinggi misalnya 24 volt sampai dengan 32 volt DC. Di dalam audio mobil yang memiliki daya tinggi sudah satu paket memilki inverter Step-up tersebut. 

Sistem Audio mobil bekerja pada tegangan 12 volt kemudian melalui inverter step-up menjadi tegangan 24 volt kemudian baru ke sistem amplifier. 

Apabila Audio mobil ingin disambung ke listrik 220V secara langsung, maka membutuhkan alat tambahan berupa power suplay step-down 220v to 12v. 

Itu artinya Agar bisa menghidupkan amplifier mobil di listrik rumah, maka harus menggunakan power suplay dengan tegangan 12 volt, baru kemudian disambung ke input audio mobil 12 volt.

Cara Menyambung Amplifier Mobil ke listrik Rumah 220 V

Audio mobil biasanya memiliki berbagai macam daya, sehingga apabila dipasang menggunakan power suplay asal asalan maka audio yang dihasilkan akan jauh berbeda jika dibandingkan ketika digunakan di dalam mobil.
Cara Menyambung Amplifier Mobil ke listrik Rumah 220 V

Semisal kita akan menghidupkan ampli mobil dengan output sebesar 300 watt rms. Sedangkan daya trafo hanya memiliki 1 ampre 12 volt maka menghasilkan daya 12 watt saja. maka suara hanya asal bunyi saja. 

Tegangan akan mengalami drop ketika ampli bekerja pada saat nada bass. Drop tegangan suplay tergantung inverter yang digunakan berapa watt, semakin tinggi daya inverter maka semakin tinggi suplay arusnya. Maka dari itu tidak heran ketika menggunakan power suplay 12 volt dan ketika dipasang dimobil kualitas suaranya akan berbeda jauh.

Semakin tinggi daya power suplay maka suara yang dihasilkan akan semakin bagus.

Power supali 12 volt yang memiliki kekuatan hingga 300 watt atau lebih, biasanya lebih murah dengan menggunakan jenis power suplay SMPS, karena yang menggunakan trafo biasanya harus memakai sekitar 10 ampere maka harganya akan jauh lebih mahal dari harga smps. 

Menggunakan trafo lebih ribet dalam mengaplikasikannya karena harus merakit sendiri. Sedangkan untuk smps yang ada sekarang sudah tersedia tinggal sambung dan lebih efektif dibandingkan kerja trafo. Mungkin untuk keawetannya sendiri lebih awet menggunakan trafo. Baca juga:  Mengetahui perbedaan trafo ct dan non ct.

Sedangkan di dalam speaker aktif rumahan memiliki sistem power suplay step-down dari 220v ke tegangan lebih kecil sehingga ketika ingin memasangkan speaker aktif ke listrik mobil harus membutuhkan alat tambahan berupa inverter step-up 12v to 220v. atau bisa juga dengan memodivikasi powersuplay speaker aktif dengan cara membongkar dan mengganti power suplay dengan inverter 12 to 25 volt. Untuk memahami ini perlu satu topik yang berbeda. Baca juga: Panduan lengkap memperbaiki speaker aktif

Demikian tentang cara menyambung dan tips menggunakan amplifier mobil ke listrik PLN 220V. semoga bermanfaat!!!