Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Speaker aktif Transistor Final Tip 41C/42C Jebol Terus

Speaker aktif saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam memenuhi hiburan. Penggunaan sangat mudah dan cukup simple karena sudah dilengkapi dengan sistem portable menjadi alasan kenapa sekarang ini speaker aktif sangat familiar digunakan di semua lapisan konsumen di indonesia. 

Masalah rusak dan tidaknya speaker aktif tergantung pada penggunaan dan kualitas entah itu dari komponen yang digunakan maupun sistem yang digunakan.

Pada kesempatan kali ini onsolder.com akan membahas tentang penyebab transistor final tip 41/42 jebol terus atau baru saja diganti sudah jebol lagi.

Pada beberapa merek hal ini sering terjadi, namun saya sering menemukan kerusakan semacam ini pada speaker aktif Polytron. Saya juga sempat bingung kenapa ini bisa terjadi, bahkan hampir menyerah dalam menangani kasus transistor final yang digunakan tip 41/42 mengalami kerusakan dalam jangka waktu singkat.

Tanda kerusakan ketika transistor ini rusak dibarengi gejala suara pecah atau suara terputus putus.
Pada merek Polytron Memang apabila dites menggunakan multi-tester transistor dalam keadaan normal. Namun ketika diganti menggunakan transistor baru suara normal lagi. Namun beberapa saat suara serak lagi atau tanda transistor mati lagi.

Penyebabnya tidak tahu dengan pasti, karena ketidaktahuan akan komponen transistor yang beredar di pasaran apakah itu asli atau palsu. Salah satu penyebab transistor jebol yaitu transistor tidak original.

Fakta lain saya menemukan adanya hubung pendek pada output speaker. Misalnya pada speaker midle dan twiter short. Karena komponen speaker mid dan twiter sangat rentan sekali pada nada bass sehingga ketika terbakar kan hubung singkat.

Tidak hanya speaker aktif Polytron, merek lainpun sering mengalami transistor final mengalami jebol terus. Transistor final tip 41c'42c sering digunakan pada amplifier jenis ocl 150. Hampir rata rata sistem ini digunakan speaker aktif kebanyakan. Karena mungkin suara dan komponen yang digunakan sangat sederhana dan murah.
Saya seringkali mendapati speaker aktif digunakan untuk menyuplai speaker melebihi dari spesifikasi. Misalnya menambah speaker bukaan bawaan speaker aktif. Sehingga kerja amplifier dipaksa kerja berat ini akan mengakibatkan transistor jebol karena panas berlebih.

Penyebab tip jebol terus atau tidak awet juga disebabkan oleh transistor driver rusak. Tandanya adalah ketika komponen transistor final sudah diganti namun masih mengalami suara serak. Ini harus diperhatikan karena jika dibiarkan menyala dengan input maka transistor final akan jebol lagi.  Transistor yang digunakan pada masing masing speaker aktif biasanya berbeda namun yang pernah saya temui pada driver ocl menggunakan a733 ,c945 ,atau juga menggunakan jenis BD139&140.

Setelah berbicara mengenai kemungkinan penyebabnya sekarang kita menginjak langkah menangani transistor final tip 41/42 jebol terus. 
Cara Memperbaiki Speaker aktif Transistor Final Tip 41C/42C Jebol Terus
1. Cara sederhana dalam menangani transistor jebol terus adalah dengan mengecek komponen yang berkaitan dengan transistor final tip 41c 42c, misalnya pada beberapa speaker aktif yang menggunakan sistem ocl transistor driver.

Transistor driver akan mengalami short ketika transistor final mengalami short parah/ sehingga ketika menemui kerusakan transistor final rusak jangan memasang transistor baru dulu, lebih baik mengecek transistor driver yaitu pada c 945 dan a733. mungkin untuk speaker berdaya lebih tinggi menggunakan transistor driver BD139,140/.

2. Cek juga pada output speaker tidak lecet dimakan tikus karena pernah mengalami hal ini. 

3.Setelah memastikan semuanya normal jangan langsung menyalakan mesin dalam keadaan menyambung dengan speaker. karena ketika ada masalah pada komponen transistor driver maka transistor final akan mudah jebol. Lebih baik jangan menyambung output amplifier dengan speaker dulu. artinya menyalakan amplifier tanpa beban. 

Untuk memastikan normal dan tidaknya output speaker periksa dengan menggunakan multi dc volt meter. arahkan pada tegangan maksimal 50 volt dc. pastikan jarum tidak bergerak ketika input di sentuh dengan tangan. namun pastikan tone control telah di stel maksimal. 

4. Selanjutnya cek pada maksimal tegangan dc ke tahap yang lebih rendah yaitu 10 volt dc maks. untuk memastikan tegangan dc tidak keluar. 
Setelah itu ketika sudah dipastikan tegangan dc tidak keluar baru cek output di tegangan ac volt. apabila di sentuh pada input jarum bergerak berarti amplifier dalam keadaan normal. baru kemudian pasang beban speaker ke amplifier. Hal ini juga berlaku ketika kita melakukan perbaikan pada jenis amplifier OCL lainnya. 

5. Perlu kita ketahui bahwa transistor final jebol juga disebabkan oleh tegangan simetris tidak seimbang. Misalnya tegangan positif dan negatif memiliki selisih yang jauh. Hal ini biasanya diakibatkan oleh elko pada power suplai mengalami kering atau kaki pada salah satu elko tidak konek dengan PCB, sehingga tegangan menjadi tidak seimbang. Maka jangan sampai hal ini terlewatkan saat mencari penyebab transistor selalu jebol.

6. teerakhir yang sering saya lakukan ketika menemui kerusakan semacam ini ada beberapa opsi saat mengganti transistor final, yaitu mengganti dengan daya yang lebih tinggi misalnya menggunakan transistor tip 3055 dan 2955,c 5198 dan a1940, c5200 dan a1943. Dan jangan lupa ketika heatsing dirasa kurang mumpuni diganti dengan heatsing yang lebih besar. 

Mungkin itu langkah yang meski dilakukan berdasarkan apa yang pernah saya alami. untuk lebih lanjut yang berkaitan dengan topik ini silahkan pergi ke artikel Cara memperbaiki speaker aktif  suara bass pecah atau sumbar. 

Mudah mudahan bermanfaat apa yang saya tuliskan cara memperbaiki speaker aktif transistor tip 41 42 jebol terus.