Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Mengganti Mesin TV China Agar awet

Onsolder.com - Penggantian mesin tv satu kit adalah sesuatu hal yang biasa dilakukan ketika mesin asli dari tv sudah tidak bisa diperbaiki secara manual. atau ada banyak sekali komponen yang mati sehingga sudah tidak memungkinkan untuk diperbaiki. jalan satu satunya adalah mengganti satu kit televisi.

Di pasaran saat ini ada beberapa merek mesin tv. Namun rata rata yang ada di pasaran ialah produk dari china maupun di produksi dalam negeri. Harga dari mesin tv ini cenderung lebih murah daripada membeli tv china baru atau membeli tv crt rakitan baru. Harga untuk mesin tv china merek wcom berkisar antara 200 untuk tv 14-21 inci sedangkan untuk 29 inc sekitar 300 ribuan.

kali ini saya tidak akan berbagi bagaimana cara memasang mesin tv tersebut namun hanya berbagi sedikit tips agar mesin tv tidak mudah rusak berdasarkan pengalaman. Namun kembali lagi pada kualitas komponen yang digunakan.
baca juga: panduan cara memperbaiki tv untuk pemula

1. Periksa kualitas solderan

Kualitas timah yang digunakan bisa dilihat secara kasat mata yaitu; jika timah yang digunakan baik akan terlihat mengkilat dan ini menandakan bahwa solderan memang matang sempurna. Jika soderan dalam keadaan buruk terlihat buram dan bisanya kurang matang saat penyolderan. dari beberapa produk yang pernah saya gunakan memiliki ciri solderan yang buruk sehingga saya perlu untuk soldering ulang pada bagian bagian yang rawan terkena panas berlebih. Bagian bagian tersebut diantaranya:

IC vertikal, transistor horizontal dan komponen pendukungnya, ic croma/jungle, blog regulator pcb RGB.

Setelah digunakan beberapa waktu memang pada bagian-bagian yang telah saya sebutkan tersebut mengalami keretakan pada pada masing masing solderan. Alasan itulah pentingya soldering ulang menjadi perhatian khusus untuk pemasangan tv baru.

Namun pada saat soldering ulang jangan sampai merusak komponen yang ada. untuk menghindari hal ini harus tahu bagaimana teknik soldering yang baik. yaitu dengan tidak membiarkan komponen yang di solder mengalami over heat. bisa dikatakan saat pemanasan timah biasanya dalam waktu 2,5 detik timah sudah mengalami matang sempurna.

Saat soldering ulang hendaknya mesin sudah dipastikan bekerja dengan baik, baru kemudian di solder. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa nanti saat terjadi kesalahan tidak bingung apakah dari keslahan soldering atau memang mesin tv sudah rijek.

baca juga: resiko dan kendala pemasangan tv china

2. Perhatikan petunjuk pemasangan 

Mungkin dari beberapa teknisi maupun orang awan saat melakukan pemasangan mesin tv mengalami kendala, hal ini biasanya tidak melihat petunjuk pemasangan.

Banyak permasalahan dialami saat pemasangan mesin tv crt di antaranya: layar kurang lebar kiri kanan, layar kurang penuh atas bawah,, mesin langsung mati total, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa CRT yang memang tidak cocok untuk dipasang mesin tv crt universal. Hal ini kaitannya dengan impedansi defleksi yoke vertikal dan horizontal, sehingga hambatan layar kurang lebar seringkali menjadi masalah utama. Atau ada beberapa orang yang belum menyadari bahwa crt mengalami kerusakan karena terburu buru mengganti mesin tv.

Saat mengatasi layar kurang lebar ke samping kanan dan kiri ada cara mudah yaitu dengan cara menambah tegangan b+ 115 volt namun jika berlebihan bisa mengakibatkan output pada flyback juga ikut naik, pilihan paling bagus dalam menambah lebar layar yaitu dengan mengganti capasitor.

Untuk mengatasi layar kurang lebar adalah dengan cara mengurangi nilai kapasitor c411. misalnya nilai aslinya 400n jika kuang lebar gunakan 350n 300n.

Apabila gambar terlalu lebar ganti c 411 dengan nilai yang lebih besar misalnya nilai aslinya asalah 400n, namun karen gambar telalu lebar bisa diganti dengan capasitor 420n, jika masih terlalu lebar ganti dengan yang lebih besar lagi misalnya 450n .

Penggantian Capasitor dilakukan secara bertahap mana capasitor yang bisa cocok lebar layar.

C411 yang dimaksud adalah capasitor yang bukan capasitor resonant atau yang terhubung langsung dengan colektor transistor, jangan sampai salah karena kesalahan dalam menerapkan capasitor bisa berdampak pada transistor horizontal langsung jebol.

3. Perhatikan spesifiksi 

Ada sebagian teknisi yang memilih modifikasi mesin tv china untuk tabung biasa untuk digunakan menyuplay tabung crt jenis flat slim. Sebenarnya itu sah sah saja dalam ilmu dan pengalaman , namun bagi yang belum memiliki pengalaman lebih baik main aman saja karena kualitas jasa kita dipertaruhkan. Mungin untuk beberapa waktu tv dapat bekerja normal namun jika penerapan tidak sesuai maka bukan tidak mungkin akan ada komplain dari pengguna jasa kita.

Awet dan tidaknya mesin tv modif untuk flat tergantung dari crtnya.

Ada beberapa kejadian menggunakan mesin tv biasa untuk mesin tv slim yang terjadi malah layar melengkung. Hal ini biasanya terjadi karena crt menggunakan sistem ew pada mb aslinya, padahal mesin tv china universal yang biasa tidak menggunakan ew. Akibatnya sisi layar menjadi melengkung.

Dan ini menjadi perhatian ketika ingin mengganti mesin tv lihat mesin aslinya apakah menggunakan EW atau tidak sehingga tidak salah beli mesin.

Tips mengganti mesin tv china ini berdasarkan pengalaman penulis lebih baik jika dijadikan referensi apabila anda merasa belum yakin silahkan mencari refrensi lain agar lebih yakin dengan apa yang akan anda lakukan.