Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Speaker suara kecil, dengung, serak, pecah, mati

Cara Memperbaiki Speaker Aktif suara kedcil
Cara memperbaiki speaker aktif rusaksuara kecil, dengung, serak, pecah, mati
Speaker aktif saat ini sudah menjadi kebutuhan sarana hiburan di rumah. Sebagian lagi menjadi kebutuhan sebagai penunjang alat untuk kebutuhan meeting atau yang lainya. Karena speaker aktif multi fungsi, jika terjadi kerusakan pasti akan menjadi kebingungan ketika akan digunakan. Mungkin speaker aktif ketika dinyalakan mengalami kerusakansuara kecil, dengung, serak, pecah,mati tidak ada suara dan yang paling sering adalah kelainan suara seperti serak, dengung dan terdapat gangguna lainya.

Bisa jadi permasalahannya hanya sederhana tanpa pergi ke bengkel elektronik. Apabila anda sedikit mengenal tentang komponen elektronik, pasti akan lebih mudah dalam memeperbaiki speaker aktifsuara kecil, dengung, serak, pecah,mati. Karena komponen dalam sepaker aktif sangat basic sekali, yaitu transistor, resistor ,ic dan kapasitor.

Dalam perbaikan speaker aktif rusak suara kecil, dengung, serak, pecah,mati, Jika kerusakanya parah tanpa menggunakan alat ukur itu hanya kan sia-sia. Oleh sebab itu anda perlu belajar bagaimana cara menggunakan alat ukur untuk komponen elektronik dan tegangan. Namun untuk kerusakan speaker aktif yang sederhana anda bisa menanganinya tanpa menggunakan multitester. 

Bagi anda yang awam akan elektronik ada beberapa langkah yang meski ditempuh apabila anda akan memperbaiki speaker aktif mengalami kerusakan suara kecil, dengung, serak, pecah,mati. Ini bisa menjadi pertolongan pertama pada speaker aktif:
Cara memeprbaiki speakewr aktif mati total

Speaker aktif mati total penanganan sederhana colokan ac 220v, biasanya terjadi putus pada kabel karena korosi maupun dimakan tikus. Untuk memastikan apakah kabel putus seharusnya menggunakan ohm meter x1 untuk mengecek apakah masih terhubung ketika saklar posisi on. (pengukuran dilakukan tidak terhubung dengan jala jala listrik)

Sedangkan cara sederhana Mengetahui penyebab speaker aktif mati total tanpa multitester yaitu dengan melihat saklar, apabila lampu saklar mati berarti ini menandakan bahwa arus tidak masuk sampai ke saklar. Kemungkinan kabel listrik maupun saklar bermasalah. Namun ini hanya berlaku bagi beberapa speaker aktif saja, karena tidak semua speaker aktif memiliki saklar lamp. Pada beberapa speaker aktif menggunakan lampu Led sebagai indikator. Led indikator biasanya ada yang ikut dengan bagian output power suplay dengan begitu ketika output pada powersuplay tidak ada, led akan mati total, sehingga tidak benar benar tahu apakah tegangan sudah masuk atau belum.

Itulah sedikit langkah untuk mengetahui jika ada kerusakan mati total. Untuk memperbaiki lebih dalam lagi mungkin akan butuh multitester.

Panduan Cara Memperbaiki speaker aktif 

Ada banyak macam speaker aktif di pasaran, rangkaian yang digunakan ada yang hampir sama namun ada juga yang berbeda. Bisa jadi anda berhasil memperbaiki satu speaker aktif, Besoknya anda memiliki masalah baru karena jenis dan fiturnya berbeda.

Apabila anda melihat di pasaran, saat ini speaker aktif ada dua model yaitu speaker aktif dengan daya rendah dan daya tinggi. Perbedaan pada jenis dan model tersebut bisa dibedakan jenis rangkaian yang digunakan.daya rendah bisanya identik dengan penguat akhir menggunakan ic amplifier, sedangkan bagi speaker aktif dengan jenis daya watt besar biasanya menggunakan transistor sebagai penguatan akhir.

Bagi anda yang sudah paham pada bagian penguat akhir bisa langsung meneuju ke permasalahan speaker aktif yang sering terjadi. Namun apabila anda tidak paham mana ic dan mana transistor lebih baik pelajari dulu tentang apa itu transistor dan apa itu ic.

Ada beberapa masalah yang sering dikeluhkan penggunaan speaker aktif yaitu:
  • Speaker aktif mati 
  • Speaker aktif hidup tapi tidak ada suara
  • Speaker aktif bunyi namun serak
  • Speaker aktif Bass pecah 
  • Speaker aktif hanya mendengung
  • Speaker aktif suara bercampur dengung
  • Suara kecil
Mungkin blog ini pernah membahas tentang berbagai penyebab kerusakan speaker aktif dan kali ini saya hanya meng-update pengalaman saya dalam menangani permasalahan di atas. Dan saya akan menulis teknik yang bersifat universal, di bagian manakah yang meski di oprek apabila menemui kerusakan speaker aktif.

1. Cara Memperbaiki Speaker aktif mati total

Apabila memang sudah memastikan bahwa memang kabel AC 220v masih dalam keadaan baik maka penyebab mati total bisa disebabkan oleh sumber tegangan berupa trafo atau SMPS, didoda primer, elko kering. Lihatlah beberapa komponen ilustrasi berikut ini tentang penaganan model Trafo dan model SMPS:

Cara memeprbaiki speake aktif mati total
Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Speaker Aktif Rusak mati 

Gunakan DC mater batas 50v untuk mengukur tegangan output power suplai.  Apabila power suplay normal pastinya DC meter akan menunjukan angka tergantung dari output yang dihasilkan power suplai rata rata memiliki tegangan diatas 20 volt DC, CONTOHNYA 25V-CT 25 VOLT. Dan pastikan tegangan seimbang. Biasanya apabila power suplay output simetris tidak seimbang disebabkan oleh dua hal yaitu elco kering dan ada arus pendek di bagian yang drop, misalnya terjadi short pada transistor final.

Apabila menggunakan smps output tidak keluar tegangan cek pada bagian primer(input 220v), cek tegangan apakah telah sampai pada elko 450 volt. Jika sudah kemungkinan transistor fet pada smps mati bisa juga disebabkan oleh komponen pendukungnya. Langkah tercepat untuk ini bisa menggunakan gatcun modul , namun ini sebagai langkah akhir apabila smps tidak bisa diperbaiki.

Contoh kerusakan pada smps speaker aktif polytron PAS78 dimana mengalami keruskaan mati total kerusakan disebebkan oleh FET 7N65C,  gejalanya ketika pertama kali dinyalakan mengakibatkan MCB ngetrip/jeglek.

Sebelum mengganti pada fet tersebut lebih baik cek tegangan gate atau kaki satu pastikan hanya 3 volt dc saja, ketika tegnagan gate lebih dari 5 volt biasanya akan mengakibatkan FET  jebol lagi. cek pada komponen R512, T504 DAN T505.

Kaki gate pada FET 7N65 C  terletak di kaki pertama urutan dari kanan.
Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Speaker Aktif Rusak
Letak kaki gate pada FET 7N65


2. Memperbaiki Speaker aktif suara putus-putus

Bagi pengguna polytron mungkin akan mengalami hal ini. Ada beberapa al yang menyebabkan speaker aktif polytron suara ngadat diantaranya:
  • Solderan pada kaki transistor final retak
  • Transistor final TIP41 TIP42 setengah short
  • Disebabakan oleh NTC yang terletak di bagian primer smps mati, (NTC  bentuknya seperti capasitor namun memiliki warna hitam) 
  • FET 7N65C rusak biasanya lebih sering disebabkan pendukungnya brupa transistor c946 dan a1815. Resistor R512. 

3. Cara Memperbaiki Speaker aktif hanya dengung

Ketika dinyalakan speaker aktif hanya dengung saja meskipun di masukkan suara input. Ini yang sering terjadi adalah bocornya arus dc ke speaker. jika dibiarkan secara terus menerus akan mengakibatkan speaker terbakar. Penyebabnya trsistor final jebol antara colektor dan emitor sehingga arus dc langsung masuk ke output power amplifier.

BACA JUGA: Cara mengatasi transistor final jebol terus
Kerusakan suara hanya dengung, komponen yang mengalami kerusakan akan sama dengan gejala speaker aktif serak oleh karena itu akan digabungkan pada bab berikutnya

4. Cara Memperbaiki Speaker aktif serak

Speaker aktif serak hampir sama dengan speaker aktif dengung hanya saja pada bagian kerusakan yang berbeda yaitu antar transistor final transistor driver.

Pada jenis OCL, yang menggunakan transistor final tip 41C,42C menggunakan transistro driver A733 dan C945 pada tr drivernya. dan pada bagian bias menggunakan C 945. transistor itulah yang biasanya rusak.

Namun tempo hari lalu saya juga mendapati sebuah kerusakan speaker aktif yang mengalami kerusakan suara serak disebabkan oleh tegangan output power suplay drop, penyebabnya adalah elco kering pada bagian sekunder power suplay.

Kerusakan speaker aktif sering terjadi dan kerusakan hanya beberapa komponen yang meski diganti. Karena masalahnya sangat komplek pada bagian ini maka saya sengaja memotret sebuah amplifier speaker aktif merek fujitek sebagai gambaran lebih lanjut mengenai bab yang akan dijelaskan. mengenai istilah istilah untuk lebih mudah dipahami terutama bagi anda yang sedang mulai belajar memeperbaiki perangakt speaker aktif.

Cara memperbaiki speaker aktif suara kecil
Panduan Lengkap Cara Memperbaiki Speaker Aktif Rusak

Gambar di atas merupakan bagian bagian Amplifier speaker aktif yang sering mengalami kerusakan.; Dalam gambar tersebut telah ditunjukan mana yang disebut transistor final dan mana transistor driver. Serta beberapa komponen yang sering mengalqami kerusakan lainya seperti resistor kapur, relay, soket input.

Contoh amplifier speaker aktif  tersebut merupakan jenis amplifier setereo sehingga memiliki dua chanel power amplifier.. apabila salah satu cahnel mengamai kerusakan biasanya speaker aktif akan mengalami mati sebelah.

  • Transistor Final C4465 dan a 1695 

Apabila salah satu mengalami kerusakan gejala yang ditimbulkan beraneka ragam yaitu : suara speaker aktif hanya suara kecil, dengung, serak, pecah, karena arus DC akan mengalir pada output speaker.

Transsitor jenis c4465 ialah NPN sedangkan A1695 merupana PNP. jadi anda bisa menggantinya dengan transistor lain apabila tidak menemukan seri transistor yang sama. Tanda dari kerusakan transistor ialah ketika di ukur menggunakan ohm meter, colektor dan emitor hubung singkat atau bisa juga kaki basis tidak konek dengan kaki colektor dan emitor ketika diukur. untuk lebih jelasnya anda bisa mempelajari tentang bagaimana cara mengukur transistor tip4142 karena jenisnya hampir sama.Pada speaker aktif jenis lain menggunakan transistro final tip3055,tip2955.

  • Transistor driver  

Transistor driver ketika mengalami kerusakan gejalanya hampir sama dengan kerusakan transistor final. Oleh karena itu ketika menemui kerusakan seperti yang telah disebutkan pada transistor final silahkan cek juga pada transistor driver. Berdasarkan pengalaman memang kadang transistor driver tersebut ketika transistor final rusak akan mengalami kerusakan.

  • Soket input 

Untuk memudahkan dalam instalasi perakitan pabrik pembuat membuat sistem soket sebagai sulusi untuk menghubungkan antar blog bagian. Namun dalam penerapanya terkadang soket tersebut menjadi masalah ketika speaker aktif telah lama digunakan. Soket akan mengalami kendor, sehingga akan timbul berbagai gangguan audio seperti :
  • Terjadi dengung mengganggu
  • ada suara grek ketika hentakan bass
  • bahkan membuat suara speaker aktif menjadi kecil
Perhatian pada soket ini apabila memiliki gejal gejala tersebut.

  • Resistor kapur

pada jenis ocl yang menggunakan transistor TIP41C dan TIP 42C biasanya tidak menggunakan resistor fuse di bagian emitornya. Resistor kapur biasanya digunakan untuk transistor dengan daya yang elbih tinggi misalnya tip 3055, 2955, C4465 dan a 1695 Ukuran resistor kapur ini yang banyak digunakan yaitu 0,5 ohm, 0,48 ohm, daya 5 watt, kadang juga menggunakan 2 watt.

  • Relay 

Penggunaan relay berfungsi sebagai pencegah lonjakan arus dc  ketika pertama kali dinyalakan sehingga tidak akan timbul suara jedug pada speaker. Mneggunakan sistem relay memang menguntungkan dari segi gangguan dan kieamanan, namun disiisi lain ketika relay ini rusak maka membuat speaker aktif benar benar tidak bisa bunyi sedikitpun bahkan dengung sedikit saja tidak ada.

5. Cara memperbaiki Speaker aktif suara kecil 

Meskipun volume telah di putar penuh masih saja suara kecil kadang juga disertai suara pecah. speaker aktif memiliki ciri ciri suara kecil dan pecah biasanya belum tentu disebabkan oleh amplifier , oleh karena itu anda perlu membacapenyebab speaker aktif suara kecil.

1. Sumber input 

Ada berbagai merek yang menggunakan tone control mono namun menyediakan soket setreo sehingga ketika digunakan untuk input setereo antara L dan R akan menjadi satu, akibatnya suara setreo tersebut bisa mengkibatkan speaker aktif suara kecil, untuk mengatasinya berikan resistor pembatas pada masing-masing soket agar tidak terjadi hubung singat antara L dan R.

2, Player Mp3 bluetooth 

Untuk model baru rata-rata menggunakan MP3 player sebagai input, dan untuk sistem aux sudah digabungkan ke dalam mode MP3 bluetoth player tersebut. Terkadang volume pada MP3 dalam keadaan minimum yang tidak anda sadari. Sebelum ngecek bagian dalam silahkan setting volume pada mp3 menggunakan remot siapa tahu mp3 player sepaker aktif anda dalam keadaan minimum.

3. Tone control mati 

Dipicu tidak adanya suplay dari power suplay terkadang menjadi penyebab speaker aktif suara kecil, volume masih berfngsi namun hnya kecil saja. Cek tegangan yang berfngsi menuju jalur tone control. Mungkin bagi yang menggunakan tone control model menggunakan ic cek pada basgian jalur menuju ic, apabila ada tegangan namun tetap saja suara masih kecil kemungkianan rusak ic nya.baca juga: penyebab dan cara memperbaiki amplifier suar kecil

Bab 2. Bagaimana jika ternyata Speaker Aktif anda tidak menggunakan transistor?

Bagi amplifier yang menggunakan ic akan lebih mudah, karena biasanya jika menggunakan ic sebagai penguat akhir amplifier hanya memiliki beberapa komponen pendukung. Untuk mengetahui kerusakannya ada beberapa macam sperti

A. Speaker aktif Mati total 

Sebagian speaker aktif mini menggunakan ic sebagai penguat ampli menggunakan sistem SMPS atau regulator, sehingga ketika mengalami kerusakan biasnaya akan langsung mati total. Untuk solusi masalah kerusakan pada SMPS atau power suplai apabila tidak bisa diperaiki bisa digunakan trafo, meskipun akan memakan sedikit ruang pada box speaker aktif. Ini pernah saya terpkan pada speaker GMC yang menggunakan SMPS sebagai power suplainya.

Untuk menerapkanya anda bisa mencari jalur power amplifier biasanya menggunakan ic 2030 dan sejenisnya akan memakan voltase sekitar 12-15 VDC. Cut jalur dari power suplai aslinya dan gunakan saja dioda dari primer regulator carilah jalur ground dan jalur primer(output) (+) dan (-) gunakan trafo 3 ampre agar tidak memakan ruang.

Penggunaan trafo sebagai pengganti power suplay akan lebih tahan lama daripada menggunakan sistem SMPS Regulator. Hanya saja sedikit memakan ruang di dalam box speaker aktif.

B. Spaekr aktif Hanya dengung

Apabila pada bagian tegangan dan ic pendukung masih dalam keadaan baik maka bisa dipastikan bahwa kerusakan disebabkan oleh ic amplifier. Tanda kerusakanya ialah suara hanya dengung saja meskipun sudah diberikan input dan akan keluar tegangan DC pada output speaker.

6. Memperbaiki kerusakan speaker aktif paling parah

jika memang ada kerusakan terlalu parah, misalnya pcb telah hangus dan tidak dipasangi komponen lebih baik ganti dengan menggunakan kit amplifer terpisah. Namun tetap menggunakan tone control , bawaan asli speaker aktive. Tujuasn dari penggunaan dari tone control bawaan ialah kualitas suara agar tidak berubah dan akan menghemat waktu pengerjaan.

Dan sekarang lebih simple lagi karena sudah ada kit speaker aktif satu paket siap pasang ke power suplay ini adalah cara termudah untuk pemula. hehehe

Demikian semoga bermanfaat tentang shering cara memperbaiki speaker aktif suara kecil, dengung, serak, suara pecah,mati.

*onsolder*