Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengalaman Memperbaiki TV LG Pearl black Protek

CARA MEMEPERBAIKI TV LG PROTEK

Memperbaiki tv lg pearl black protek - Mungkin di sini saya hanya akan cerita mengenai kerusakan dan bagaimana saya menyelesaikan kerusakan yang terjadi, bukan untuk membuat tutorial. Sekedar catatan yang mungkin bisa menjadi refrensi bagi rekan semunya.

Gejala tv lg pearl black mengalami kerusakan protek, ketika dihidupkan bisa start namun dalam sekejap langsung kembali ligi ke mmode standby.

Sebenarnaya jarang mendapatkan kerusakan tv lg protek, yang ada adalah tv lg selalu bermasalah mati total, jika tidak hanya bermasalah pada rangkaaian vertikal seperti bergaris garis pada bagian atas. Mungkin ini juga akan menjadi pengalaman baru saya dalam memeperbaiki tv lg protek ini.

Agar lebih jelas saya sudah mencatat seri dan ic yang dipakai dintaranya :
  • Model Body    :  Slim 
  • Ukuran            :   21 INCI
  • Model TV        : 21SA1AG-T4.
  • IC Vertical      : LA78141
  • Tr Horizontal : C6090.
  • IC Utama       : LV76213 3C 5AT3.
Bebebrapa part tidak asing dan mudah mencari penggantinya kecuali ic utama.

Langkah perbaikan tv LG slim protek. 

Biasanya langkah pertama dalam reparasi adalah pegamatan karena dari sini terkadang langsung bisa menyeleaikan pekerjaan, semisal hanya terjadi masalah solderan pada kaki-kaki ic yang bekerja panas, mengalami keretakan.

Secara pengamatan fisik tv ini tidak ada yang mencurigakan, hanya saja tv ini sudah mengalami reparasi sebelunya. Terlihat pada bagian vertikal sudah pernah di solder ulang.

Langkah kedua adalah mengukur beberapa tegangan secara cepat terutama pada bagian b+ untuk flyback. Dalam sekejab tegangan normal 115 volt. Ya untuk tv lg dengan ukuran 21 inci akan sangat normal meskipun di ukur secara kilat.

Kemudian mencari refrensi untuk melumpuhkan pin protek pada tv lg pearl black ini.

Dengan menggunakan ic utama lv76213  3c 5 at3 maka pencarian pun dimulai. Beberapa sumber menyebutkan bahwa pin protek tv lg ini terletak pada bagian pin 29 , dengan membuka kaki tersebut bisa meleumpukan titik protek. Lepas kawat jumper pada bagian tersebut.

Setelah bisa melumpuhkan titik protek, akan bisa menyala tanpa kembali ke mode standby.

Tv bisa menyala, layar bisa menapilkan indikasi protek yang dialami olelh tv lg ini.

Terlihat pada layar hanya terlihat satu garis melitang di tengah layar. Ini membuktikan bahwa rangkaian vertikal mengalami kerusakan. Ternyata protek ini disebabkan oleh rangakaian vertikal mengalami kerusakan.

Kemudaian tegangan ic vertikal diukur ternyata masih normal 27 volt. Ic vertikal pada tv lg pearl black ini disuplai dari output trafo flyback.

Lantas apa yang mengakibatkan tv satu garis horizontal jika tegangan normal?, Tidak ada elko yang mencurigakan, namun perlu dicek satu persatu siapa tau ada yang mengalami kerusakan.

 Dan benar saja ada salah satu elko kering, ketika diukur menggunakan ohm meter elko tersebut tidak dapat mengisi arus listrik. atau jarum tidak dapat bergerak ke kanan. Elco ini berukuran 100 uf 35 volt seperti di tv polytron.

Elco saya ganti dengan menggunakan ukuran 100uf 50 volt karena saya selalu sedia elko berukuran 50 volt karena bisa dipakai di manapun dibanding dengan menggunakan elko dengan ukuran 35volt, meskipun harga elko50v lebih mahal. hehe.

Namun saya tidak berhenti pada penggantian elko ternyata setelah diganti tv tidak ada perubahan masih satu garis horizontal dan ini masih bisa protek.

Saya berfikir secara spekulasi dan karena ada stok ic vrtikal 78141,maka saya pun mengganti ic vertikal meskipun sebenarnya resiko dan cukup ribet untuk memasang ic vertikal .

FIliing saya tidak meleset, mungkin karena beberapa pengalaman yang telah lalu, ide untuk mengganti ic vertikal pun langsung melintas di benak saya. hehehe. dan ini menjadi pamungkas dari permasalahan ini, layar dapat terbuka normal.

Sebenarnya saya tidak hanya mengganti elco 100uf saja ada beberapa elco yang saya ganti diantaranya pada filter output sekunder power suplay juga saya ganti meskipun masih dalam keadaan baik, namun untuk menjaga kualitas maka ganti saja.

Pin protek kembali dipasang tidak ada maslaah protek lagi pada tv lg pearl black ini.

Demikian Pengalaman Memperbaiki TV LG Pearl black Protek, semoga bermanfaat.