Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Merakit Speaker Aktif Agar Suara bass mantap

Tips Merakit Speaker Aktif Agar Suara bass mantap

Tips Merakit Speaker Aktif Agar Suara bass mantap- Ada berbagai hal penyebab merakit sepeaker aktif memiliki suara malah hancur terdistorsi. Salah satunya adalah pada hal penerapan amplifier tidak pada tempatnya, misalkan speaker hanya memiliki daya 100 watt haru dibebani karakter driver 1000 watt, ini salah satu dari sekian banyak penyebab suara speaker aktif tidak jernih.

Pada speaker aktif build up sering ditemukan komponen yang sangat minimalis, artinya setiap kali spesifikasi speaker bisa tersesuai dengan daya amplifier dan control yang digunakan.

Berdasar dari pengalaman pribadi, bahwa merakit speaker aktif dengan tone control asal bunyi tidak menjamin akan menghasilkan suara yang jernih, malah kadang menghasilkan gangguan hum .

Ada beberapa hal yang meski diperhatikan agar merakit speaker aktif suara bisa jernih dan bass mantap.

Merakit speaker biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, misalkan untuk penggunaan outdor pasti mengutamakan suara midle dan hig yang lantang sedangkan untuk digunakan pada ruangan kecil ialah didengar untuk mengahsilkan suara yang hifi dan bass mantap.

1, Karakter speaker

Karakter speaker sangat berpengaruh pada hasil akhir, apabila ingin membuat speaker aktif  untuk sistem subwoover maka bisa menggunakan speaker memiliki karakter sub. maka jangan mengharap suara bass yang empuk apabila menggunakan speaker dengan karaker full range. meskipun memang sering kita lihat pada beberapa speaker aktif menggunakan speaker fullrange namun memiliki range sub yang telah ddisesuaikan engan tone control.

2. Komponen

Komponen berkualitas menentukan hasil akhir merakit speaker aktif. Kualitas komponen akan menentukan suara dan ketahanan perangkat speaker aktif. Ada beberapa merek speaker aktif yang menggunakan komponen seadanya dan memiliki suara yang pas. namun setetleah bebrapa bulan digunakan tidak awet ketika di geber setiap saat. maka dari itu terlebih untuk penggunaan sendiri gunakan kit yang memiliki komponen terbaik. meskipun memang harganya jauh lebih mahal.

3. Box speaker

merakit speaker aktif mengharapkan suara bass mantap harus memperhatikan boc yang digunakan.  ini penting untuk diperhitungkan saat sudah memiliki speaker yang sudah dibeli.

Apabila memiliki karakter subwover mungkin bisa mencari refrensi dengnan box yang pas. Dalam memilih box, meski dipertimbangkan pula, meskipun benar box speaker mobil dapat menghasilkan suara bass yang mengglegar di dalam mobil namun akan memiliki hasil berbeda apabila dibunyikan dalam ruangan. 

Speaker audio mobil memiliki respon subwover dengan daya amplifier yang tinggi. tentu tidak akan cocok apabila hanya menggunakan amplfier dengan daya rendah saat menggunakan trafo kecil atau berdaya rendah.

4. Biaya

Biasanya merakit speaker aktif agar suara jernih dan bas mantap biaya tentu berharap dengan bajet murah namun menghasilkan suara seperti yang diinginkan.

Apakah bisa demikian?. Tentu hal ini juga didasari pada kebutuhan semisal memang hanya penggunaan dalam ruangan dengan budget pas-pasan bisa untuk menghasilkan suara yang sudah mantap terutama apabila penggunaan antara speaker amplifier dan box speaker pas.

Demikian Tips Merakit Speaker Aktif Agar Suara bass mantap, semoga sedikit memberikan refrensi dalam merakit speaker aktif untuk kebutuhan apapun.

BY:onsolder.com