Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TV LG Flatron 21INC Standby Gagal Start

Catatan kali ini onsolder.com akan sedikit menulis tentang tv LG flatron mati standby gagal start. Yang dimaksud gagal start ialah, ketika tv dihubungkan ke jala-jala listrik, lampu indikator akan menyala redup ini menandakan tv bisa start namun tidak ada tanda flyback bisa nyembur, kemudian beberapa saat kemudian led menyala terang atau indikasinya sedang dalam mode standbay.

Menurut pengalaman sebelumnya Tv lg sering mangalami gejala seperti ini apabila kerusakan terjadi pada bagian blog horizontal, entah itu transistor short atau b+ 115 volt tidak ada.

Pengecekan pertama dilakukan pada jalur b+115 volt, dimana saya mendapatkan satu pengukuran ketika diukur di kaki elko 160 volt tegangan normal 115 volt, kemudian diukur di kaki flyback ternyata tegangan 0v. Ini menandakan bahwa resistor fuse putus.

Disini saya juga belajar dari pengalaman sebelumnya bahwa ketika terjadi resistor fuse putus jangan langsung diganti, langkah yang meski ditempuh ialah mengecek pada bagian transistor horizontal.
TV LG Flatron 21INC Standby Gagal Start

Transistor horizontal menggunakan c6090, yang ternyata short. nah dari sini kita analisa lagi apa penyebab transistor mengalami kerusakan, karena jika langsung mengganti transistor, jika kerusakan transistor disebabakan oleh faktor komponen lain, tr horizontal akan mudah rusak lagi.

Yang meski dicek adalah pada bagian capasitor resonant dan flyback. Capasitor resonant ini jika mengalmi penurunan capasitas akan mengakibatkan transistor mudah rusak. Kemudain jika capasitor ini normal flyabaknya short.

Cek capasitor resonant 682n1600v Terukur normal kemudian karena saya belum pernah mengecek flyback saya harus mempertaruhkan satu transistor horizontal baru. Karena kali ini servis panggilan, saya tidak membawa bohlam 100 volt untuk mencegah transistor rusak lagi jika flyback bermasalah.

Penggantian transistor dan resistor fuse telah dilakukan tegangan di kaki flybak sudah normal 115 volt, kemudian tv menyala dengan normal dengan panas transistor dalam keadaan wajar setelah tv dinyalakan sekitar satu jam. tv dianggap normal.

Bagi Anda jika tidak ingin mengalami kerusakan transistor horizontal baru, jika flyback bermasalah, bisa menggunakan bohlam 100 watt yang diseri ke kaki colektor horizontal sebelum kemudian dihubungkan ke pin aslinya. Jika bohlam menyala terang bisa dipastikan ada permasalahan pada flyback. namun jika bohlam tidak menyala, flyback normal.

Demikian mengenai tv lg flatron mati standby gagal start.