Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Perbedaan Simbol Kapasitor dan Elko

Setiap komponen memilki simbolnya masing masing saat ada di gambar skematik maupun ada di papan board, sehingga penting bagi pemula yang sedang belajar elektronika.

Menurut wikipedia, Kapasitor juga disebut dengan kondensator berfungsi sebagai Komponen yang dapat menyimpan energi muatan listrik, Sifatanya sementara dan bisa juga kita menyimpulkan sebagai penyetabil arus pada suatu jalur. Kapasitor juga bersifat sebagai filter frekuensi.

Sebenaranya elko termasuk satu jenis dengan kapasitor, namun karena sedikit ada berbedaan. Pemula harus mengetahui tentang hal ini agar tidak salah dalam membaca skema, apakah simbol elko atau kapasitor biasa.

Simbol kapasitor

Ada berbagai simbol kapasitor di dalam rangkaian tergantung jenis kapasitor yang digunakan. Simbol utama di dalam rangkaian adalah Dengan menggunakan huruf C, atau artinya capasitor dan biasanya jika di board PCB akan diberikan angka setelah huruf C yang nantinya bisa dicocokkan dengan skematik rangkaian.

Misalnya di PCB tertulis C08 maka seharusnya kita cocokan di skema rangkaian berapa ukuran yang terdapat di C08. Hal ini juga berguna ketika kita akan merakit satu rangkaian elektronik yang mengacu pada suatu gambar skematik.

Simbol kapasitor C akan ditulis singkat di skema bertujuan agar lebih singkat dan tidak menutupi skema. Model skema ini akan diberikan keterangan di luar. Sedangkan sebagian skema langsung memberikan satu keterangakn ukuran secara langsung ini biasanya ketika rangkaian sederhana sehingga setiap ukuran komponen tidak menutupi skema.

Kapasitor memliki satuan yang disebut Farad Kemudian dikecilkan Menjadi piko Farad, Nano Farad dan Micro Farad. berikut ini merupakan nilai yang ditentukan dalam satuan farad:

1 Farad = 1.000.000µF (mikro Farad)
1µF = 1.000nF (nano Farad)
1µF = 1.000.000pF (piko Farad)
1nF = 1.000pF (piko Farad)

Karena kapasitor memilki beberapa jenis mari kita bahas  jenis jenis simbol kapasitor.

1. Simbol kapasitor keramik, polyester, kertas, mika

Kapasitor keramik, polyester dan kertas adalah jenis kapasitor yang tidak berpolaritas, sehingga bisa dibolak balik tidak ada masalah ketika pemasangan di board. Tidak ada kaki positif dan kaki negatif untuk ketiga jenis kapasitor tersebut.  Kapasitor memilki satuan piko farad dan nano Farad.
simbol kapasitor atau lambang kapasitor
simbol kapasitor


2.Simbol Elko

Elko atau elektrolit kondensator juga termasuk ke dalam jenis capasitor. Yang menjadi perbedaan antara elko dan jenis kapasitor lainnya adalah elko memilki polaritas positif dan negatif pada masing masing kaki.  Apabila kita memasang terbalik, bisa terjadi kerusakan pada elko parahnya bisa meledak. Elko biasanya memilki nilai Dengan satuan micro farat atau uF.
simbol elko,atau elektrolit kondensator
simbol elko


3. Varibale Capasitor

Variable Kapasitor ini bisa dirubah kapasitasanya. Sepeti halnya pasa potensio, namun bedanya varible kapasitor ini biasanya digunakan untuk trimer frekuensi. Contoh penggunaanya sering ditemui di dalam rangkaian radio dan sesuatu hal yang berhubungan dengan sinyal frekuensi.

Simbol
variable kapasitor

Itulah beberapa simbol kapasitor yang penting dipelajari bagi pemula yangi sedang belajar elektronik. Harus tahu perbedaan simbol kapasitor dan elko karena kedua jenis komponen ini sering digunakan dalam rangkaian elektronik.