Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sekema Rangkaian Soft Start Anti Jeglek Sederhana

Sekema Rangkaian Soft Start Anti Jeglek Sederhana - Listrik dengan kekutan 450 Kva kadang jeglek saat menyalakan perangkat yang memiliki daya berat, terlebih saat listrik digunakan untuk menyalakan banyak perangkat elektronik.Namun terkadang ini hanya terjadi ketika satu perangkat pertama kali dinyalakan. Oleh karena itu kita membutuhkan soft start atau orang sering menyebut dengan inverator.

Fungsi soft star sebenaranya hanya menahan lonjakan arus pada saat perangkat elektronik pertama kali dinyalakan seperti tv, komputer, dan perangkat elektronik yang menggunakan power suplai lainnya. Untuk perangkat yang menggunakan dinamo biasanya akan butuh softstart sekaligus daya yang cukup agar kerja maksimal oleh karena itu gaya softstart memilki fungsinya masing masing.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam membuat soft start menggunakan alat yang mudah ditemukan di rumah maupun harus membeli di toko elektronik.

Jika anda memilki inverator bekas bisa menggunakan cara ini untuk memperbaiki soft start anda dengan menggunakan beberapa komponen yang mudah ditemukan.

Ada beberapa pilihan untuk membuat soft star anti jeglek yaitu kompoen yang bisa digunakan berikut daftarnya :


1. Membuat soft start menggunakan trafo

Sekema Rankaian Soft Start Anti Jeglek Sederhana

Jika anda memilki satu bekas trafo kotak, bisa digunakan sebagai tahanan agar MCB tidak jeglek .

Caranya sangat sederhana yaitu menggunakan lilitan primer trafo sebagai resistor. Ini sebagai pilihan pertama ketika ingin menyalakan gerinda namun daya tidak berdaya.

Tentu tahanan sejenis ini tidak cocok untuk power amplifier karena akan mengurangi arus dan menambah beban. Ini sangat cocok untuk mesin dinamo seperti pompa air, gerinda, planar, dsb.

Kelemahan Menggunakan trafo sebagai tahanan untuk dinamo akan mengurangi tenaga dari dinamo sebenaranya atau putaran kurang kenceng. Oleh karena itu untuk cara ini hanya salah satu jalan bagi anda yang menggunakan daya listrikj 450kv saja, yang ingin tetap bisa menyalakan mesin dinamo

Semakin Besar ampere trafo, maka akan meringankan kerja trafo saat digunakan. Dan ketika menggunakan aplikasi sekema ini anda menggunakan tespen agar bisa mendeteksi mana ground dan positif karena jika terbalik bisa jadi tahanan tidak bekerja maksimal. Pastikan trafo dilalui positif/atau mengandung aliran listrik, trafo seharusnya bukan dilalui ground.

Cara ini sudah terbukti efektif untuk menahan lonjakan arus pada saat dinamo dinyalakan. mesin jahit sampai dengan mesin gerinda.

Menggunakan resistor kapur sebagai soft start

Sekema Rankaian Soft Start Anti Jeglek Sederhana

Nah ini cocok untuk perangkat tv dan jenis perangkat elektronik rumah tangga lainnya. Namun saat anda ingin menggunakan resistor jenis kapur hal meski menjadi perhatian adalah perakitannya.

Kebanyakan orang akan mengisolasi menjadi satu dengan kabel streker sehingga ketika perangkat digunakan sangat lama, akan mengakibatkan kabel yang menempel pada body resistor akan mengelupas. Sehingga sangat berbahaya.

Yang terpenting jika menggunakan resistor kapur gunakan pendingin khusus atau berikan box khusus agar panas dari kapur dapat tersalurkan atau anda pernah memiliki inverator bekas bisa juga digunakan untuk melindungi body dan kawat resistor.

Anda bisa memparalel dua resistor 20 ohm 20 watt 2 buah saja agar kerja resistoer semakin ringan dan berikan pendingan pada body resistor kapur. Perhatikan pada kawat resistor tidak menyentuh pada bagian body besi.

Cara ini sangat efektif untu perangkat tv tabung. Sedangkan digunakan untk dinamo sangat tidak disarankan karena sangat menimbulkkan panas yang berlebih sehingga resistor kapur berpotensi mudah rusak.

Menggunakan bohlamp

Sekema Rankaian Soft Start Anti Jeglek Sederhana

Menggunakan bohlam 100 watt sebagai soft start. Para teknisi biasanya menggunakan bohlam 100 waat untuk digunakan sebagai alat tes tegangan, namun bisa juga lampu bohlam digunakan sebagai soft start.

Para teknisi biasanya menggunakan bohlamp ntuk mengindikasikan ada kerusakan pada sebuah power suplai juga bisa terkadang perangkat yang mengalami kerusakan parah maka bohlam akan menyala terang secara terus ,menerus, namun ketika power suplay atau perangkat elektronik normal biasanya bohlamp akan meredup ketika power suplay telah bekerja dengan normal.

 Ini juga bisa digunakan untuk menyalakan power amplifier berdaya besar. Karena biasanya power memilki trafo besar saat pertama kali dinyalakan akan mengakibatkan mcb ngetrip atau jeglek.

Nah fungsi mcb dirangkaian ini adalah sebagai saklar saja, nanti ketika power suplay bekerja dengan normal  atau bohlamp sudah menyala redup, mcb bisa langsung dinyalakan agar arus dari pln tidak berkurang karena bohlam mengurangi beban dari daya listirk yang digunakan.

Cara menggunakanya yaitu dengan posisi mcb off ketika pertama kali perangkat akan dinyalakan setelah bohhlamp meredup bisa langsung di nyalakan mcb tersebut. nah inilah yang dimaksud soft start.

Menggunakan rangkaian Soft star

rangkaian soft start

Rangkaian soft star dengan menggunakan sistem elektronik sedikit agak rumit jika digunakan pada perangkat lain atau rangkaian hanya bisa digunakana satu perangkat saja. Karena sistem ini menggunakan sistem relay dan jenis lain menggunakan resistor dan capasitor.

 Jika digunakan untuk dua perangkat maka relay tidak akan bekerja ketika sudah menghidupkan satu power suplay. Maka pada umumnya sistem menggunakan elektronik akan ditanam pada bagian power suplay sebuah perangkat elektronik. Rangkaian akan cocok untuk perangkat elektronik yang menggunakan power suplay seperti amplifier, tv, speaker aktif dsb.

Menggunakan sistem ground


Sistem ini mungkin cocok bagi anda yang menggunakan mesin las inverter, karena jika hanya menggunakan tahanan kinerja inverter kurang efektif. Cara Ini sering juga digunakan para tukang kayu rumahan yang menggunakan listrik 450kva. Untuk mengatasi jeglek mereka menggunakan ground sendiri.

Alat yang digunakan yaitu tespen,MCB, kabel dan besi.

Caranya tanam besi ke tanah sedalam setengah meter. Kemudian ketika ingin membuat ground pastikan pada jalur api dan ground kita ketahui terlebih dahulu menggunakan tespen dan jangan sampai salah.

Ground dari Spedo kwh tidak digunakan, kita meggunakan ground sendiri dari besi yang ditanam di tanah,  jadi yang digunakan dari spedo hanya kabel tunggal yang menyala ketika di Tespen.

Jangan lupa menggunakan mcb 2 ampere sebagai pengaman di jalur positif. Agar lebih aman ketika terjadi konsleting.

Notice!
Entah kenapa cara ground ini di peringatkan oleh pegawai PLN, Jika cara ini ilegal maka jangan digunakan!!

Itulah beberapa cara untuk membuat softstart agar tidak jeglek ada beberapa pilihan bisa dipilih salah satu yang mungkin cocok untuk perangkat yang ingin diberikan softstart.