Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Analisa kerusakan TV Tabung Dominan Warna Biru

TV tabung dominan warna biru pada layar bisa di devinisikan berbeda menurut kerusakan.TV tabung dominan Warna biru bisa disebabkan salah satu jalur katoda mengalami kerusakan, Misalkan saja ketika katoda green mengalami kerusakan tidak memancarkan warna hijau maka otomatis akan di dominasi oleh warna biru. Warna biru memang sering mendominasi meskipun kerusakan juga terjadi pada KG(katoda hijau) maupun KR(merah). Sehingga harus benar-benar mengecek pada bagian katoda merah dan hijau ketika menemui kerusakan dominasi warna biru.

Analisa kerusakan tv Tabung Dominan Warna Biru
Analisa kerusakan tv Tabung Dominan Warna Biru 
Hal tersebut pernah saya alami pada tv polytron slim 14 inci yang mana kerusakan di dominasi warna biru sedangkan warna merah tidak tampak meskipun di adjustmen pada sevis mode sudah di maksimalkan, justru ketika dilakukan warna malah semakin aneh, kontras tersa lebih tajam, namun warna tetap semu hitam kebiru biruan. Bahkan untuk transistor RGB sudah diganti dua kali tidak membuakan hasil.

Dari beberapa pengalaman saya dapat menyimpulkan beberapa analisa untuk kedepannya. dan mungkin ini akan berguna bagi anda yang sedang belajar servis tv tabung dengan kerusakan dominan warna biru. dimana kerusakan dominan warna biru ada beberapa gejala. Diantara gejala juga berbeda dalam penanganannya.

Kerusakan warna dominan biru biasanya disebabkan oleh beberapa macam diantaranya:

1. Katoda memilki resistensi tinggi dengan ground

Salah satu katoda tidak dapat memancarkan warna bisa disebabkan oleh katoda sudah lemah. Hal ini bisa disebabkan karena katoda memilki resistensi dengan ground sehingga menimbulkan konduktor di area katoda, akibatnya warna yang dihasilkan oleh katoda tersebut akan berkurang karena drop tegangan dengan ground. Jika Anda mengalami kerusakan tv di dominasi oleh warna biru bisa disebabkan oleh katoda lain, misalnya KG atau KR mengalami keruskan. Perlu dipahami ketika terjadi kerusakan semacam ini biasanya disertai tv layarnya agak sedikit redup namun gambar masih tampak.

Kerusakan tabung gambar salah satunya bisa dipicu oleh tabung sudah berumur tua, jika dikur tegangan normal semua pada jaur rgb. namun dominan warna biru biasanya disebabkan oleh KR dan juga pada KG mengalami kerusakan sehingga warna biru dominan. Oleh karena itu bisa merujuk ke bagaian basis transistor dan juga merujuk kepada bagaian tabung crt.

Yang terpenting pastikan bahwa pada jalur basis transisor rgb masih ada tegangan yang seimbang biasanya 3,3 volt dan toleransinya sekitaran tegangan tersebut. dan pastikan bukan 0 volt. jika 0 volt bisa mengarah opada dioda zener, ic croma ataupun transistor yang bermasalah. Kemudian tegangan screen ketika diukur ada sekitar 300volt.

Sedangkan ketika tegangan masih ada, ada kemungkinan tabung mengalmi kerusakan. untuk mengatasi hal ini biasanya dengan cara cek katoda yang tidak bisa memancarkan warna. Misalkan pada katoda warna merah memilki resistensi terhadap ground. maka yang meski dilakukan harus meruntuhkan resistensi tersebut agar tegangan dapat normal kembali.

Jika diketahui ada salah satu katoda yang mengalami kerusakan semacam ini, caranya berbeda dari dor yang short secara langsung. Ini hanya membutuhkan tegangan efek kejut misalkan dari elko 450 volt saja secara berulang ulang sampai dengan keadaan maksimal. agar bekerja dengan baik panaskan terlebih dahulu pada bagian heater beberapa saat. Kemudian untuk memastikannya bisa mengukur pada masing masing katoda menggunakan ac volt meter ketika heater dipanaskan. Caranya ukur satu persatu tegangan pada masing masing katoda.

Apabila ada salah satu katoda ketika diukur tegangan drop maka itu yang mengalami kerusakan. Ini hanya berlaku ketika kerusakan disertai gambar gelap warna biru mendominasi atau dominan salah satu warna yang lain dengan syarat bahwa tegangan screen dalam keadaan normal tidak drop.

2. Katoda short 

Ketika dihadapkan pada warna biru mendominasi pada layar tv tabung disertai garis garis buku bisa disebabkan oleh dua hal yaitu antara kerusakan pada katoda atau disebabkan oleh komponen pendukung yang short. ciri kerusakan katoda short yaitu gambar tidak nampak dengan jelas dan di dominasi oleh garis garis buku dan warna dominan menutupi keaslian warna gambar.

Katoda biru short bisa megakibatkan dominan warna biru disertai garis buku. Apabila diukur menggunkan volt meter jika katoda biru short dengan ground maka akan terukur 0 volt. ini tentu berbeda ketika menemui kerusakan ketika diukur masih ada tegangan sekitar 50 volt ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada komponen pendukung.

Solusi Katoda biru short dengan ground

Untuk mengatasi hal ini bisa menggunakan efek kejut terhadap katoda yang short menggunakan tegangan tinggi untuk meruntuhkan kerak yang menjadi konduktor terhadap ground. Ini bukan saran yang baik karena kemungkinan berhasil hanya 50 % tergantung keadaan tabung yang ditangani apakah masih dalam keadaan fit atau sudah lanjut usia.

Atau bisa juga menggunakan teknik modifikasi pada tegangan heater. kita memisahkan tegangan heater dengan rangkaian tegangan heater. Artinya kita membuat tegangan sendiri melalui jalur sendiri dangan ground terpisah dari rangkaian tv sehingga katoda yang short terhadap ground bisa teraliri arus dari tegangan video dikarenakan kerusakan ini biasanya disebabkan tehubungnya antara katoda dengan ground heater. Hal ini terbukti efektif namun di beberapa tv kadang tidak work. misalkan ternyata shortnya sudah menjalur pada screen.

Cara memisahkan jalur heater yaitu cut jalur heater h1 pada bagian ground dan juga pada bagian volt h2 sehingga kedua pin dalam keadaan netral. siapkan seutas tali cukup untuk melilitkan ke farrit flyback sebanyak 5 kali(bisa kurang bisa lebih) kemudian kedua ujung kabel tersebut dihubungkan kedua pin tersebut. Jika work maka jalur katoda biru akan teraliri arus dengan normal dan gambar akan normal.

Penyebab kerusakan karena komponen pendukung 

Komponen pendukung bisa disebabkan oleh transistor driver rgb pada warna biru short. Hal ini penting untuk dicek ketika menemui kerusakan semacam ini sebelum metuskan apakah kerusakan disebabkan oleh katoda atau memang disebabkan oleh komponen pendukung. justru bagian komponen di dahulukan sebelum menuju pengukuran terhadap tabung crt. Pada tahap pengukuran tegangan apabila terjadi kerusakan pada komponen pendukung maka akan masih ada tegangan mekipun dalam keadaan drop, misalkan sekitar 50v ini biasanya tabung masih dalam keadaan aman.

Solusi Komponen pendukung 

Ganti transistor apabila memang ketika tv dinyalakan kemudian ketika bekerja pada resistor ke ljlur biru terasa panas dibanding dengan rsistor yang lain. Ini bisa juga dicek dengan cara melepaskan soket rgb kemudian diukur secara pasif. apabila ternyata masih drop bisa disebabakan oleh jalur rgb dan bukan berasal dari kerusakan tabung gambar.

Ini adalah analisa saya terhadap kerusakan tv dominasi warna biru, semoga bis sedikit membantu apakah kerusakan di sebabkan oleh tabung atau disebabkan oleh kerusakan rangkaian RGB.  hal ini penting untuk diketahui agar langkahnya jelas. Langkah pertama pastika Rangkaian RGB dalam keadaan baik kemudian baru menuju kepada tabung gambar.

Hati hati saat menggukur tegangan Blog RGB saat di baypass dengan tabung crt karena pada jalur fokus masih akan memancarkan listrik jika terkena konduktor.

Dan pastikan saat mencopot blog rgb elko 250 volt sudah tidak menyimpan tegangan.

*KB= biru
*KR= merah
*KG= hijau

Untuk lebih lanjut pelajari pada diagram jenis soket RGB .!

Onsolder.com