Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Belajar Elektronika Secara Otodidak

Apakah bisa seseorang belajar elektronika secara otodidak? jawabanya sangat relatif karena kemampuan kepahaman seseorang itu berbeda-beda tergantung seberapa kuat dia mau belajar dan seberapa senang dia dengan elektronika.
Cara Belajar Elektronika Secara Otodidak



Sebenarnya belajar elektronika tidak serumit yang dibanyangkan seperti halnya pada saat sekolah dulu yang mengharuskan menghitung menggunakan rumus fisika yang rumit. Belajar elektronik itu sebenarnya asyik. Percaya deh! Rumus itu juga perlu jika dibutuhkan dalam konteks tertentu, namun dalam prakteknya yang paling berperan penting adalah pengalaman.

Secara tidak kita sadari bahwa elektronika merupakan satu pengetahuan yang membuat kita jadi penasaran. Hal ini akan kita rasakan ketika kita merakit satu rangkaian elektronika. Kemudian juga ketika kita servis elektronik. Dari sana terdapat banyak sekali pertanyaan yang membuat kita menjadi semakin tertarik untuk belajar elektronika lebih dalam lagi.

Ilmu elektronika tidak menuntut latar belakang berpendidikan formal 

Jangan berkecil hati ketika sedang mulai belajar elektronika, karena orang hanya lulus Sekolah Dasar saja mampu untuk memperbaiki kerusakan tv, bahkan mendirikan produksi perakitan tv. Itu artinya ilmu elektronika itu sangat mudah dipelajari oleh siapa saja tidak terlalu butuh berlatar belakang ilmu pendidikan formal. Tinggal kita cari tahu bagaimana cara belajar elektronika secara otodidak.

Otodidak berarti bukan tanpa orang lain, otodidak disini juga bukan berarti tutup telinga dan mata bisa sendiri tanpa bantuan apapun. Yang dimaksud otodidak yang saya maksud adalah mempelajari ilmu elektronik menggunakan cara anda sendiri dengan bantuan media dan orang lain.

Belajar elektronika dengan dasar dan dikembangkan dengan kreativitas 

Ilmu elektronika pastinya tanpa dasar yang jelas sudah pasti memilki resiko untuk gagal lebih besar daripada ilmu yang menggunakan dasar. Misalanya kita mengartikan otodidak dengan hasil eksperiment kita sendiri tanpa mengetahui dasar dalam elektronika pastinya memilki resiko berbahaya. Karena dalam kelistrikan mempertaruhkan keselamatan kerja menjadi nomor pertama dan ketika kita tidak mengetahui dasar apa saja mengenai resiko di bidang elektronika maka keselamatan dipertaruhkan.

Jadi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik menggunakan pengetahuan dasar elektronika yang telah tersedia di internet entah itu berbentuk file ebook elektronika dasar, youtube tutorial elektronika, blog yang membahas elektronika dan bertanya kepada yang sudah memilki pengalaman di bidang elektronika.

Cintai elektronika jika ingin mengusai

Belajar kuncinya adalah senang dengan apa yang dipelajari. Jika kita tidak bisa menyukai dengan apa yang dipelajari kemungkinan akan kesulitan menangkap informasi yang akan dipelajari.

Saya akan edikit saja menyampaikan namun bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang belajar elektronika dasar. padai intinya saya akan menyampaikan beberaapa langkah cara belajar elektronika secara otodididak versi pengalaman saya.

Pelajari elektronika dasar dari hal yang sederhana

Hal yang pertama dan mendasar dari elektronika adalah mpengetahuan akan alat ukur kemudian komponen elektronik kemudian melangkah kepada merakit rangkaian elektronika yang sederhana dengan menggunakan sedikit komponen.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang paling mendasar bagi anda yang benar-benar pemula ingin belajar elektronika.

1. Belajar menggunakan multitester.
2.Pengtahuan dasar tentang komponen elektronik.

Setelah mempelajari kedua hal tersebut kemudian langkah selanjutnya yaitu

Belajar Cara membuat power suplay sederhana menggunakan regulator 7812, kemudian
Belajar merakit amplifier,

Hal yang paling krusial adalah cara menggunakan multitester. Ada dua jenis multi tester, saran untuk pemula lebih baik menggunakan multitester analog. Selain harganya lebih murah bisa dibilang resiko kerusakan ketika terjadi kesalahan dalam mengukur tegangan maka bisa sedikit di toleransi. Sedangkan untuk tester digital penggunaanya lebih mudah namun harus sangat hati-hati karena salah sedikit saja bisa langsung rusak.

Belajar elektronika dasar menggunakan Metode Merakit Amplifier 

Cara yang paling tepat belajar elektronika dasar adalah menggunakan metode perakitan amplifier audio. Belajar elektronika audio adalah hal mendasar untuk pemula yang belajar secara ototdidak. Pada saat merakit amplifier audio kita memasuki dua jenis rangkaian yaitu sistem pengutatan audio dan power suplay.  pertama pelajari cara merakit power suplay untuk amplifier, kemudian baru belajar menyambung ke bagian amplifier.

Perlu diketahui pada saat anda ingin merakit power suplay perhatikan jenis driver audio yang digunakan. Karena masing masing jenis amplifier berbeda, misalanya amplifier yang menggunakan ic kemudian kita cari tahu model power suplay yang digunakan dan berapa tegangan maksimal untuk ic yang digunakan. Itu biasanya ketika membeli produk kit akan diberikan keterangan apakah harus menggunakan CT  atau tidak.

Berbeda lagi ketika menggunakan jenis amplifier ocl 150 watt. Power suplay yang digunakan mengharuskan  sistem simetris atau positif, negatif  dan ct. trafo yang digunakan pun harus menggunakan ct.

Baca juga: Belajar memahami power suplay untuk pemula .

Itulah sedikit gambaran mengenai belajar elektrinika dasar audio yang mengharuskan mempelajari dua hal sekaligus dan paling mendasar. Karena dari rangkaian yang sederhana tersebut kita akan bersangkutan dengan alat ukur, komponen dioda, trafo, transistor, ic. dari situlah anda akan mulai memilki banyak pertanyaan.  dari situlah pengertian belajar elektronika secara otodidak yang dimaksud. Dari pertanyaan dan jawaban yang didapat dari materi yang telah tersedia kemudian pengalaman tersebut akan menjadi pola dasar dalam belajar elektronik kedepan.

Kuncinya dalam belajar elektronika secara otodidak adalah menggunakan metode semakin banyak pertanyaan dan semakin penasaran.

Semoga bermanfaat!!!