Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki TV LG Ultra slim Protek Gagal Start

Cara memperbaiki TV LG Ulatra slim Protek

Cara memperbaiki tv lg ultra slim protek - Tv yang bisa dikatakan protek biasanya akan memiliki gejala ketika dighidupkan flyback bisa start sebentar kemudian tv mati ke mode standby layar kadang ada yang menyala kadang ada yang tidak menyala. Tv LG dengan gajala persis dengan gajala tersebut bisa dikatagorikan protek.

Identifikasi kerusakan tv lg ultra slim protek  

Ketika ingin memperbaiki tv biasanya mengetahui gajala dengan sejelasnya untuk memudahkan dalam identfikasi blok bagian mana yang meski di perbaiki. Untuk teknisi biasanya menanyakan gejala kepada pemilik tv.

Kerusakan yang dialami lg ultra slim ini bisa dikatakan gagal start, namun pemahaman bisa juga mengarah pada protek. Ini bisa ditentukan ketika sudah pada ranah penyelidikan.

TV Gagal start biasanya untuk mengartikan bahwa flyback tidak nyembur namun ketika dinyalakan led indikator berubah warna. misalnya ketika tv menyala led akan sedkit lebih redup kemudian ketika tv standbay led akan menyala lebih terang.

Sedangkan tv protek bisa diartikan bahwa flyback bisa nyembur sebentar kemudian kembali ke mode standbay. Dengan memahami teknik identifikasi akan memudahkan kalian dalam memperbaiki tv dengan lebih efektif.

Langkah perbaikan tv lg protek

Hal pertama ialah membersihkan debu menggunakan kuas pada bagian komponen karena dari sini biasanya akan terlihat dengan jelas ketika menemukan komponen yang bermasalah entah itu terbakar maupun elko meledak di bagian dari komponen tv lg ultra slim.

Lg ultra slim pada jalur vcc ic vertikal berasal dari output flyback seperti tv polytron slim, namun yang membedakan antara lg ultra slim dengan tv polytron u-slim adalah tegangan output yang digunakan. Jika pada polytron menggunakan tegangan simetris 12 0 12 volt maka pada sistem suplay ic vertika lg ultra slim hanya menggunakan stu vcc sebesar 26 volt yang tertulis di papan pcb kaki flyback.

Bca juga: Mengenal blog vertikal tv untuk pemula

Ukur tegangan vcc ic vertikal tv lg harus ada 26 volt normalnya sesuai dengan apa yang tertulis di pcb. Mungkin sebagian dari kita bisa memahami bahwa tidak semua tv protek berasal dari vertikal seperti tv polytron. Namun tidak ada salahnya jika kita menyelami sistem yang ada di tv lg ultra slim ini yang menggunakan vcc dari flyback. Ini hanya sebuah analisa dari kerusakan sebelumnya.

Ketika mendapati tegangan 0v pada vcc vertikal 78141 hal yang meski dilakukan adalah menyelediki kerusakan tegangan tersebut. Misalnya dropnya tegangan berasal dari flybaknya atau dari ic vertikal 78141 short.

Tegangan drop hanya separuh tegangan normal kemungkinan disebabkan oleh elko kering sedangkan ketika tegangan benar-benar 0 volt bisa disebabkan oleh kerusakan pada flyback (bagian horizontal tidak bekrja dan kerusakan ic vertikal short). Hal ini wajib dipahami untuk memudahkan dalam menangani tv lg protek.

Perlu anda lakukan ketika menangani tv lg ultra slim protek adalah pengukuran secara cepat pada bagian vcc vertikal, karena tegangan akan kembali drop ketika tv kembali ke mode standbay.

Mungkin salah satu kasus yang saya alami adalah kerusakan tv lg ultra slim drop tegangan terukur hanya 1 volt ketika tv sedikit bisa start.

Kemudian hal yang saya lakukan adalah mencopot beban vcc dengan cara mengakat ic vertikal untuk mengetahui dimana kerusakan tegangan.

Ternyata ketika ic vertikal diangkat tegangan terukur 27 volt. Ini bisa diartikan bahwa kerusakan tv lg protek ini disebabkan oleh ic vertikal short.

Tidak berfikir panjang langsung saja mengganti ic vertikal 78141 dengan ic baru.

Perlu diperhatikan juga bahwa elko c 313, c309, elko tersebut bisa kemungkinan rusak jika ic mengalami kerusakan hingga short.

Kesimpulan Cara Memperbaiki tv LG  slim protek 

Keusakan protek pada tv lg disebabkan oleh kerusakan pada ic vertikal 78141 short atau bisa juga karena ic tidak bekerja. Jika ic short maka tegangan dari flyback akan drop 0 volt atau drop jauh dari tegangan normal, sedangakan jika ic vertikal hanya mati biasanya tegangan masih normal hanya saja out vertikal tidak ada tegangan dan tv masih dalam mode protek.

Permasalahan bisa sama namun solusi juga bisa berbeda. saya harap artikel ini hanya refrensi saja untuk kalian yang sedang mengatasi tv lg ultra slim protek. Ada permasalahan yang lebih kompleks lagi selain disebabkan oleh ic vertikal misalnya kerusakan pada flyback yang ditimbulkan dari blok horizontal tidak bekerja atau bisa juga over.