Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Speaker Aktif Polytron Mati Total Fet 7n65c Jebol Terus

Speaker Aktif Polytron Mati Total Fet 7n65c Jebol Terus

Speaker aktif polytron mati total tidak hanya disebabkan karena area SMPS  itu sendiri, dimana terkadang penyebabnya adalah bagian sekunder/output terjadi short. Seperti speaker aktif yang sedang saya tangani ini yaitu penyebab kerusakan disebabkan oleh blog amplifier mengalami short pada transistor final. Karena speaker sebelah masih normal, akhirnya speaker serak dipaksakan menyala, maka bagian power suplay bekerja keras untuk menghandle komponen yang short akibatnya speaker aktif polytron mati total. 

Speaker aktif serak sebelah sebenarnya tidak berbahaya apabila transistor final hanya putus atau mati tidak berfungsi. Salah satu cara aman adalah dengan memutus kabel speaker agar tidak terhubung dengan amplifier maka amplifier tidak akan bekerja apabila tidak terhubung dengan speaker. Itulah mengapa dengan memaksakan menyambung speaker aktif serak akan menjadi berbahaya untuk power suplay dan juga speaker jika jelas ada arus dc yang keluar ketika output diukur menggunakan DC meter. 

Kenapa speaker aktif Polytron mati total tidak tahan lama setelah di pebaiki ? 

Ada beberapa kemungkinan entah itu komponen yang digunakan untuk mengganti tidak orisinal dan juga terkadang disebabkan oleh komponen yang tidak terdeteksi ketika dicek. 

Misalnya ketika terjadi mati total yang disebabkan oleh tegangan gate FET over dari 5v, ketika fet 7n65c diganti baru akan tidak tahan lama. hal yang meski diselidiki ketika menemukan kerusakan semacam ini adalah mengecek pada bagian komponen aktif transistor dan dioda jalur gate yaitu 

R 512 = 330 0HM

T505 = C1815

T504  =A1015

Pada permasalahan yang saya hadapi sering mendapati ketika fet jebol terus terjadi karena transistor T505 dan T504 rusak sehingga tegangan gate over. 

Untuk kali ini saya mendapati kerusakan fet jebol dengan kondisi r512 330 ohm putus dan juga transistor c 1815 short.  kemungkinan yang terjadi adalah ketika fet jebol, resistor 330 ohm langsung putus. 

Satu pelajaran terpenting adalah ketelitian saat pencarian sehingga fet jebol terus menerus dapat terhindarkan. 

Gunakan multitester digital agar tegangan gate dapat terdeteksi secara lebih tepat. pembacaan nilai pada tester analog cenderung kurang tepat sehingga kadang menggunakan tester analog penglihatan kita meleset terhadap jarum penujuk atau kadang error. 

Permasalahan ini mirip dengan permasalahan yang terjadi pada tv politron yang menggunakan fet 7n65c. yang menjadi perbedaan hanya terletak pada output.

Selain pada kerusakan pada smps kita juga harus menyelediki pada blog amplifier. Karena kemungkinan kerusakan bisa terjadi akibat dari kerusakan arus pendek pada bagian blog amplifier yang mengakibatkan fet langusng jebol ketika diganti. 

Fet jebol terus pada speaker aktif polytron memang repot untuk dikendalikan dalam keadaan terburu-buru salah sedikit saja kita akan kehilangan fet baru. 

Kenapa transistor tip 41 dan 42 c tidak awet digunakan di speaker aktif polytron ? 

Meskipun saya belum benar-benar menemukan pokok sebab kerusakan ini, namun saya bisa menyimpulkan bahwa komponen tip yang beredar di pasaran merupakan produk tiruan dari st. sehingga tidak awet ketika dipasangkan ke speaker aktif polytron yang memilki daya untuk menghandle 4 speaker sekaligus dalam sekali kerja. 

Baca juga: cara mengukur transistor tip 41c dan 42c 

Untuk mengatasi hal ini bisa diakali dengan menggunakan daya transistor yang lebih besar. Memang untuk pemasangan di heatsing ribet karena dudukan yang di desain oleh polytron memang hanya untuk transistor tip. kita bisa menggunakan kabel yang di pasang di kaki transistor. 

TIP41C NPN =JALUR POSITIF 

TIP42 C PNP= JALUR NEGATIF. 

Tinggal kita samakan dengan transistor pengganti misalnya transistor toshiba, sanken, atau yang lainya seperti tip 3055 juga bisa namun tidak disaranakan menggunakan yang kw Hanaya

Baca juga: transistor pengganti tip 41c dan 42c  

Itulah kedua permasalahan yang ingin saya sampaikan, kedua permasalahan tersebut saya sampaikan berdasarkan apa yang saya alami sendiri. Terlepas anda harus mengambil kesimpulan sendiri mengenai speker aktif mati total. Jadikan materi shering saya sebagai referensi dalam memperbaiki speaker aktif polytron karena tidak sepenuhnya kerusakan sama solusinya juga sama.