Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi TV Layar Menyempit Bergelombang

Cara mengatasi tv layar menyempit bergelombang
Cara mengatasi tv layar menyempit bergelombang  

Sebuah kerusakan yang akan dialami semua jenis tv CRT yaitu layar terlihat gelap menyempit bergelombang horizontal. Secara sederhana kerusakan ini bisa digambarkan terlihat garis-garis rambut berwarna biru dan putih di tengah layar tidak beraturan. 

Kerusakan semacam ini bisa kita lihat pada satu permasalahan dasar yaitu tv satu garis horizontal atau garis mendatar. Bisa kita simpulkan bahwa ini permasalahan pada blog vertikal tepatnya di bagian yoke lilitan vertikal. 

Lilitan vertikal letaknya di bagian luar defleksi yoke sedangkan lilitan yang menempel pada tabung atau bagian dalam merupakan defleksi horizontal. 

Ada beberapa contoh kasus kerusakan semacam ini dapat terjadi pada berbagai merek tv. Kerusakan layar menyempit bergelombang tidak beraturan bisa terjadi kadang normal kadang bergelombang horizontal. 

Saya akan sedikit menceritakan kerusakan pada tv yang pernah mengalami kerusakan layar menyempit bergelombang horizontal/mendatar. 

Baca juga: Mengatasi layar tv menyempit kurang penuh atas bawah

1. TV Polytron slim 

Kadang ketika dinyalakan hanya telihat gelap disertai garis rambut bergelombang kadang ketika dimatikan dan dinyalakan lagi tv normal. Kerusakan ini identik dengan usia pakai dan kualitas produk defleksi yoke yang digunakan. Setelah saya amati defleksi yoke menggunakan lem keras pada bagian atas. ketika lem tersebut terkelupas/pecah karena panas tabung tv, akibatnya lilitan defleksi yoke vertikal akan kendor sehingga mengakibatkan tv kadang normal kadang garis bergelombang. Ini sering ditandai ketika tv dinyalakan terdengar bunyi berderik di area yoke.  

2. LG 

Masih kerusakan yang sama kadang normal pada tv lg namun ini sangat jarang ditemui hanya saja pada beberapa kasus ini sering terjadi pada tv tabung yang sering digeser atau dibawa dari perjalanan jauh atau tv yang sudah berumur kemudian dibawa menggunakan sepeda motor melewati  jalan bergelombang sehingga mengakibatkan rontoknya lem yang ada di defleksi yoke. Ini sering terjadi pada jenis tv slim 21 inci karena menggunakan lilitan panjang. Lililtan panjang jika tidak di kunci dengan lema akan bergetar ketika mendaptkan arus dari vertikal blok. 

3. Tv china 

Pada kerusakan tv china malah jarang terjadi karena defleksi yang digunakan menggunakan tembaga asli. Berbeda dengan kedua kasus diatas yang mana mereka menggunakan kawat email berwarna putih bukan tembaga. Tv china rakitan menggunakan tabung monitor rekondisi sehingga defleksi yoke terkondisikan lebih baik. 

Setelah memahami keadaan tv normal kadang bergelombang sekarang kita membahas tentang tv yang bergelombang permanen, ketika tv dinyalakan hanya telihat garis-garis rambut arah melintang horizontal. Kerusakan ini disebabkan oleh kerusakan defleksi yoke vertikal pada salah satu lilitan. 

Memahami kerusakan Defleksi yoke vertikal putus

Ada dua macam kerusakan ketika terjadi kerusakan defleksi verikal putus. Pemahaman dasarnya ialah: 

Ketika gejala tv satu garis horizontal atau melintang tidak bergelombang biasanya kerusakan karena kabel menuju defleksi verikal putus. Untuk memastikanya bisa mengecek menggunakan ohm meter pada masing masing kabel menuju lilitan vertikal, terlepas pada bagian kerja blok vertikal sudah dipastikan normal.  

Kerusakan gambar/layar menyempit bergelombang yang disebabkan oleh kerusakan defleksi vertikal bisa disebabkan oleh salah satu lilitan terjadi putus. Itu artinya kabel dari mesin vertikal masih menyambung namun salah satu dari kedua lilitan vertikal mengalami kerusakan. Mungkin sebagian dari anda belum tahu bahwa lilitan defleksi yoke vertikal terdiri dari dua lilitan yang dirangkai secara parelel. yaitu antara lilitan atas dan lilitan bawah. 

Cara Mengatasi TV Layar Menyempit Bergelombang
gambaran sederhana defleksi yoke vertikal


Apabila salah satu putus akan terjadi gambar bergelombang. Untuk memastikan kerusakan antara lilitan atas dan bawah anda harus memisahkan keduanya ketika mengukur menggunakan ohm meter. 

Kerusakan defleksi yoke sering dialami oleh tv yang sudah berumur, salah satu yang pernah saya alami adalah kerusakan tv sharp dengan gejal layar gelap bergelombang. Dalam pengamatan terlihat ada bercak jamur pada lilitan vertikal. Dan benar saja ketika defleksi yoke vertikal dibongkar ternyata kawat email sudah rapuh dan terjadi beberapa sudah putus. Meskipun begitu saya mencoba menyambung kawat tersebut dan melilit ulang. Hasilnya tidak ada maslah meskipun ada 3-4 sambungan dalam suatu lilitan defleksi yoke. 

Melilit ulang defleksi yoke vertikal bisa menjadi pilihan selain mengganti defleksi baru, karena selain menghemat biaya cara ini cenderung efektif dengan catatan kawat defleksi masih bisa dikondisikan. Kelemahan menggunakan sambung ulang adalah ketika melilit ulang kadang gambar mengalami sedikit masalah. misalnya pada bagian pojok layar terdapat potongan gambar dan kadang ada warna pelangi di bagian pojok-pojok layar tv. 

Sederhana namun orang yang masih pemula pastinya masih bingung mengenai kasus sederhana semacam ini jika belum memilki pengetahuan dasar tentang cara kerja tv. Untuk melihat gejala tentu harus mengenal cara kerja agar pemahaman logika lebih mendalam lagi dalam mengatasi kerusakan tv tabung.

Demikian tentang tv layar menyempit bergelombang semoga bermanfaat!! 

www.onsolder.com