Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amplifier Kelas B: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Aplikasi

Amplifier adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk memperkuat sinyal audio. Amplifier dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti audio mobil, audio rumah, audio panggung, dan lain-lain.

Ada berbagai jenis amplifier, salah satunya adalah amplifier kelas B. Amplifier kelas B adalah jenis amplifier yang paling sederhana dan paling efisien. Namun, amplifier kelas B memiliki beberapa kekurangan, seperti distorsi dan efisiensi yang tidak optimal.

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang amplifier kelas B secara mendalam. Kita akan membahas tentang pengertian, kelebihan, kekurangan, dan aplikasi dari amplifier kelas B.

Pengertian Amplifier Kelas B

Amplifier kelas B adalah jenis amplifier yang bekerja dengan cara mengoperasikan dua transistor secara bergantian. Setiap transistor hanya aktif pada setengah siklus sinyal input.

Gambar di bawah ini menunjukkan rangkaian dasar dari amplifier kelas B.

Pada rangkaian tersebut, transistor Q1 dan Q2 dioperasikan secara bergantian. Ketika sinyal input positif, transistor Q1 aktif dan transistor Q2 nonaktif. Ketika sinyal input negatif, transistor Q1 nonaktif dan transistor Q2 aktif.

Dengan cara ini, amplifier kelas B dapat menghasilkan sinyal output yang memiliki amplitudo yang sama dengan amplitudo sinyal input.

Kelebihan Amplifier Kelas B

Amplifier kelas B memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

 Efisiensi tinggi

Amplifier kelas B memiliki efisiensi yang tinggi, yaitu sekitar 78%. Hal ini karena amplifier kelas B hanya mengoperasikan transistor pada setengah siklus sinyal input.

 Biaya produksi rendah

Amplifier kelas B memiliki biaya produksi yang rendah karena rangkaiannya yang sederhana.

Kekurangan Amplifier Kelas B

Amplifier kelas B memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

 Distorsi

Amplifier kelas B menghasilkan distorsi yang tinggi, terutama pada sinyal input yang memiliki amplitudo rendah. Hal ini karena transistor Q1 dan Q2 hanya aktif pada setengah siklus sinyal input.

 Efisiensi yang tidak optimal

Efisiensi amplifier kelas B tidak optimal pada sinyal input yang memiliki amplitudo rendah. Hal ini karena pada sinyal input yang memiliki amplitudo rendah, transistor Q1 dan Q2 tidak bekerja secara optimal.

Aplikasi Amplifier Kelas B

Amplifier kelas B banyak digunakan dalam berbagai aplikasi audio, antara lain:

 Audio mobil

Amplifier kelas B sering digunakan dalam audio mobil karena efisiensinya yang tinggi.

 Audio rumah

Amplifier kelas B juga sering digunakan dalam audio rumah, terutama untuk sistem audio yang tidak terlalu kompleks.

 Audio panggung

Amplifier kelas B tidak cocok digunakan dalam audio panggung karena distorsinya yang tinggi.

Penutup

Amplifier kelas B adalah jenis amplifier yang sederhana dan efisien. Namun, amplifier kelas B memiliki beberapa kekurangan, seperti distorsi dan efisiensi yang tidak optimal.

Amplifier kelas B cocok digunakan untuk aplikasi audio yang tidak membutuhkan kualitas suara yang tinggi, seperti audio mobil dan audio rumah.

Kata Kunci:

 amplifier kelas B

 pengertian amplifier kelas B

 kelebihan amplifier kelas B

 kekurangan amplifier kelas B

 aplikasi amplifier kelas B