Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Penyebab dan Cara Memperbaiki Amplifier Suara Kecil

Penyebab dan Cara Memperbaiki Amplifier Suara Kecil

Power amplifier suara kecil belum tentu terjadi kerusakan pada sistem ampli, bisa jadi kerusakan suara kecil di sebabkan oleh hal lain, seperti audio jack, soket jek dan jenis perangkat input amplifier. Oleh karena itu perlu anda analisa lebih baik agar tidak salah langkah. 

Pada kondisi normal, amplifier yang telah tersambung dengan speaker ketika volume di buka maka otomatis disentuh pada bagian input akan ada respon normal bunyi "drreeet!". Respon tersebut bisa menjadi indikator pada kerusakan. Jika responya kecil dari suara normal, itu bisa diartikan kerusakan. Namun pastikan saat menyentuh jack anda tidak memegang bagian ground jack agar suara yang dihasilkan oleh input tidak terdistrak oleh ground. Respon input saat tangan menyentuh ground dan tidak itu ada perpedaan. Hal tersebut menjadikan kadang bingung antara suara ampli keluaran normal atau memang ampli rusak. 

Mungkin yang anda cari kali ini adalah memperbaiki power amplifier yang sudah dipastikan hal yang berkaitan dengan sistem input sudah pasti tidak bermasalah. Yang anda maksud berarti kaitanya dengan sistem driver. 

Namun perlu anda catat bahwa bagi anda yang menggunakan jenis amplifier yang menggunakan penguatan preamp pada bagian input, Hal itu yang meski diselidiki terlebih dahulu. Salah satu jenis amplifier memilki preamp sering dimiliki oleh amplifier rumahan, dimana biasanya menggunakan tone control dalam satu box amplifer dan sistem ini juga digunakan oleh Power ampli build up.

Nah untuk mengecek kerusakan ampli jenis menggunakan Preamp bisa menggunakan teknik putus pada bagian tone control dan juga amplifier. Jika cek input power amplifer normal, anda bisa memutuskan ada kerusakan pada bagian tone control. 

Penyebab amplifier suara kecil
www.onsolder.com

Pada beberapa perangkat amplifier sebelum memutuskan untuk menyeleidiki bagian mesin, anda juga harus mencoba mengecek soket jeck apakah ada kerak karat atau tidak penyebab terhambatnya sinyal masuk ke amplifer. 

Pada ampli yang menggunakan control setereo, sering terjadi suara kecil sebelah diakibatkan oleh potensio setereo mengalami kerusakan sebelah. Selain dari pada itu, kerusakan bisa juga diakibatkan oleh preamp yang digunakan oleh tone control entah itu menggunakan ic op-amp maupun menggunakan transistor.

Penyebab amplifier suara kecil
contoh tone control menggunakan ic/www.onsolder.com
Pilihanya ada dua kemungkianan, misalnya terjadi kerusakan pada potensio volume setereo berarti ciri yang diakibatkan adalah suara akan tetap besar ketika disentuh pada bagian jalur setelah potensio. Jika terjadi kerusakan pada ic 4558 ataupun transistor maka ketika disentuh setelah jalur volume biasanya suara akan tetap kecil. Tentu ini analisa. 

Cek jalur tegangan untuk suplay tone control. Suara kecil kebanyakan disebabkan karena tone control dalam keadaan mati.

Lantas kenapa masih mengeluarkan suara meski kecil? Hal ini karena jalur input masih terhubung langsung ke jalur output melalui beberapa resistor dan capasitor. 

Apabila yang terjadi ternyata adalah amplifier, driver masih menghasilkan suara kecil ketika di sentuh, maka ini bisa kerusakan terjadi pada driver. Baca juga: cara menyambungkan amplifier mobil ke listrik rumah 220v

Penyebab ampli suara kecil

Amplifier suara kecil dapat disebabakan oleh tegangan kurang sehingga kerja pada beberapa komponen tidak tersalurkan oleh tegangan yang kurang. Misalnya kinerja transistor final minimal 25 volt (setiap transistor memiliki volt berbeda) sedangkan ketika terjadi kerusakan pada power suplay transistor tidak dapat bekerja. Pada beberapa kasus ini sering terjadi akibat transistor penguat suara atau preamp pada driver tidak mendapatkan arus sesuai dengan spesifikasi suplai transistor ataupun ic sehingga mengkibatkan sinyal yang diterima oleh transistor final akan kecil. 

Hal ini bisa dibuktikan oleh amplifier yang kurang daya. Misalnya dipakasakan untuk menghandle banyak speaker suara akan cenderung distorsi. Hal ini karena pada tegangan transistor menjadi drop. Akibatnya transistor tidak terpenuhi arus yang dibutuhkan. Kesetabilan tersebut bisa dikaitkan dengan driver. Dimana driver sering mengambil tegangan melalui sebuah resistor pembatas, sehingga ketika terjadi drop pada tegangan utama otomatis arus yang mengalir ke driver menjadi sangat terganggu. 

Penyebab kerusakan arus kecil bisa disebabkan oleh kerusakan elko filter pada power suply yang menyuplai amplifier. Hal ini sering kita tidak sadari ada keanehan di sistem amplifier, dimana kadang tegangan bisa diabaikan padahal ini yang paling penting dalam memperbaiki amplifier. Sebagian ketika menemui kerusakan amplifier dalam keadaan suara kecil atau konslet hal yang pertama dilihat hanya komponen transistor padahal tegangan bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kerusakan komponen. 

Contoh kasus kerusakan pada tegangan terjadi power ampli menggunakan dua buah elko ukuran 10.000 uf, kemudian terjadi kebocoran pada salah satu elko. Ini bisa mengakibatkan tegangan drop pada salah satu polaritas. Misalnya terjadi drop pada tegangan negatif maka transistor yang di suplay oleh tegangan positif akan menjadi bekerja lebih keras sehingga terjadi kerusakan pada bagian transistor positif. ini sering terjadi pada jenis ampli ocl. Itulah pentingya melihat detail tegangan., 

Analisa amplifier suara kecil 

Kita bisa mempraktekkan ketika input disambung langsung ke ground maka tidak akan ada output yang mengalir. Hal ini kaitanya dengan sistem pengutan sinyal. Pengolah sinyal dari input pertama. Misalnya sistem penguatan menggunakan transistor seperti OCL 150 watt. Ada beberapa transistor yang terhubung langsung dengan ground pada bagian emitornya. Jika transistor short maka sistem input akan terhubung langsung dengan ground. 

Selain pada analisa pertama dengan ground, kita juga menganalisa pada jenis ampli yang menggunakan ic sebagai olah sinyal input seperti ocl 140watt. jika ic mati Maka kekuatan sinyal hanya berhasil lolos yang sudah dibatasi oleh resistor dan capasitor sehingga sinyal kecil yang menuju basis transistor driver. 

Amplifier suara kecil disertai serak

Hal berbeda jika anda menemukan kasus kerusakan suara kecil disertai serak. Kerusakan jenis ini biasanya disebabakan oleh kerusakan transistor final amplifier. Hal ini bisa di deteksi dengan menggunakan DC meter. Jika ada aliran arus DC pada out spaker bisa diartkan ada kebocoran arus dari tegangan suply menuju ke output speaker. Hal yang berhubungan langusng dengan out speaker rata rata adalah transistor final dan transistor drive. hal ini jelas. Baca juga: cara menambah transistor final amplifier

Demikian yang dapat saya sampaikan bukan tutorial hanya saja analisa jauh lebih penting untuk pemahaman lebih lanjut untuk memperbaiki amplifier suara kecil. 

Hal yang bisa dibantah silahkan karena saya hanya manusia biasa yang masih awam dan ingin belajar lagi mengenai ilmu dan pengalaman tentang elektronika. www.onsolder.com

nb

Preamp adalah sistem pengutan dan pengolah sinyal pada suatu perangkat audio.