Cara Memperbaiki Flyback Bocor TV Tabung Tapi Hati-hati

Memperbaiki Flyback Bocor
mengatasi flyback bocor

Cara fatal memperbaiki cop flyback bocor pernah saya lakukan beberapa tahun silam. Saya membeli cop flyback yang masih ada kabelnya, kemudian saya sambung secara langsung dan di isolasi. Pengalaman lucu sekaligus mengerikan jika pengalaman mengatasi cop flyback dengan cara tanpa dasar pengetahuan yang cukup. Saya berfikir dengan cara menyabung kabel akan selesai, ternyata caranya salah. Oleh karena itulah saya menulis tentang mengatasi flyback bocor terutama di bagian cop. 

Tv dengan gejala flyback bocor dengan ditandai ada suara desis dan juga ledakan pada saat pertama kali dinyalakan bisa menjadi pemicu kerusakan yang lebih parah. Dalam beberapa kasus kerusakan flyback bocor bisa mengakibatkan transistor horizontal langsung jebol. 

Pada kasus ringan ini sering dialami oleh kerusakan pada cop flyback. Penyebab umum karena faktor suhu ruangan yang lembap sehingga tabung yang terbuat dari kaca akan menghasilkan embun yang berakibat pada kelembapan pada cop. Lambat laun ini akan mengakibatkan listrik tegangan tinggi akan keluar dari cop flyback. Hal tersebut memicu terjadinya celah pada cop dan juga kaca yang menopang cop flyback. Kebocoran flyback akan selalu terjadi karena celah tersebut telah terbentuk dan sulit untuk ditangani. 

Jika masih beruntung kaca belum ada goresan bekas arus tegangan tinggi, ini masih bisa diatasi dengan mengganti cop flyback. Jika masih saja bocor meskipun sudah diganti cop yang baru, bisa ditambahkan siller. 

Kenapa tidak dilem G saja?

Mungkin ini logis secara kasat mata, namun beberapa kali mencoba dengan lem "G" ataupun sejenisnya malah kebocoran malah semakin parah dibandingkan tanpa menggunakan lem. 

Cara mengganti Cop flyback

Seperti yang saya paparkan tentang kesalahan saya di atas bahwa mengganti cop yang salah adalah dengan menyambung kabel bawaan cop menggunakan isolasi. Sedangkan cara yang benar yaitu dengan memasang cop baru ke kabel cop flyback dan membuang cop flyback yang lama. Cara ini cukup mudah namun sulit bagi yang belum pernah. Kabel bawaan bisa dilepas dengan mudah dari lubang. Jadi jangan berfikir bahwa kabel tersebut sulit untuk dilepas dari lubang. 

Cara melepasnya yaitu dengan membuang kacing besi di dalam cop, kemudian baru ditarik. 

Cara Memperbaiki Flyback Bocor TV Tabung
cara melepas cop flyback

Begitupun saat memasangnya masukkan dulu, baru dipasang kancingnya setelah masuk.  

Jangan sekali-kali menyentuh cop flyback pada kondisi menyala! ini sangat berbahaya karena pada kondisi menyala dan bocor bisa mengakibatkan tangan terkena tegangan tinggi. 

Harus diingat agar anda tidak kaget tersengat sisa tegangan, shortkan dulu sebelum mencopot cop flyback dari tabung. 

Apa yang harus dilakukan jika masih tetap saja bocor?

Cara Memperbaiki Flyback Bocor TV Tabung
siler penolong

Ada beberapa kasus kerusakan cop flyback bocor setelah diganti maupun ditambal lem siller tetap saja bocor hal ini kemungkinan ada kenaikan tegangan lebih tinggi. Ini bisa dicek pada tegangan b+ 115 volt pada flyback.

Selain tegangan b+ kadang bisa juga karena kapasitor yang terhubung dengan transistor horizontal mengalami pengurangan nilai kapasitas sehingga meningkatkan kinerja transistor horizontal yang berefek pada tegangan flyback yang lebih besar.

Ada kemungkiann memang flyback dalam keadaan over sehingga perlu diganti dengan flyback baru. Hal ini pernah saya alami sebelumnya bahwa kadang penyebab keluarnya arus tegangan tinggi keluar cop flyback disebabkan oleh kerusakan pada flyback yang over. Namun catatan tegangan normal pada b+ sudah dipastikan normal.(setiap tv memilki standar berbeda terutama khusus tv sanyo dan ukuran tabung tv)

Hal mendasar yang mengharuskan mengganti sebuah komponen flybak ialah 

  • Flyback mati dan short.
  • Flyback bocor pada body. 
  • Flyback bocor pada kabel. 
  • Kerusakan screen Adjuster.
  • Kerusakan Output Fokus. 

Dan beberapa kerusakan output lainnya. 

Bocor pada body maupun kabel bagian tengah sangat sulit diatasi menggunakan lem apapun. Meskipun bisa biasanya tidak tahan lama sehingga tidak disarankan untuk menggunakan lem. Jika memungkinakan ada gantinya lebih baik diganti meskipun hanya menggunakan persamaan seri flyback yang digunakan. 

Pada kerusakan hanya bocor di pangkal kabel flyback dekat body kebanyakan menggunakan teknik menggunakan lem plastik. Beberapa memang berhasil namun hanya 50% keberhasilanya. Kurang beruntungnya kerusakan malah tambah parah ke bagian komponen lain saat uji coba. 

memperbaiki flyback bocor bisa dibilang gampang-gampang susah, soalnya ada beberapa kali kasus kerusakan ini tidak bisa tertangani dengan baik. Tetap saja masih bocor karena masih ada celah goresan bekas arus tegangan tinggi di kaca untuk menopang cop yang seharusnya hampa udara. Beberapa orang berhasil dengan cara mengguanakan cat atau pilog untuk menambal goresan. Tentu ini saran yang baik patut anda pertimbangkan ketika menemui ada goresan. 

Demikian semoga bermanfaat!!www.onsolder.com


Juragan Mlinjon

Saya senang berbagi informasi dan pengalaman yang saya tahu. Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

berkomentar sesuai dengan topik dan jangan menyertakan link aktif ! karena tidak akan di terbitkan

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama