Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Advance Digital Mati Total

Cara Memperbaiki Speaker Aktif Advance Digital Mati Total

Speaker aktif merek advance Digitals blueotooth dengan gejala kerusakan mati total. Indikasinya dari pertama kali dinyalakan speaker aktif advance mengalami konslet yang mengakibatkan ledakan. Sebelum terjadi ledakan ada dua gejala yaitu, pertama speaker hanya dengung dan kedua speaker kadang hanya bunyi jedug-jedug. 

Indikasi konslet ini dapat diketahui ketika ada ledakan yang mengkibatkan MCB langsung jeglek. Ledakan berasal dari area power suplay primer tepatnya di R12, R13, R14 dan R26. Resistor tersebut terhubung langsung secara paralel dengan kaki nomor 3 FET TSF5N60M. 

Dari melihat gejala kerusakan, kemudian kita analogikan menjadi sebuah analisa untuk mengetahui penyebab kerusakan speaker aktif advance mati total. 

Langkah Memperbaiki speaker aktif konslet

Pertama karena speaker aktif menunjukkan hanya dengung tidak ada suara input, kita harus analisa pada bagian blok amplifier. Hal yang meski dilakukan adalah mengecek antara jalur positif dan negatif dan ground. Apabila antara ketiganya terhubung singkat tanpa ada resistensi, bisa kita indikasikan ada konslet pada bagain tertentu terutama ic amplifier. 

speaker aktif advance konslet

IC yang digunakan oleh speaker aktif advance digital ini menggunan ic tda 2030. Untuk mengetahui kaki suplai ic tda, kita bisa mengurutkan dari elko positif dan negatif. 

Bila tidak mengindikasikan ada short pada ic namun suara speaker aktif hanya dengung tidak ada suara kita langsung menuju dioda penyearah letaknya di bagian output regulator/power suplay. dekat dengan trafo. 

Kebetulan yang sedang saya tangani ini ternyata awalnya hanya terjadi kerusakan pada dioda output power suplay. Hal ini terdeteksi ketika saya mengganti primer regulator dengan menggunakan trafo biasa. Dalam rangkaian regulator tersebut, saya memodifikasi dengan trafo biasa dengan hanya memanfaatkan bagian outputnya saja sedangkan bagian primernya saya buang. 

Setelah penggantian trafo Speaker aktif menunjukan tidak nyala sama sekali pada bagian mp3 player namun ada suara dengung terdengar dari speaker. Pantas saja apabila terjadi kerusakan pada bagian primer regulator. Hal ini disebabkan oleh bagian FET tidak kuat menahan arus pendek yang terjadi pada dioda penyearah. Tentu feedback pada optocopler menjadi over dan terjadilah konslet pada bagian resistor. 

Proteksi pada sekring tidak putus kemungkinan kekuatan sekring lebih kuat daripada kekuatan resistor sehingga yang putus adalah resistornya. 

Entah rusak atau tidak pada bagian fet namun dengan tanda yang telah parah bisa jadi rusak bisa juga fet sebenarnya masih normal karena diputus oleh resistor yang telah saya sebutkan di awal. 

Jikapun ic TDA 2030 mengalami short bisa juga mengakibatkan gejala yang sama. Analisa diperlukan dan alat ukur harus selalu digunakan agar keberhasilan dalam memperbaiki speaker aktif yang menggunakan SMPS semacam ini bisa lebih hemat biaya dan waktu. 

Baca juga: cara memperbaiki speaker aktif polytron mati total fet 7n65c jebol

Ada penyebab lain selain seperti yang saya tangani. jika gejalanya persis maka anda sudah dapat solusi untuk permasalahan di atas, namun apabila memilki gejala yang berbeda tentu solusinya juga berbeda. 

Salah satu kasus yang pernah saya tangani adalah kerusakan speaker aktif mati akibat konslet pada kabel speaker sehingga mengakibatkan ic amplifier tda 2030 mengalami kerusakan. Akibat dari kerusakan ic tersebut kerusakan speaker aktif mati total bermula. bisa jadi ic terjadi hubung singkat saat terjadi kerusakan pada area amplifier sehingga mengakibatkan pada fet power suplay tidak kuat menahan arus pendek yang terjadi di bagian output. 

Mengganti SMPS dengan tafo 

Salah satu kekurangan speaker aktif kecil menggunakan trafo sebagai power sulay adalah memakan ruang yang cukur lumayan. Apabila anda bisa memperbaiki SMPS secara tlaten, maka ini bisa menjadi lebih efektif meskipun keawetan lebih terjamin menggunakan trafo sebagai pengganti SMPS. 

Untuk merakit power suplai Bagi pemula bisa melihat gambar berikut ini. 

Pada bagian dioda dihubungkan langsung dengan tegangan 15v AC dari output trafo. antara dioda penyearah positif dan negatif sedangkan ct dihubungkan ke ground.

Anda juga bisa merakit jenis power suplay jenis bridge seperti halnya power amplifier umumnya. kekurangan dengan sistem jembatan adalah kekuatan dioda sangat rawan rusak sehingga saran terbaik menggunakan dioda bridge atau lebih simple menggunakan dioda kotak yang tersedia di toko elektronik terdekat. 

Tentu masalah kerusakan mati total semacam ini tidak hanya menjurus pada satu kerusakan. Maka dari itu perlu pemahaman lebih lanjut menganai bagian-bagian yang biasanya terjadi kerusakan seperti pada bagian suplai kontrol audio dan mp3 player. 

Publish by: www.onsolder.com