Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Memperbaiki TV SHARP q vision Gagal start LED Warna hijau Kembali ke Warna merah

Memperbaiki TV SHARP Standby LED Warna hijau Kembali ke Warna merah
 Memperbaiki TV SHARP Standby LED Warna hijau Kembali ke Warna merah

Datang tv sharp q vision 21 inci dengan gejala lampu indikator hijau kemudian merah. Orang bilang tv sharp ini protek. Disi lain saya mengamati secara seksama bahwa flyback tidak terdengar start. Itu artinya ada kemungkinan ini memang sebuah gejala protek bisa jadi gagal/tidak bisa start. 

TV sharp jenis q-vision memang kerap mengalami kerusakan semacam ini. Namun kerusakan yang terjadi sering berbeda. Jika pada tv lain hanya terlihat indikator warna merah, untuk tv sharp ketika menyala normal akan menyala indikator warna hijau. Sedangkan warna merah mengindikasikan dalam posisi standby. 

Setelah dasar ini dipahami maka kita akan mengerti apa sesungguhnya gejala kerusakan pada tv sharp ini terjadi. Artinya kita menemukan satu pokok sebagai permulaan dalam penyeledikian kerusakan. Bahwa gejala kerusakan protek dan gagal start sama saja karena ketika tv sharp protek, flyback tidak dapat bekerja. Tentu ini hanya pengalaman saya pribadi, jika mungkin di kerusakan yang lain juga akan mengindikasikan seperti protek tv lain polytron misalanya dengan gejala protek flyback bisa start. 

Pada beberapa tv merek lain, jika telihat warna indikator ada perubahan lebih redup ataupun berkedip akan mengindikasikan tv dalam keadaan short. Namun di tv sharp akan sulit untuk mengindikasikan seperti tv merek lain. 

Namun kita bisa mengambil kesimpulan tentang beberapa tegangan yang harus diukur sebagai langkah pertama. 

1. B+ pada tv sharp q vision menggunakan tegangan sebesar 130 volt. Jadi jika menemukan tegangan 130 vol bukan over tapi ini normal khususnya untuk tv sharp Q vision. 

2. Tegangan ke ic memori yang harus ada 5 volt sampai ke kaki ic. Keadaan IC memori tidak bekerja akan mengakibatkan tv protek atau tv menyala dengan warna indikator hijau kembali merah. 

Jika terjadi drop tegangan pada b+ berarti ada kerusakan di blok tegangan tinggi misalnya transistor horizontal dan juga flyback. Namun kadang kerusakan berasal dari blok primer dan sekunder power suplai.

Kadang ic memori karena data korup bisa mengakibatkan tv tidak bisa menyala. Sebelum memastikan ada kerusakan IC memori ada baiknya selidiki terlebih dahulu tegangan lain. 

Keadaan tv ini dengan b+ normal terukur 130v DC. sehingga tidak pelu mencuriagai pada blok horizontal ataupun jalur b+. Terukur normal pada tegangan 5v. Jika semuanya dalam keadaan baik kenapa tv sharp q vision mengalami gagal start. Owh mungkin kita harus mencari titik proteknya kemudian baru cek tegangan dan melihat reaksi layar yang ditunjukan saat tv berhasil menyala. Namun hasilnya tv tetap saja gelap tanpa flyback bekerja. Meskipun lampu LED hijau telah menyala terus tanpa berubah warna merah. 

Memperbaiki tv adalah ilmu coba-coba atau experimen. Saya menggunakan teknik tv lain dalam mengatasi tv sharp q vision gagal start ini. Ada jenis kerusakan transistor horizontal tapi bukan short. bisa jadi ada putus pada salah satu kaki entah itu colektor emitor dan basis. Setelah dicek ternyata normal. Kemungkinan ada kerusakan pada bagian driver transistor horizntal.

Mengecek pada bagian driver horizontal. Hal ini karena flyback tidak menyembur pada saat pertama kali tv dinyalakan. Logikanya ketika lampu warna hijau seharusnya flyback ikut nyembur. Jika tidak ada kemungkianan ada maslaah sinyal dari ic kontrol yang memberikan sinyal ke driver horizontal. 

Driver horizontal yang digunakan sharp q vision adalah c 3207 dalam keadaan baik ketika dicek menggunakan ohm meter. Seharusnya horizontal bekerja dengan baik jika ada sinyal dari driver, namun kenapa tidak apakah ada kerusakan pada flyback ? 

Tentu ada kemungkinan namun sebelum itu kita cek pada bagian colektor horizontal apakah ada tegangan 130 volt. Jika tidak ada kemungkianan flyback rusak atau b+ tidak sampai pada kaki yang tersambung dengan kaki kolektor horizontal. 

Setelah lama melogika kenapa tv ini tidak bekerja sempat kepikiran untuk flash efrom namun tidak punya alat. satu satunya jalan adalah ilmu coba-coba lagi. Saya masih memilki transistor horizontal bekas tv china dengan seri d2499. Seri yang sangat serbaguna sehingga ready stock yang kerbetulan tv sharp q vision menggunakan seri d2499.  

Tv nyala dengan indikator warna hijau tanpa berubah lagi ke warna merah. Ternyata memang benar transistor bawaan tv sharp dengan seri d2499 sudah mengalami kerusakan padahal jika diukur menggunakan ohm meter masih normal. 

Terkadang hal sepele semacam ini bisa membuat kita repot mengenai transistor horizontal tidak bekerja. Untuk mengatasi hal ini selalu sedia stok komponen transistor horizontal sebagai saran uji coba ketika menemukan gejala yang sama. 

Demikian tentang tv sharp q vision dengan kerusakan ketika dinyalakan Lampu LED menunjukan warna hijau kemudian kembali merah yang artinya kembali standby. Bisa dibilang tidak bisa start/gagal start.