Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Persamaan STR W6753 TV SHARP Kadang Mati Sendiri

Persamaan STR W6753 TV SHARP Kadang Mati Sendiri
Persamaan STR W6753 TV SHARP Kadang Mati Sendiri

Menggarap tv sharp 21 inci gejala kerusakan kadang mati sendiri kadang normal. Jadi keluhan dari pengguna tv sharp ini katanya kadang normal kadang tiba-tiba mati total bukan standby karena lampu indikator tidak menyala. 

Sebenarnya ini adalah kerusakan lama yang pernah saya temui bahwa ada indikasi kerusakan pada regulator terutama pada ic STR W6753.

Tetapi sebelum memastikan lebih lanjut kerusakan ic STR regulator biasanya mengamati secara visual dan pengukuran pada komponen pendukung yang terhubung langsung dengan ic str w6753. Hal ini bertujuan agar tidak salah dan rugi jika bukan ic strnya yang rusak. Terlebih IC str w6753 sangat sulit didapat di daerah saya sehingga menggunakan ic str persamaan dari STR W6753.

Penggantian STR W tidak mutlak jika terjadi kerusakan dengan gejala kadang mati sendiri. Bisa saja rusak karena short mengakibatkan MCB jeglek atau dengan gejala mati total. 

Persamaan STR W6753 adalah STR W6754. Perbedaan keduanya hanya terletak pada daya yang dihasilkan. Meskipun begitu memang dari beberapa kemungkinan kerusakan jika komponen pendukungnya dalam keadaan baik bisa saja awet tahan lama. 

Baru saja kemarin mendapati permasalahan yang sama pada tv sharp. TV tersebut dulu pernah saya tangani dengan mengganti STR W6753 dengan STR W6754. mati dengan gejala yang sama. Setelah saya selidiki terdapat resistor molor pada jalur kaki nomer 7 ic str. 

Jika dicek di sekema regulator tv sharp ternyata ukuran aslinya adalah 100 ohm. Setelah dicek menggunakan ohm meter terukur 470 ohm. Kerusakan samacam ini akan membuat sebuah ic str bisa rusak dengan lambat karena nilai toleransinya tipis sekali. Itu artnya tidak putus tidak terlalu molor. 

Pada kasus yang datang terakhir ini saya jadi mengerti untuk memastikan bisa cek pada bagian resistor jalur kaki 7 dan komponen pendukung lainnya. Namun yang saya dapati resistor ataupun komponen transistor masih dalam keadaan normal. Sehingga mantap mengganti str dengan menggunakan persamaanya. 

Ilmu ini mengambil referensi dari marsono tv. Kasus ini aman sampai saat ini jika sudah meneliti pada aspek komponen pendukung berdasar pengalaman pribadi.  

www.onsolder.com