Belajar Elektronika Audio Dasar

Belajar Elektronika Audio Dasar
Belajar Elektronika Audio Dasar

ONSOLDER.COM - Elektronika audio sangat menyenangkan untuk dipelajari. Belajarnya pun mudah, didukung produk kit audio yang siap untuk dirakit tersedia banyak di pasaran.  Tapi  sebelum itu, anda perlu mengetahui teknik dasar elektronika untuk sambung menyambung, rakit merakit, agar tidak terjadi kesalahan saat praktek. 

Belajar elektronika audio akan jauh lebih mudah karena hanya mencakup pada ranah hal-hal dasar yang berkaitan dengan sistem audio. 

Banyak rekan saya mempelajari servis elektronik berawal dari belajar elektronika audio. Setelah mengenal dasar audio mereka mampu mempelajari ke materi yang lain seperti memperbaiki tv dan lain sebagainya. 

Kenapa bisa demikian? 

Menurut pandangan saya, hal ini karena dasar seseorang untuk mempelajari elektronika sudah didapatkan pada saat mempelajari elektronika audio, sehingga kita bisa mengenali blog bagian pada sistem elektronik terutama pada bagian primer yaitu Power suplay. 

Setelah mengenal power suplai kita bisa mengenal blok bagian audio. Kemudian mengenali kedua hal tersebut pada saat memperbaiki tv dan sisanya mereka mempelajari lagi. 

Selain itu kita juga mengenal berbagai komponen elektronik di sistem audio. kemudian pengetahuan tersebut menjadi lebih dalam pada materi yang lain. 

Mungkin saran terbaik seseorang pemula di elektronik untuk mempelajari sistem audio sebagai dasar. Kemudian pada tahapan selanjutnya setelah menguasainya baru masuk ke digital dan sinyal. ALur ini harusnya bisa untuk menjadi acuan belajar elektronika jauh lebih cepat mahir daripada melihat berbagai bidang rangkaian yang belum mengerti dasarnya. 

Baca juga: cara belajar elektronika secara otodidak

Kembali lagi bahwa kita perlu pemetaan meskipun mudahnya akses ilmu untuk saat ini. yang terpenting manajemen pengetahuan itu penting agar tidak terasa berat mempelajari apapun. 

Elektronika adalah hal yang menyenangkan dan bukan hal yang rumit untuk dipelajari, percayalah! Entah apa tujuannya, elektronika memiliki banyak tantangan. 

Kembali lagi kita ke topik audio mari kita ajukan pertanyaan pada diri sendiri apa saja yang harus dipelajari. 

Apa syarat agar bisa dan mahir di elektronika audio? 

Kunci dasarnya ialah terjun langsung. Dimana saat kita melakukan perakitan langsung praktek maka akan mudah memahami. Setiap kali ada kesulitan kita cari tahu bagaimana caranya dan mencari solusi dari setiap kesalahan dalam perakitan di internet, ataupun bertanya pada seorang yang telah ahli. 

Merakit vs memperbaiki 

Banyak yang bilang bahwa merakit jauh lebih mudah daripada memperbaiki. Merakit itu lebih mudah karena kita dihadapkan pada komponen baru sehingga  ketika merakit dengan benar bisa dipastikan 80% berhasil. 

Sedangkan memperbaiki kita dihadapkan pada teka-teki komponen mana yang rusak. Terkadang pencarian komponen yang rusak lebih lama dibanding dengan merakit. Kecuali seseorang yang telah memiliki pengalaman dalam memperbaiki. 

Materi dasar yang meski dipelajari 

DI sini saya hanya menggambarkan kepada anda sedikit peta konsep untuk belajar elektronika audio. Sisanya anda pelajari secara mandiri dengan cara praktek secara langsung untuk merakit rangkaian audio. 

Power suplai 

Power suplai adalah nyawa dari elektronik. Jika bermasalah mengakibatkan kerusakan suatu sistem apapun. 

Di elektronika audio hal yang mendasar untuk dipelajari adalah sistem power suplay. Ada dua jenis power suplai yaitu simetris dan non simetris. Kedua hal ini biasanya disesuaikan penggunaannya.  

Belajar Elektronika Audio Dasar

Power suplai simetris memiliki dua polaritas positif, polaritas negatif dan netral.

Sedangkan Power suplai non simetris, hanya positif dan negatif.

Kedua jenis power suplai tersebut akan anda temui ketika merakit amplifier menggunakan ic dan driver power 150 watt. 

Pada audio yang menggunakan ic biasanya memiliki watt yang kecil dan menggunakan power suplay positif dan negatif tanpa ada ct/ netral. tapi tidak pasti kadang ic juga menggunakan sistem simetris untuk menyuplay ini tergantung pada sistem yang digunakan.

Ada komponen dasar yang digunakan oleh power suplai yang harus dipelajari oleh pemula berdasar pada pentingnya yaitu:   

Driver Amplifier

Di pasaran banyak model Jenis Driver power amplifier. Ketika anda memutuskan untuk membeli kembali lagi kepada tujuan. Misalnya hanya untuk audio rumahan dan speaker kecil menggunakan ic jauh lebih mudah karena anda tinggal menyambung pada bagian power suplaynya saja. 

Sedangkan jika memutuskan untuk memilih lebih dari 150 watt anda dituntut untuk mengetahui cara merakit transistor untuk amplifier.

Tapi ada juga produk yang sudah includ transistor, sehingga anda hanya perlu menyambung ke power suplai. 

Saya akan menyebutkan kata kunci yang harus anda pelajari dan akan anda dapatkan di power amplifier.

yang tidak kalah penting anda harus mempelajari cara penggunaan multitester. JIka ingin bisa pertama harus bisa membedakan fungsi dari multitester. Menggunakan multitester ada aturan yang harus dipahami. Jika saja sampai salah rusak sudah multitester tersebut. 

Elektronika audio akan menjurus pada berbagai bidang entah itu anda ingin merakit untuk kebutuhan sound sistem maupun untuk mempelajari sebagai dasar elektronika. 


Juragan Mlinjon

Saya senang berbagi informasi dan pengalaman yang saya tahu. Semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

berkomentar sesuai dengan topik dan jangan menyertakan link aktif ! karena tidak akan di terbitkan

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama